ABK Lenyap di Pulau Laut Kotabaru, SAR Gabungan Turun Tangan Harga Sawit Kotabaru Moncer Hari Ini, Petani Ngeluh Viral Video Antrean Solar, Bagaimana Stok Kalsel? Heboh! Polisi Kotabaru Gerebek Perusahaan Jasa Penagih Hutang Pinjol Tak Keluarkan Peringatan Dini, BMKG Prakirakan Siang Hari Kalsel Hujan Ringan

BMKG Warning Hujan Sepanjang 4-7 Februari Merata di Kalsel

- Apahabar.com     Rabu, 3 Februari 2021 - 17:55 WITA

BMKG Warning Hujan Sepanjang 4-7 Februari Merata di Kalsel

Ilustrasi hujan mengguyur Kota Banjarmasin, pada Januari 2021 lalu. Foto-apahabar.com/Ahmad Zainal Muttaqin

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat setempat mewaspadai potensi hujan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Kalimantan Selatan dalam tiga hari ke depan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi BNPB Raditya Jati meminta warga Kalimantan Selatan untuk waspada dan siaga, pada 4-7 Februari mendatang dikarenakan prospek cuaca yang menunjukkan potensi hujan.

“Masyarakat Kalimantan Selatan diimbau untuk waspada dan siaga dalam tiga hari ke depan. BMKG melaporkan prospek cuaca dalam tiga hari ke depan masih berpotensi hujan intensitas ringan hingga sedang, merata di seluruh wilayah,” kata Raditya dilansir CNNIndonesia, Rabu (3/2).

Raditya menyampaikan, Balai Wilayah Sungai Kalimantan tengah berupaya mengendalikan banjir dengan cara mereduksi banjir di Sungai Martapura melalui Bendungan Riam Kiwa, serta normalisasi kanal banjir untuk mereduksi banjir di Sungai Barabai.

Sebelumnya, banjir di Kalimantan Selatan melanda sejak memasuki tahun 2021. Banjir di daerah yang dijuluki Paru-paru Dunia itu disebut terjadi karena intensitas hujan tinggi hingga ekstrem yang merata di seluruh wilayah Kalsel pada periode 8-14 Januari 2021.

Berdasarkan data per 2 Februari 2021 pukul 09.00 WITA, BPBD Kalsel mencatat 11 wilayah administrasi di tingkat kabupaten kota masih terdampak banjir. Sebanyak 28.379 warga masih mengungsi.

Banjir juga menewaskan 24 orang warga dan 3 lainnya hilang. Hingga kini, banjir masih menggenangi 5 dari 11 kabupaten kota terdampak.

Genangan banjir masih terpantau pada ketinggian 10-30 centimeter di beberapa kabupaten seperti di Hulu Sungai Tengah, Banjar, Hulu Sungai Selatan, dan Tanah Laut.

Editor: Muhammad Robby - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ibnu Sina Buka Suara Terkait Menumpuknya Eceng Gondok di Jembatan Antasari
apahabar.com

Kalsel

Sempat Kekurangan Rp30 Miliar, Wamen PUPR RI Optimis Jembatan Alalak Beres Maret 2021
apahabar.com

Kalsel

Masih Ada Pertanda Hujan di Kalimantan Selatan
pulau Bromo

Kalsel

Gegara Isu Makan Gratis, Warga Langgar Prokes di Jembatan ‘Roller Coaster’ Banjarmasin

Banjarmasin

H-2 PSU Pilwali Banjarmasin, Begini Langkah Distribusi Logistik Pemilu untuk 80 TPS
apahabar.com

Kalsel

Polisi Selidiki Dugaan Madrasah Dijadikan Sarang Judi dan Miras
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Rentan Kecurangan, Bawaslu RI Wanti-Wanti Kepala Daerah
apahabar.com

Kalsel

Soal Tolak UU Omnibus Law, Peradi RBA Banjarmasin: Judicial Review dan Tekan DPR!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com