Kondisi Seseorang Ditunda atau Gagal Vaksinasi Covid-19, Simak Penyebabnya SENGKETA Pilgub Kalsel, Eks Hakim MK: Paslon Suara Terbanyak Kedua Bisa Menang Temui AHY, Mantan Panglima GAM Muzakir Manaf Beri Dukungan Moril untuk Demokrat AJI Biro Banjarmasin Resmi Berdiri, Kasus Kekerasan Pers Jadi Atensi  2 Petani Tapin Terjerat Sabu 9 Kg, Polda Kalsel: Jaringan Besar

Atlet Pelatprov PON XX Bakal Dicover BPJS Ketenagakerjaan

- Apahabar.com Selasa, 9 Februari 2021 - 18:25 WIB

Atlet Pelatprov PON XX Bakal Dicover BPJS Ketenagakerjaan

Pertemuan antara KONI Kalimantan Tengah dan BPJS Ketenagakerjaan, terkait sosialisasi jaminan perlindungan bagi atlet, pelatih dan official Pelatprov PON XX. Foto-Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Seluruh atlet, pelatih, dan official Pelatihan Provinsi (Pelatprov) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua, rencananya akan dicover asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Untuk itulah telah dilakukan pertemuan antara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Tengah (Kalteng) dan BPJS Ketenagakerjaan.

Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan Prestasi KONI Kalteng, Marcos Tuwan menjelaskan, hal itu dilakukan sebagai antisipasi kejadian tak terduga selama Pelatprov.

“Kalau kecelakaan kecil tidak masalah, bagaimana kalau kecelakaan besar bahkan cacat atau meninggal,” kata Marcos, Selasa (9/2).

Jadi lanjut Marcos, selama mereka mengikuti Pelatprov akan mendapatkan jaminan, karena sudah yang mengurusnya.

Namun, lantaran belum tahu anggaran yang dibutuhkan, maka mengundang BPJS Ketenagakerjaan untuk menyampaikan paparan.

Kemudian, hasilnya nanti akan disampaikan saat rapat dengan Ketua Umum KONI Kalteng Eddy Raya Samsuri untuk memutuskannya.

Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palangka Raya Agung Pambudi, menyambut baik rencana tersebut.

“Ini menarik karena KONI Kalteng memiliki kesadaran yang tinggi untuk memberikan perlindungan bagi atlet, pelatih dan ofisial, yang menjalani pelatihan menghadapi PON XX,”ujarnya.

Menurut Agung, sebenarnya program yang diikuti tidak hanya oleh pelatih dan official tapi juga, bisa juga seluruh pengurus KONI Kalteng, tinggal menyesuaikan kebutuhannya.

Untuk atlet, biasanya ada olahraga kontak fisik, maka BPJS Ketenagakerjaan menyarankan program jaminan kecelakaan kerja dan kematian, karena jika terjadi resiko, semua ditanggung hingga sembuh.

Perlindungan diberikan selama atlet latihan, mulai berangkat dari tempat tinggal sampai tempat pelatihan, saat menjalani latihan sampai pulang kembali ke rumah.

Sedangkan untuk jaminan kematian berlaku umum bagi atlet, tidak melihat apakah memiliki riwayat sakit dan seterusnya, kalau terjadi kematian, BPJS Ketenagakerjaan memberikan santunan Rp 42 juta kepada ahli waris.

Adapun rumah sakit rujukan secara nasional berlaku di kabupaten/kota, menjadi rumah sakit rujukan untuk kasus kecelakaan kerja.

Di Palangka Raya sendiri, RS Siloam, RSUD Doris Sylvanus, Awal Bros, Muhammadiyah, RS TNI dan RS Bhayangkara sebagai pusat trauma center BPJS Ketenagakerjaan layanan penanganan kecelakaan kerja.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Pemkab Kapuas Terima Bantuan APD
apahabar.com

Kalteng

Duh, Tim Sepakbola Kalteng Putri Galang Dana ke Jalan, Begini Respon Asprov PSSI
apahabar.com

Kalteng

Disdik Kapuas Gencar Sosialisasikan Belajar dari Rumah
Pilgub Kalteng

Kalteng

Gugatan Ben-Ujang Ditolak MK, Harmain: Bukti KPU Kalteng Bekerja Sesuai Aturan
apahabar.com

Kalteng

Operasi Titi Wati Berjalan Lancar
apahabar.com

Kalteng

Karhutla di Kalteng Ancam Ribuan Orang Utan di TNTP
Penanganan Covid-19

Kalteng

Percepat Penanganan Covid-19, RSUD Kapuas Bangun Laboratorium BSL-2
Penutupan Bandara Tjilik Riwut Wewenang Ditjen Kemenhub

Kalteng

Penutupan Bandara Tjilik Riwut Wewenang Ditjen Kemenhub
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com