Kampung Ambon Digerebek Lagi! Pistol-Narkoba hingga Pesawat Nirawak Diamankan Penumpang Kapal Feri Kotabaru-Batulicin Menyusut 60 Persen Rayakan HUT ke-60, Bank Bjb Gelar Promo di Ratusan Merchant Duh, Keripik Singkong Tanpa Label Usang Dijual Bebas di Banjarmasin Pj Gubernur Kalsel: Larangan Mudik Berlaku Lintas Provinsi dan Kabupaten

Siang Hari, 3 Rumah di Balikpapan Ludes Terbakar dan 1 Sekolah Terdampak

- Apahabar.com Selasa, 26 Januari 2021 - 16:46 WIB

Siang Hari, 3 Rumah di Balikpapan Ludes Terbakar dan 1 Sekolah Terdampak

Situasi kebakaran di Jalan Patriot, Gunung Satu, Kelurahan Baru Ilir, Kecamatan Balikpapan Barat, Kaltim. Api berasal dari salah satu rumah warga yang ditinggal pergi penghuninya. Foto-apahabar.com/Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Sejumlah rumah dan 1 sekolah di Jalan Patriot, Kawasan Gunung Satu RT 26, Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan, Kaltim terbakar, Selasa (26/1) sekitar pukul 13.30 Wita.

Pantauan apahabar.com, selain meludeskan 3 rumah di wilayah itu, kobaran api juga sempat mengenai 1 bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 010 Balikpapan.

Kejadian terjadi di kawasan pemukiman padat penduduk, sehingga api cepat membesar dan membakar habis rumah warga yang rata-rata berkontruksi kayu itu.

Warga sekitar yang sedang beristirahat siang itu pun terkejut mendengar teriakan adanya api yang membesar disalah satu rumah warga.

“Saya lagi di depan terus kaget dengar ada yang teriak api. Saya langsung cek ternyata persis di belakang rumah. Api itu sudah besar betul, jadi saya selamatkan keluarga saya dulu,” kata Kristian, salah seorang warga sekitar.

Sontak warga langsung melakukan pemadaman secara manual sebelum petugas pemadam datang. Namun api semakin membesar dan menyambar rumah yang ada di sekitarnya.

Beruntung, tak beberapa lama Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) wilayah Balikpapan Barat berada tak jauh dari lokasi kejadian langsung berupaya melakukan pemadaman.

Proses pemadaman berlangsung cepat. Ditambah kondisi hujan deras membuat api semakin cepat padam.

Kepala BPBD Balikpapan, Suseno yang berada di lokasi kejadian mengatakan, bahwa pihaknya menurunkan sedikitnya 12 unit pemadam kebakaran dibantu oleh unit lain dari PHM, tangki PDAM dan lainnya.

“Sekitar ada 12 sampai 14 unit yang turun. Kondisinya aksesnya kecil, kemudian banyak warga yang panik menaruh motor di pinggir jalan sehingga menyulitkan armada untuk bergerak,” ungkapnya.

Suseno menjelaskan, bahwa berdasarkan keterangan saksi yakni tetangganya, api muncul dari dalam rumah dan langsung membesar.

Sehingga warga panik ketika api muncul dan membakar habis rumah tersebut. Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

“Memang dalam rumah kondisinya kosong, tahu-tahu apinya sudah besar dari dalam baru tetangganya lihat. Penghuninya keluar rumah. Untuk sementara infonya empat rumah tapi untuk memastikan setelah pendinginan,” katanya.

“Informasi dari warga sini nggak ada korban, sebab saat kejadian diminta keluar rumah semua. Namun kita belum bisa memastikan, karena memang kondisinya belum selesai pendinginan,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Dapat Asap Kiriman, Kualitas Udara Kaltim Masih Aman?
apahabar.com

Kaltim

Polres PPU Bentuk Tim Pantau Peredaran Narkoba di Tabun Baru
Teddy Bear

Kaltim

Sudut Kota Balikpapan Heboh, Pasukan Ojol Bawa Boneka Teddy Bear
hujan es

Kaltim

Heboh, Hujan Es Terjadi di Long Ikis Paser
apahabar.com

Kaltim

Dibangun Tahun Ini, Investasi Jalan Tol Samarinda-Bontang Rp 11 T

Kaltim

11.700 Dosis Vaksin Tiba di Balikpapan, Guru dan Lansia Prioritas
apahabar.com

Kaltim

Geledah Kantor KKT, Kejari Balikpapan Sita Sejumlah Dokumen
apahabar.com

Kaltim

Tekad Pemkab Paser Lanjutkan Pembangunan Bandara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com