Waspada, Hujan Berpetir dari Kaltim hingga Kalteng Imbas Siklon Surigae Geger! Wanita Hampang Kotabaru Tewas Bersimbah Darah Didatangi Dinkes, 5 RS di Banjarmasin Langsung Bayar Tunggakan Darah Kebakaran di Tapin, Rumah dan Kendaraan Hangus Dilalap Api Dikira Tenggelam, Buron Biang Tewasnya Polisi di Sungai Martapura Ditangkap!

Wabup HSS Tinjau Lokasi Longsor di Loksado

- Apahabar.com Sabtu, 16 Januari 2021 - 22:26 WIB

Wabup HSS Tinjau Lokasi Longsor di Loksado

Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad meninjau langsung lokasi bencana longsor di Kecamatan Loksado, Sabtu (16/1). Foto: Ist

apahabar.com, KANDANGAN – Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad meninjau langsung lokasi bencana longsor di Kecamatan Loksado, Sabtu (16/1).

Turut juga mendampingi Kapolres HSS Siswoyo, Dandim 1003/Kandangan Letkol Arm Deddy Soehartono, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Tedy Sutedjo, dan juga Camat Loksado Fathul Mushalli.

Sebelum berangkat ke Loksado, Wabup terlebih dahulu memantau Posko Siaga Bencana di Lapangan Basket Praja Ramu Kawasan Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

“Titik pertama yang didatangi adalah jalan menuju Desa Ulang dan lokasi berikutnya di Desa Hulu Banyu,” ujarnya.

Wabup HSS mengatakan bahwa beberapa hari ini telah dilanda banjir dan curah hujan yang cukup tinggi, di mana dampak dari curah hujan yang cukup tinggi di dataran rendah sebagian terdampak banjir, untuk daerah tingginya sebagian ada tanah longsor.

“Ini cuma 2 titik yang kita lihat, arah yang ke Ulang dan arah menuju Loksado, ini jaraknya sekitar 100 meter, cukup jauh dan cukup tebal, dan tentu ini menjadi keprihatinan kita sebagian warga kita pasti aktivitasnya akan sangat terganggu termasuk persoalan perekonomian, kita berharap persoalan ini menjadi perhatian kita semua,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi kembali terjadinya longsoran, Wabup HSS berharap agar nanti bagaimana di titik-titik jalur jalan ini supaya tidak ada penebangan pohon dan diusahakan tidak ada yang berladang.

“Kami mengimbau kepada keluarga kami warga masyarakat di Loksado, memang kebiasaan mereka berladang tapi diusahakan jangan di sisi jalan yang akses transportasi,” ujarnya.

“Walaupun itu mungkin bukan penyebab utama, tetapi setidaknya ini upaya kita untuk menghindari bagaimana kedepan tidak lagi terjadi longsor yang terlalu parah,” tuturnya.

Wabup juga mengatakan bahwa telah mengkoordinasikan hal tersebut. Karena ini jalan milik provinsi, tetapi sebelum provinsi datang, Dinas PUTR telah menyiapkan dua alat berat, termasuk tadi arah menuju desa Ulang.

“Kita berharap kepada provinsi agar bisa diperhatikan agar bisa secepatnya diturunkan bantuan karena ini akan cukup lambat dengan peralatan kita yang terbatas ini,” tambah Wabup.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Tedy Sutedjo mengatakan terjadi longsor beberapa kali.

“Kita telah menaikkan 2 buah alat berat, mungkin nanti akan kita naikkan lagi 1 buah, semoga dengan alat-alat yang ada ini bisa mengatasi longsor yang terjadi dan bisa membuka akses masyarakat yang saat ini tertutup,” ungkapnya.

Lebih lanjut kepala Dinas PUPR menjelaskan mengenai titik longsor, ada dua yaitu di ruas jalan provinsi Desa Hulu Banyu dan jalan kabupaten di Desa Ulang, semoga dalam 2 hari ke depan bisa diselesaikan pembukaan jalur ini.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Sempat Tertunda karena Ibadah Haji, Anggota DPRD HSS Terpilih Diambil Sumpah
HSS

HSS

Pemkab HSS Terima Hibah Bus Sekolah dari Kementerian Perhubungan RI
apahabar.com

HSS

Ke Loksado, Paman Birin Panen Padi Gogo
apahabar.com

HSS

Wabup HSS Diminta Tangani Kualitas Air Sungai Amandit
Rakornas

HSS

Ikuti Rakornas, Pemkab HSS Siap Edukasi Masyarakat Kendalikan Kahurtla
apahabar.com

HSS

Pertamina Eksplorasi Kandungan Minyak Hulu Sungai Selatan
apahabar.com

HSS

168 PNS HSS Terima SK Kenaikan Pangkat
apahabar.com

HSS

Bupati Achmad Fikry: SPBU di HSS Diminta Prioritaskan Salurkan BBM ke Masyarakat Kecil
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com