Tolak KLB, Simak Sikap Demokrat Kalteng Almarhum Kombes Sapta Dikenal Sebagai Pribadi yang Sederhana Mantap! Polsek Tapin Utara Bekuk Kurir Sabu 9,14 Kg asal Kalbar Ratusan Anggota Polisi di Tabalong Jalani Vaksinasi Covid-19 Update Covid-19 Kotabaru: Positif 9, Sembuh 3

Bantu Penyembuhan Pasien Covid-19, Polda Kalsel Gelar Donor Plasma Konvalesen

- Apahabar.com Jumat, 19 Februari 2021 - 12:12 WIB

Bantu Penyembuhan Pasien Covid-19, Polda Kalsel Gelar Donor Plasma Konvalesen

Polda Kalsel turut ambil bagian dalam upaya membantu penyembuhan pasien Covid-19 dengan menggelar donor plasma darah konvalesen di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri, Jumat (19/2). Foto-Ist

apahabar.com, BANJARMASIN Terapi plasma darah konvalesen saat ini menjadi salah satu metode alternatif penyembuhan bagi pasien Covid-19.

Terapi ini dilakukan dengan mengambil plasma darah orang yang telah sembuh dari Covid-19. Kemudian mendonorkannya kepada yang masih menjalani masa penyembuhan.

Donor plasma darah konvalesen ini sekarang tengah gencar dilakukan. Tak terkecuali di instansi kepolisian. Seperti yang dilakukan di Polda Kalsel, Jumat (19/2).

Polda Kalsel turut ambil bagian dalam upaya membantu penyembuhan pasien Covid-19 dengan menggelar donor plasma darah konvalesen di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri.

“Tujuan utama kita untuk membantu masyarakat. Dengan mengambil darah anggota Polri yang pernah terkena Covid-19,” ujar Kepala Bid Dokkes Polda Kalsel, Kombes Pol dr Ubaidillah di sela kegiatan donor.

Dari target 150 anggota, sedikitnya ada 106 anggota Polda Kalsel maupun Polresta Banjarmasin yang mendonorkan plasma darahnya.

“Tidak hanya di sini, di polres-polres sebagian juga sudah melaksanakan. Di sini khusus untuk Polda dan polres Banjarmasin,” ucap Ubaidillah.

Dijelaskan Ubaidillah, donor plasma darah konvalesen dari penyintas Covid-19 digunakan untuk terapi penyembuhan mereka yang masih berjuang melawan infeksi.

“Ini adalah darah orang yang pernah terkena Covid-19 diambil plasma darahnya baru, diberikan kepada yang positif terutama bagi yang sedang dan berat,” katanya.

Meski begitu, tak semua darah orang yang sembuh dari Covid-19 plasma darahnya bisa digunakan sebagai terapi. Sebab, apabila antibodi yang bersangkutan tak kuat maka plasma darah tak bisa digunakan.

“Nanti tergantung dari darahnya pengintas ini apakah antibodinya masih kuat tidak. Kalau masih kuat diambil,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

Kalsel Masuk Lima Besar Angka Kemiskinan Terendah
PKS

Banjarmasin

Pimpin PKS Kota Banjarmasin, Mathari Target 3 Besar Pemilu 2024
apahabar.com

Kalsel

Warga Sungai Miai Diajari Mengelola Sampah Plastik
apahabar.com

Kalsel

Langit Berpayung Awan, BMKG Prakirakan Tak Ada Hujan
Jaring Ratusan Pengendara, Polres Banjar Terapkan Sistem E-Tilang

Kalsel

Jaring Ratusan Pengendara, Polres Banjar Terapkan Sistem E-Tilang
apahabar.com

Kalsel

Siang Bolong, Oknum Kades di HSU Hendak Pesta Sabu
apahabar.com

Kalsel

Penertiban Reklame Jalan Ahmad Yani Dihentikan, Mantan Kepala Satpol PP Banjarmasin Angkat Bicara
apahabar.com

Kalsel

Resmi, Penerapan Denda Masker di Banjarmasin Dimulai!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com