POPULER KALSEL SEPEKAN: Panasnya Sidang MK, Penangkapan Pedofil Tapin, hingga Kisruh Elpiji Langka Update Covid-19 Kotabaru: Positif 4, Sembuh 11 Orang Pelambuan Membara, Belasan Rumah Terbakar Dini Hari Kebakaran Pelambuan, BPBD Banjarmasin Taksir Kerugian Rp1,2 Miliar Kandang Ternak di Kintap Tala Terbakar, Ribuan Ekor Ayam Terpanggang

BPJN Kalsel Rekayasa Akses Jalan Gubernur Syarkawi

- Apahabar.com Selasa, 9 Februari 2021 - 16:31 WIB

BPJN Kalsel Rekayasa Akses Jalan Gubernur Syarkawi

Polisi lalu lintas mengatur arus di Jalan Gubernur Syarkawi di Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan saat banjir. Foto-Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Akibat rendaman banjir, akses Jalan Gubernur Syarkawi di Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar mengalami kerusakan parah. Dampaknya, lalu lintas terhambat hingga menimbulkan beberapa mobil truk sempat terguling.

Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalsel melakukan upaya rekayasa lalu lintas sebagai langkah percepatan mengurai kemacetan.

“Sementara yang kami lakukan adalah menimbun dan memperbaiki yang sudah rusak,” ucap Kepala BPJN Kalsel, Syauqi Kamal, dalam rapat virtual penanganan banjir, belum lama tadi.

Dari pantauannya, total jalan terendam mencapai 13 kilometer. Ada 3 titik yang masih tergenang air dan menyebabkan kondisi jalan tidak layak dilalui kendaraan berat.

“Ada beberapa lokasi yang sudah kita coba tangani dengan batu, tetapi batunya hilang masuk ke dalam. Kita perbaiki yang ada lumpurnya dibuang dulu, lalu ditimbun dengan material beskos,” paparnya

Mengingat kerusakan cukup parah dan panjang, akan dilakukan sistem buka tutup sehingga pengendara harus bergantian untuk melalui akses itu. Penanganan pada satu sisi dilakukan untuk meminimalisir kendaraan yang memaksa lewat dan mengakibatkan terjerembab di lokasi.

“Pada satu sisi dari lebar jalan, kita coba perbaiki sehingga setiap titik-titik yang bermasalah bisa dilalui,” lanjutnya

Dalam upaya ini, BPJN Kalsel memerlukan koordinasi bersama aparat keamanan untuk mengatur lalu lintas pengendara. Diakuinya, antrean yang mengular membuat pengemudi kerap kehilangan kesabaran untuk bisa lewat.

“Jika itu selesai, sebelahnya akan kami lakukan sesuai dengan desain yang dirancang kemarin. Memberi cerucuk kemudian dikasih geotekstil dan dilanjutkan penimbunan ke atas. Lalu, untuk memudahkan aliran air, kita akan buat crossdrain atau box-box kecil sehingga sebelum jadi banjir sudah bisa balance antara kiri kanan,” tuturnya.

Sebagai tambahan, salah satu alternatif yang digunakan pengendara adalah melewati kawasan Sungai Gampa Asahi di Kabupaten Barito Kuala.

BPJN Kalsel, ujarnya, secara bertahap akan melakukan pelebaran. Dengan estimasi dilaksanakan permanen pada April atau awal Mei mendatang.

“Lebarnya 4-4,5 meter. Untuk kondisi rusak yang ada di bahu (jalan), kita coba timbun dengan material beskos,” terangnya

Namun kendala yang dialami saat ini adalah minimnya stok material yang dibutuhkan dalam perbaikan jalan ini. Sehingga upaya yang dilakukan, hanya sebatas untuk mengurangi potensi kecelakaan.

“Beskos ini materialnya di Pelaihari yang bagus, agak susah masuk di lokasi karena harus melalui Gubernur Syarkawi. Kami upayakan ada informasi di sekitar Kandangan yang bisa untuk menutup bahu jalan,” jelasnya

Dengan sistem buka tutup jalan, diharapkan dapat mengurai kemacetan dan potensi kecelakaan. Walaupun, akan ada antrean dari sistem ini.

“Bahu jalan ini secara desain memang tidak untuk menahan besar kendaraan. Makanya perlu bantuan instansi terkait untuk peraturan lalu lintas,” katanya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pandangan Walhi Kalsel Tentang Revisi Undang-Undang Minerba, Tak Ada Bumi Kedua
apahabar.com

Kalsel

Ramadan, Jam Buka Salon Kecantikan Pun Dibatasi
apahabar.com

Kalsel

Warga Desa Perbatasan Kotabaru Ramaikan Peringatan Hari Kesehatan Nasional
apahabar.com

Kalsel

Larang Warga Desa Lain Mancing di Desanya, Simak Penjelasan Kades Satiung
apahabar.com

Kalsel

Datu Ifat, Sesepuh Banua di Kotabaru Berpulang di Usia 136 Tahun
Kalsel

Kalsel

Pak Jokowi! Jalan Rusak, Distribusi Elpiji 3 Kilogram di Kalsel Ambyar
apahabar.com

Kalsel

Tahun Baru Harapan Baru! Berikut Foto dan Video Kemeriahannya di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

12 Kasus Baru Covid-19 di Kalsel, Didominasi Klaster Gowa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com