H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel Polda Kaltim Gagalkan Peredaran Sabu 6 Kg di Samarinda dan Balikpapan Banjarmasin Resmi Perpanjang Tanggap Darurat Banjir, Kecamatan Timur Terparah! Resmi! Banjarmasin Berlakukan Pembatasan Transisi Mulai Hari Ini Dear Korban Banjir Kalsel, Posko untuk Gugat Gubernur Sahbirin Segera Dibuka!

Tak Hanya Kalsel, Jokowi Juga Berikan SK Hutan Sosial dan Adat ke Kalteng

- Apahabar.com Kamis, 7 Januari 2021 - 22:58 WIB

Tak Hanya Kalsel, Jokowi Juga Berikan SK Hutan Sosial dan Adat ke Kalteng

Presiden Joko Widodo menyerahkan Surat Keputusan (SK) Hutan Sosial, Hutan Adat, Redistribusi dan Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) secara virtual dari Istana Negara, Jakarta. Foto: Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Surat Keputusan (SK) Hutan Sosial, Hutan Adat, Redistribusi dan Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Kamis (7/1) sore.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya dalam laporan menyampaikan rincian SK perhutanan sosial dan TORA yang diberikan ke tiap-tiap provinsi, termasuk Kalimantan Tengah.

Di Kalimantan Tengah, untuk Hutan Sosial 206 ribu hektare bagi 18.290 KK, Hutan Adat 102 hektare, Redistribusi Tanah 12.700 hektare bagi 1.210 KK dan alokasi Redistribusi Tanah 225.500 hektare.

Siti juga menyampaikan, bahwa sampai akhir Desember 2020, pemberian akses kelola kawasan hutan melalui perhutanan sosial mencapai 4,42 juta hektare untuk 895.800 KK

Hutan Adat telah ditetapkan 75 SK bagi 75 kelompok masyarakat hukum adat, dengan 39.370 KK pada area 56.900 hektare yang tersebar di 15 provinsi.

Sementara itu, Presiden Jokowi saat memberikan arahan, menjelaskan bahwa dalam 5 tahun terakhir, pemerintah memiliki perhatian khusus terhadap redistribusi aset.

Sebab hal ini terkait dengan kemiskinan dan ketimpangan ekonomi, khususnya di pedesaan dan lingkungan sekitar hutan.

“Redistribusi aset ini juga menjadi salah satu jawaban untuk penyelesaian berbagai sengketa agraria,” ujarnya.

Usai kegiatan, Wagub Kalteng Habib Ismail Bin Yahya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah pusat, karena telah memberikan penetapan Hutan Sosial, Hutan Adat, dan TORA.

“Kita mengharapkan Hutan Sosial, Hutan Adat tadi benar-benar bermanfaat dan bisa mengangkat derajat ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

Jokowi

Wagub Kalteng Habib Ismail bin Yahya saat menerima SK Hutan Sosial, Hutan Adat, dan Redistribusi secara virtual dari Aula Eka Hapakat. Foto: Istimewa

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Polres Barut Sembelih 18 Ekor Sapi Kurban
apahabar.com

Kalteng

Palangkaraya Tidak Ada Caleg Mantan Koruptor
apahabar.com

Kalteng

7 Nakes Puskesmas Aruta Kobar Positif Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Nadalsyah Dinobatkan Sebagai Tokoh Ekonomi Syariah Kalteng  
Penghargaan

Kalteng

Raih Proper Emas dari KLHK, Adaro Dapat Penghargaan dari Pemkab Barsel
apahabar.com

Kalteng

Nah, Banyak Wanita Muda Di Muara Teweh Pilih Menjanda
apahabar.com

Kalteng

Kota Palangka Raya Kembali Diusulkan PSBB
apahabar.com

Kalteng

Maret, 8 ‘Pendekar’ Pengeroyokan di Kotim Jalani Sidang Adat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com