Terciduk Warga, Begal Sapi Tanah Bumbu Lari Tunggang-langgang di Kotabaru Transkrip Rekaman Sengketa Pilgub Kalsel Beredar, Petinggi KPU Akui PPK Terima Duit Heboh Kades di Kelumpang Tersangka Pungli, Giliran Apdesi Kotabaru Buka Suara Mardani H Maming: Hipmi Optimis Pemimpin Muda Kalsel Mampu Bangkitkan Ekonomi Daerah Ketua DPRD Banjar: 100 Hari Program Bupati Harus Penangan Pascabanjir

1.285 Sekolah di Kalsel Rusak Pascabanjir

- Apahabar.com Selasa, 9 Februari 2021 - 21:11 WIB

1.285 Sekolah di Kalsel Rusak Pascabanjir

Ilustrasi sekolah rusak akibat banjir bandang. Foto-tirto.id

apahabar.com, BANJARBARU – Pascabanjir, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Selatan mencatat ada 1.285 sekolah di Kalsel yang mengalami kerusakan.

Data itu dihimpun oleh 11 kabupaten/kota di Kalsel yang terdampak banjir.
Sesuai dengan inventaris LPMP Kalsel. Kerusakan sekolah bervariasi. Ada tiga golongan yakni, rusak ringan, sedang, dan berat.

Koordinator Fungsi Fasilitasi Penjamin Mutu Pendidikan, pada LPMP Kalsel, Akhmad Gafuri mengatakan 1.285 sekolah yang mengalami kerusakan sesuai dengan laporan yang diterima dari Provinsi dan kabupaten/kota terakhir update pada 26 Januari.

Dari 1.285 sekolah yang rusak, ada sebanyak 605 mengalami rusak ringan, 479 rusak sedang dan 201 rusak berat.

Adapun kerusakan sekolah didominasi dari Kabupaten Banjar dengan jumlah 401 sekolah. Diuarikannya, dari TK/PAUD hingga SLB dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Disusul dari Kota Banjarmasin sebanyak 290 sekolah dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) sebanyak 158 unit. Sedangkan yang paling sedikit di Kabupaten Tapin sebanyak 11 sekolah.

“Kerusakan beragam, dari meja, kursi hingga lemari sekolah. Ada yang rusak berat karena banjir bandang. Seperti di Kabupaten HST, ada yang rata tanah,” ujar Gafuri, Selasa (9/2).

Jumlah kerusakan bangunan maupun fasilitas masih belum final, katanya, dan masih bisa bertambah. Sebab saat ini pemerintah kabupaten/kota masih meminta waktu untuk melakukan pendataan lebih detil.

“Data selalu kami sampaikan secara rutin setiap pekan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan nanti dari kementerian yang akan menindaklanjuti untuk diberi bantuan perbaikan,” tambah dia.

Hingga kini pun LPMP juga sudah menyalurkan bantaun ke korban banjir dan mengirimkan 4 buah tenda untuk sekolah di HST yang mengalami kerusakan berat, yang menyebabkan pelayanan sekolah lumpuh.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Penyandang Disabilitas Meriahkan Pembukaan LBKN-HKSN di Tapin
Arab Saudi Setop Umrah, Biro Travel di Kalsel Pasrah!

Kalsel

Arab Saudi Setop Umrah, Biro Travel di Kalsel Pasrah!
Temuan Mayat

Kalsel

Pelambuan Heboh, Pria Sebatang Kara Tewas Misterius
apahabar.com

Kalsel

Operasional Feri Penyeberangan Kotabaru-Tanbu Dibatasi
apahabar.com

Kalsel

Rangkaian HUT ke-42, Alumni SMAN 4 Banjarmasin Sambangi ‘Sekolah Bawang’
apahabar.com

Kalsel

320 PNS HST Ajukan Kenaikan Pangkat, 298 Sudah Terima SK
apahabar.com

Kalsel

Baksos Bakantan Polres Balangan Menyasar Hingga Kecamatan
apahabar.com

Kalsel

Esok, Bawaslu Kalsel Panggil Caleg Demokrat Terindikasi Politik Uang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com