Fix, Presiden Jokowi Akan Resmikan Bendungan Tapin Resmikan Bendungan Tapin, Jokowi Bertolak ke Kalsel 5 RS Ngutang Darah Miliaran Rupiah ke PMI, DPRD Banjarmasin Turung Tangan Pembunuhan di Balikpapan, “Hukum Mati Praka MAM” Menggema di Rumah Duka Antisipasi Teror Bom, PLN Kalselteng Gandeng Polda Gelar Simulasi

Akhirnya, Keinginan Warga Loksado Punya Jembatan Baru Terwujud

- Apahabar.com Kamis, 4 Februari 2021 - 22:11 WIB

Akhirnya, Keinginan Warga Loksado Punya Jembatan Baru Terwujud

Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry didampingi Wabup Syamsuri Arsyad, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Tedy Soetedjo meresmikan jembatan baja yang dengan nama jembatan Datu Mangkuraksa Jaya di Desa Lok Lahung, Kecamatan Loksado, Kamis (4/2).

apahabar.com, KANDANGAN – Keinginan warga di Kecamatan Loksado, Desa Lok Lahung, Desa Tumingki dan Desa Kamawakan untuk memiliki jembatan yang lebih representatif akhirnya terwujud.

Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry didampingi Wabup Syamsuri Arsyad, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Tedy Soetedjo meresmikan jembatan baja yang dengan nama jembatan Datu Mangkuraksa Jaya di Desa Lok Lahung, Kecamatan Loksado, Kamis (4/2).

Peresmian ditandai dengan pemotongan rangkaian bunga melati dan penandatanganan prasasti jembatan Datu Mangkuraksa Jaya. Kepala Dinas PUTR Tedy Soetedjo mengatakan proses pelaksanaan pembangunan jembatan baja Datu Mangkuraksa Jaya dilaksanakan melalui dua tahap.

Tahap pertama berada di tahun anggaran 2019, dilaksanakan pembangunan pondasi, abutment dan oprit jembatan dengan nilai kontrak sebesar Rp 1.344.557.000 dengan masa pelaksanaan selama 147 hari kalender.

Untuk tahap kedua di tahun anggaran 2020 dilaksanakan pembangunan struktur utama jembatan dan kelengkapannya seperti pemasangan pagar pengaman, jalan cor beton serta lampu penerangan dengan nilai kontrak mencapai Rp 4.928.393.344 dengan masa pelaksanaan selama 185 hari kalender.

“Jembatan Baja ini merupakan jembatan pengganti daripada jembatan lama berupa jembatan gantung yang menghubungkan tiga desa di Kecamatan Loksado, yakni Desa Lok Lahung, Desa Tumingki dan Desa Kamawakan,” ungkap Tedy.

Sementara itu, Bupati HSS H Achmad Fikry mengungkapkan bahwa jembatan permanen seperti ini sudah lama diidam-idamkan oleh masyarakat kecamatan Loksado karena ini merupakan akses utama penghubung beberapa desa.

Bupati menjelaskan proses pembangunan jembatan ini pun memiliki cerita yang cukup panjang. Bahkan, setelah tujuh tahun dirinya menjabat sebagai Bupati HSS, baru saat ini jembatan yang lebih representatif dapat dibangun.

Bupati menceritakan jembatan lama (jembatan gantung) sempat putus karena dilanda banjir bandang. Saat itu Pemkab dengan anggaran Rp 1,5 M ingin memperbaiki jembatan gantung tersebut, namun masyarakat keberatan dan meminta dibangunkan jembatan yang lebih permanen.

“Saya ingat rapatnya berlangsung alot sekali di kantor Camat, namun melalui diskusi akhirnya diperoleh kesepakatan. Masyarakat bersedia jembatan lama diperbaiki dengan syarat nantinya dapat dibangunkan jembatan permanen dan lebih representatif pada waktunya. Nah mungkin saat ini, inilah waktunya,” ucap Bupati.

Meski begitu, Dirinya juga mengingatkan kesepakatan lainnya, bahwa bila Pemkab sudah membangunkan jembatan seperti yang diharapkan masyarakat Kecamatan Loksado, jembatan ini tidak digunakan untuk keperluan penebangan kayu serta mobilitas truk pengangkut kayu.

“Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat dan tolong dipelihara fasilitas ini dengan sebaik-baiknya. Awet tidaknya jembatan ini tentunya sangat bergantung dengan penggunaannya oleh masyarakat, termasuk pesan ulun tadi, sesuai dengan kesepakatan jembatan ini tidak akan digunakan untuk mengangkut hasil penebangan kayu,” ujar Bupati.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Selama Tiga Bulan, Warga HSS Dapat Bantuan dari Kemensos
apahabar.com

HSS

Achmad Fikry Puji Peserta FLS2N
apahabar.com

HSS

Berharap Berkah Haul Abah Guru Sekumpul di Sungai Raya
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Garap Ratusan Rumah Sejahtera untuk Warga Miskin  
MUI

HSS

MUI HSS Beri Dukungan Moril pada Penyelenggara Pilkada

HSS

Bupati HSS Serahkan Reward Pajak ke Pengelola Hotel dan Rumah Makan
apahabar.com

HSS

Permudah Masyarakat, Disdukcapil HSS Luncurkan KIWA
apahabar.com

HSS

Program Baru HSS, Pejabat Asuh Lansia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com