Mardani H Maming: Hipmi Optimis Pemimpin Muda Kalsel Mampu Bangkitkan Ekonomi Daerah Ketua DPRD Banjar: 100 Hari Program Bupati Harus Penangan Pascabanjir DPP Demokrat Pecat Marzuki Alie dan 6 Kader, Simak Alasannya Duh, Positif Covid-19 Kapuas Bertambah Lagi 50 Kasus Tiga Gus Pimpin Jatim, Bak Angin Segar Bagi Kinerja ASN

BPPTKG: Guguran Lava Pijar Merapi Meluncur ke Arah Kali Krasak dan Boyong

- Apahabar.com Selasa, 9 Februari 2021 - 11:24 WIB

BPPTKG: Guguran Lava Pijar Merapi Meluncur ke Arah Kali Krasak dan Boyong

Arsip Foto. Pemandangan Gunung Merapi saat mengeluarkan lava pijar terlihat dari Wonorejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (18/1/2021). Foto-Antara/Andreas Fitri Atmoko/wsj

apahabar.com, YOGYAKARTA – Berdasarkan pengamatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), guguran lava pijar Gunung Merapi pada Selasa (9/2) pagi meluncur hingga sejauh 700 meter ke arah Kali Krasak dan Boyong menurut pengamatan.

Menurut pengamatan BPPTKG, Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut dari pukul 00.00 WIB sampai 06.00 WIB enam kali meluncurkan guguran lava pijar.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, mengatakan bahwa selama periode pengamatan itu Merapi juga mengalami 25 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-20 mm selama 10-90 detik, 11 kali gempa fase banyak dengan amplitudo 3-8 mm selama 4-8 detik, dan satu kali gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 70 mm selama 19 detik.

Selama periode pengamatan, kawah Merapi mengeluarkan asap putih dengan intensitas sedang hingga tebal setinggi 50 meter dari atas puncak kawah.

Pada periode pengamatan Senin (8/2) pukul 18.00 sampai 24.00 WIB, Gunung Merapi tercatat 12 kali meluncurkan guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 1.500 meter ke arah barat daya.

BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga.

Guguran lava dan awan panas Merapi diperkirakan berdampak ke wilayah sektor selatan-barat daya, yang meliputi Sungai Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Apabila terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi dapat menjangkau area dalam radius tiga km dari puncak gunung.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Hadiri Rakerda di Kalsel, Caketum Hipmi Mardani H Maming Minta Restu
apahabar.com

Nasional

Masuk Kakbah, Jemaah Serukan Nama ‘Jokowi’
Hujan Ekstrem

Nasional

Hujan Ekstrem di Semarang Disebut Terjadi 50 Tahun Sekali
apahabar.com

Nasional

Lebaran 2019, Pertamina Berangkatkan Belasan Ribu Pemudik

Nasional

KPK Serahkan Tanah Rampasan Puluhan Miliar ke TNI AL
apahabar.com

Nasional

Layaknya UAS, Ustaz Riza Muhammad Juga Dicekal di Hong Kong
apahabar.com

Nasional

Pulang Reuni 212, Ketua RT Kampung Melayu Meninggal
apahabar.com

Nasional

Jokowi Hadiri KTT ASEAN-RoK di Busan Korsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com