Hasil MotoGP Portugal: Fabio Quartararo Sempurna, Marc Marquez Finis Ketujuh Bawaslu Perintahkan Copot Spanduk Denny-Difri di Martapura, Raziv: Error in Subject Duh, Pembayar Pajak Terbesar Kedua di Kalsel Curhat Jalan Rusak! Cari Lansia Diduga Tenggelam, Relawan Gabungan Tapin Dirikan Posko Usai Beri Makan Kucing, Kai Tj Diduga Tenggelam di Sungai Tapin

Begini Cara Jadi Pelanggan Baru PDAM Tabalong

- Apahabar.com Jumat, 26 Februari 2021 - 10:56 WIB

Begini Cara Jadi Pelanggan Baru PDAM Tabalong

apahabar.com, TANJUNG – Bagi masyarakat yang ingin menjadi pelanggan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kabupaten Tabalong, prosesnya sangatlah mudah. Ada beberapa tahap yang dilakukan sampai akhirnya petugas melakukan pemasangan sambungan ke rumah atau lokasi pelanggan.

Direktur PDAM Kabupaten Tabalong, Abdul Bahid melalui Kasi Perencanaan Karyadi menjelaskan, pertama yang harus dilakukan calon pelanggan adalah datang secara langsung ke kantor PDAM di alamat Jalan Kamboja, Tanjung, dengan membawa fotokopi KTP.

Setelah berada di kantor PDAM Tabalong bisa langsung menghubungi seksi perencanaan untuk proses pengajuan permohonan pendaftaran sambungan baru.

“Petugas akan membuatkan surat permohonan pemasangan tersebut,” jelas Karyadi, Jumat (26/2).

“Setelah itu, tim petugas survey dari pihak PDAM Tabalong akan menuju ke lokasi di mana akan dilakukan pemasangan baru untuk melakukan pengukuran dan foto pendokumentasi rumah calon pelanggan,” terangnya.

Petugas akan menginputkan data calon pelanggan yang sudah disurvei oleh Tim PDAM dan menghubungi calon pelanggan untuk menginformasikan berapa biaya yang akan dibayar terkait pemasangan baru tersebut.

Kemudian, calon pelanggan kembali ke Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tabalong dan langsung menuju ke bagian Perencanaan untuk mengambil RAB. Lalu, menuju seksi sambungan baru dan pemasaran untuk menyerahkan RAB kepada petugas pendaftaran  dan petugas pendaftaran membuat surat pengantar bayar.

“Setelah calon pelanggan melakukan pembayaran ke kasir, transmisi distribusi melalui petugas pemasangan PDAM Tabalong akan melakukan pemasangan sambungan rumah atau lokasi pelanggan itu,” terang Karyadi.

Waktu yang dibutuhkan untuk pemasangan pelanggan baru adalah 5 hari, terhitung sejak RAB sambungan rumah baru dibayar calon pelanggan.

Sementara untuk biayanya, tarif 1 unit dari pipa dinas Rp 1.909.600 dengan panjang maksimal pipa dalam 1 unit 6 meter, lebih dari 6 meter akan ditambahkan sesuai harga yang berlaku.

“Bila disambung dari pipa linier akan dibebankan biaya pipa linier demikian juga bilamana harus menyeberang jalan juga dihitung sesuai tarif yang berlaku di PDAM Tabalong,” pungkas Karyadi.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tabalong

Dari Kadis, Kabag hingga Camat di Tabalong Disuntik Vaksin Sinovac
apahabar.com

Pemkab Tabalong

Tahun Ini Pemkab Tabalong Bangun Pasar Agribisnis Kembang Kuning
Sekolah Tatap Muka

Pemkab Tabalong

Jelang Sekolah Tatap Muka, Sekolah di Tabalong Disemprot Disinfektan
Sopir Angkot Tabalong

Pemkab Tabalong

Puluhan Sopir Angkot Tabalong Divaksin Covid-19
Musrenbang

Kalsel

Jaro, Kecamatan Pertama Menggelar Musrenbang RKPD Tabalong 2022
Prokes

Kalsel

Abai Prokes, 5 Warga Tabalong Terjaring Operasi Yustisi
kebakaran tabalong

Pemkab Tabalong

Kebakaran di Tanta, Dinsos Tabalong Bergerak Cepat Salurkan Bantuan
Irigasi

Kalsel

Tahun Ini, Belasan Jaringan Irigasi di Tabalong Mendapat Pemeliharaan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com