Dituding Gelembungkan Suara, Komisioner KPU Banjar Belum Berniat Polisikan Saksi Breaking! Heboh Mobil Terbakar di Tapin, 1 Warga Jadi Korban Pencuri Mobil di Balikpapan Tak Ditahan Polisi, Kok Bisa? Golkar Gerah Sengketa Pilgub Kalsel Berlanjut, Puar Teringat Saksi Palsu di Kobar Kadesnya Dijebloskan ke Bui, Plh Bupati Kotabaru Buka Suara

Benarkah ‘Alumni’ Covid-19 Sudah Kebal?

- Apahabar.com Jumat, 12 Februari 2021 - 11:10 WIB

Benarkah ‘Alumni’ Covid-19 Sudah Kebal?

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Imunitas atau kekebalan akan terbentuk di tubuh orang yang pernah terinfeksi Covid-19. Namun, kekebalan masing-masing orang disebut berbeda-beda dan tidak permanen.

Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) merekomendasikan penyintas Covid-19 yang sudah sembuh lebih dari 3 bulan bisa tetap divaksin. Hal ini menyusul kabar sudah banyak kasus penyintas yang mengalami reinfeksi, terutama dari kalangan tenaga kesehatan.

Bagaimana seseorang bisa memastikan kekebalan tubuhnya terhadap virus Corona Covid-19?

Ahli patologi klinik dr Muhammad Irhamsyah, SpPK, MKes, dari Primaya Hospital Bekasi Barat menjelaskan salah satu caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan kuantitatif antibodi. Sampel darah akan diambil lalu diukur dengan menggunakan alat pendeteksi antibodi spesifik SARS-COV-2.

“Pemeriksaan ini dapat dilakukan pada orang-orang yang sudah pernah terinfeksi Covid-19, orang yang sudah mendapatkan vaksinasi serta dapat digunakan untuk mengukur antibodi pada donor plasma konvalesen yang akan ditransfusikan,” kata dr Irhamsyah dalam keterangan pers seperti dilansir detikcom, Jumat (12/2).

Menurut studi, biasanya penyintas yang mengalami gejala infeksi Covid-19 berat cenderung akan memiliki tingkat antibodi lebih tinggi dibandingkan penyintas dengan gejala ringan atau sedang.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Bingung Pilih Menu Makan Siang, Perhatikan 4 Hal Ini
apahabar.com

Gaya

Jangan Khawatir, Masker Tak Kurangi Jumlah Oksigen
apahabar.com

Gaya

Sekjen ATSI Sebut Blokir IMEI Kemungkinan Tertunda
apahabar.com

Gaya

Terinspirasi dari Ecstar MotoGP, Berapa Harga Suzuki GSX-R150?
apahabar.com

Gaya

Jaga Daya Tahan Tubuh, Perlukah Minum Vitamin C 1000 Mg?
apahabar.com

Gaya

Ini 5 Tanda Ayam Sudah Tak Layak Dikonsumsi

Gaya

Vertigo, Kenali Penyebab dan 4 Gerakan Ampuh Mengatasinya
apahabar.com

Gaya

Pakar Siber: Waspada Privasi dan Keamanan Saat Pakai VPN
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com