RAKERNAS 2021 Dibuka Jokowi, Ketum Hipmi: Saatnya Jadi Bangsa Produktif Jokowi di Rakernas Hipmi 2021: Investasi-Hilirisasi Industri Jadi Kunci Pengamat: Hati-Hati Manuver Politik KLB Demokrat, RK! Duh, Jembatan Perhotelan Sepanjang Ahmad Yani Banjarmasin Dituding Langgar IMB Top! Jamu Gendong Ibu Nining asal Kintap Tembus Pasar Eropa

Bayi Mungil itu bernama JMSI

- Apahabar.com Selasa, 9 Februari 2021 - 20:41 WIB

Bayi Mungil itu bernama JMSI

Hendro Saky, Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Aceh. Foto-Dok.pribadi

Oleh: Hendro Saky, Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Aceh

SATU tahun usia Jaringan Media Siber Indonesia atau JMSI. Organisasi perusahaan pers, yang kelahirannya dibidani oleh sejumlah insan pers dari penjuru nusantara itu, dilahirkan dalam sebuah prosesi sederhana. Dan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menjadi tempat dan saksi peristiwa bersejarah tersebut, 8 Februari 2020.

Dan kini, 8 Februari 2021, persis bayi mungil bernama JMSI itu berumur setahun. Usia yang seumur jagung. Namun, organisasi ini terus mengepakkan sayap seantero bumi nusantara. Berbenah, dan terus mengepakan sayapnya untuk tumbuh dan berkembang menjadi wadah perusahaan pers yang sehat, dan diakui keberadaannya.

Di bawah asuhan Ketua Umum Teguh Santosa, dan Sekretaris Jenderal, Mahmud Marhaba, JMSI sebagai bayi mungil, semakin tumbuh dan besar.

Legalitasnya pun telah diakui oleh negara, yakni Dewan Pers, sebagai sebuah lembaga independen yang berfungsi mengembangkan dan melindungi kehidupan pers di Indonesia.

Walau telah tercatat secara administrasi di Dewan Pers. JMSI butuh legalitas yang kuat, yakni harus mampu menunjukkan bukti keberadaannya secara faktual, agar dapat segera menjadi keluarga besar dengan kata lain, konstituen Dewan Pers.

Di bawah komando Teguh Santosa, yang memiliki reputasi dan dan segudang jejak, tentu hal tersebut bukanlah hal sulit, namun juga tidak mudah, sebab, keberdaan struktur di daerah, menjadi kunci penting suksesnya JMSI. Dan pastinya, tokoh sentral lainnya, Mahmud Marhaba selaku sekretaris jenderal, akan memperkokoh semangat itu.

Bayi mungil JMSI, diharapkan akan terus tumbuh dan membesar, agar dapat menjadi wadah yang representatif menaungi ratusan ribu perusahaan siber yang saat ini terus tumbuh dipenjuru nusantara.

Keberadaan JMSI, sebagai induk organisasi perusahaan siber, di usianya yang relatif bayi itu, pastinya akan berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara, dengan ikut serta membangun iklim dan ekosistem pers yang sehat.

Dengan memiliki ratusan anggota, dan puluhan struktur pengurus daerah, bayi mungil bernama bernama JMSI itu, dipastikan akan senantiasa tumbuh, besar dan berkembang menjadi organisasi pers yang kredibel, transparan, dan menjadi instrumen penting bagi sehatnya perusahaan pers yang tergabung didalammnya.

Sebab, kita percaya, keberadaan pers yang sehat, sangat dipengaruhi oleh perusahaan pers yang sehat, dan tentu saja, kesemua hal tersebut dapat diwujudkan, jika JMSI sebagai wadah dan organisasi memiliki ketangguhan dalam menjalankan misinya.

Di isianya yang kita telah menanjak setahun, JMSI harus mensejajarkan diri dengan organisasi perusahaan siber serupa yang telah terlebih dahulu lahir. Dan hal tersebut tentu hanya dapat terwujud melalui kekompakan, soliditas dan kebersamaan di bawah satu komando bersatu kita teguh, bersama kita sentosa.

Selamat Ulang Tahun JMSI-ku, jaya selalu.**

Editor: Tim Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Opini

Emak-Emak, Robot Canggih di Masa Pandemi
apahabar.com

Opini

Tes Wawasan Kebangsaan, Aktor Baru dalam Seleksi Para Calon Abdi Negara
apahabar.com

Opini

PSBB dan Tantangan Kepemimpinan Kepala Daerah
apahabar.com

Opini

#DiRumahAja dan Kita yang Sebentar Lagi Menjadi Gila
apahabar.com

Opini

Catatan Kadarisman, Implementasi Blunder Kebijakan Publik
apahabar.com

Opini

Hadapi Covid-19: Langkah Social Distancing dan Lockdown dalam Perspektif Hukum
apahabar.com

Opini

Alumni Pesantren VS Ustadz Karbitan
Kaltim Butuh Pemulihan, Bukan Ibu Kota!

Opini

Ibu Kota, Lautan Asap, dan Cakar Pertambangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com