Menkes Ungkap Tambahan Kasus Mutasi Corona Baru, 1 dari Kalsel Amuntai Heboh! Belasan Balita Diduga Keracunan Usai Konsumsi Soto Duh, Wali Kota Balikpapan Terpilih Dipolisikan Terkait Dugaan Ijazah Palsu Ultah Corona di Banjarmasin: Pasien Positif Pertama Puji Syukur Kesembuhan Cerai dengan Adaro, Pama Gerak Cepat Antisipasi Gelombang PHK Massal

Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran

- Apahabar.com Minggu, 24 Januari 2021 - 21:30 WIB

Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran

Belasan kios di Pasar Kuripan Banjarmasin dibongkar karena berdiri di atas bantaran Sungai Veteran, Sabtu (23/1/2021) malam. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi.

apahabar.com, BANJARMASIN – Pembongkaran belasan kios di Pasar Kuripan hanya sebagai langkah awal Pemkot Banjarmasin mengembalikan wujud Sungai Veteran.

Kini mereka membidik bangunan di sepanjang bantaran sungai itu, termasuk rumah toko dan tempat pembuangan sampah (TPS) di sana.

Seperti diketahui, belasan kios Pasar Kuripan di atas bantaran Sungai Veteran dibongkar oleh Satpol PP Sabtu (23/1) malam.

Selanjutnya, Pemkot Banjarmasin ingin bangunan yang berdiri di bantaran Sungai Veteran turut diruntuhkan.

Tujuannya untuk menormalisasi Sungai Veteran dan menanggulangi banjir serta air pasang.

“Ruko yang ada sepanjang Sungai Veteran itu (harus) menyesuaikan. Jangan sampai jembatan sungai ini sampai buntu dan kita harapkan kesadaran (warga) sama-sama lah,” ujar Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina.

Ia berharap dengan pembongkaran itu bisa memberi dampak positif bagi kawasan terdampak banjir.

Saat ini air masih menggenangi sebagian ibu kota Provinsi Kalsel tersebut. Terlebih jika air laut pasang disertai hujan lebat turun.

Ibnu Sina menilai bangunan di atas bantaran sungai mengakibatkan air tidak mengalir.

“Bangunan yang ada di atas sungai ini disinyalir menjadi salah satu penyebab banjir, karena adanya penyumbatan saluran di Sungai Veteran,” ujar Ibnu.

“Makanya air yang menggenang di beberapa kawasan seperti Jalan Cempaka Putih dan Manggis itu lambat turun,” lanjut dia menjelaskan.

Oleh karena itu, ia mengajak segenap warga agar bisa selalu mentaati Peraturan Daerah (Perda) yang sudah ditetapkan, seperti peraturan untuk membangun bangunan.

“Silahkan membangun usaha, tapi harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Sehingga bencana banjir bisa kita hindari. Ayo bangun kesadaran dalam diri, mari kita jaga sama-sama. Banjarmasin kota kita semua,” imbau Ibnu.

Tak hanya itu, ia mengaku sudah menginstruksikan Dinas PUPR untuk melakukan normalisasi sungai-sungai di Banjarmasin.

Khususnya Sungai Veteran di wilayah Kecamatan Banjarmasin Timur dan Sungai Guring yang lokasinya tepat ada di samping Jalan A Yani Banjarmasin.

Menurutnya, Sungai Veteran ini merupakan alur sungai yang sangat vital fungsinya. Yakni mengalirkan air dari wilayah tersebut untuk menuju ke Sungai Martapura.

“Karena di sini (Sungai Veteran) merupakan urat nadi bagi alur-alur sungai yang lain yang ada di sisi Kecamatan Banjarmasin Timur,” ucapnya.

Ibnu menambahkan, untuk di sisi Kecamatan Banjarmasin Selatan alur sungai yang vital terdapat di Sungai Pemurus.

Airnya harusnya mengalir sampai ke Sungai Kelayan dan Sungai Guring yang turun ke dua cabang yakni Sungai Kelayan dan Sungai Pekapuran.

“Diharapkan, proses normalisasi ini bisa berjalan dengan baik. Pihak Dinas PUPR juga kita perintahkan untuk selalu memantau ketinggian air dan wilayah mana saja yang terdampak jika terjadi genangan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh jajaran Pemerintah Banjarmasin beserta anggota forkopimda lainnya untuk duduk bersama mencari skema penataan sungai.

Khususnya Sungai Veteran dan Sungai Guring yang bagus agar bisa berfungsi dengan baik.

“Pastikan kita membuat perencanaan yang bagus dan jangan sampai kejadian ini terulang kembali,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pagi Buta, Remaja Manunggal Kotabaru Diterkam Buaya Liar
apahabar.com

Kalsel

ABK Hilang di Perairan Takisung Tala Akhirnya Ditemukan
apahabar.com

Kalsel

Dirangkai Puluhan Hari, Nanas Festival di Mekarsari Ludes 10 Menit

Kalsel

BREAKING NEWS! Bapak Satu Anak di Banjarmasin Ditemukan Tewas Tergantung
apahabar.com

Kalsel

Dirjen KLHK Sebut Kalsel Percontohan Rehabilitasi DAS
apahabar.com

Kalsel

Protokol Kesehatan di Kawasan Pasar Banjarmasin Tetap Diperketat
apahabar.com

Kalsel

Polemik Penutupan U-Turn, Dishub Ungkap Andalalin ULM
apahabar.com

Kalsel

Kawal Pilkada, KPU Kalsel Usulkan Dana Rp 200 Miliar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com