Kamar Pesantren di Lapas Kotabaru Dirazia, Petugas Temukan Barang Terlarang Polresta Banjarmasin Janji Usut Tuntas Kasus Kematian Wildan Skandal Pungli di Tegalrejo Kotabaru Sudah Berlangsung Lama! Duh, Usai Divaksin Covid-19 Sejumlah Wartawan Pingsan Dituding Gelembungkan Suara, Komisioner KPU Banjar Belum Berniat Polisikan Saksi

BPSDMP Kominfo Banjarmasin dan Gojek Luncurkan Pelatihan Digital Bagi Pelaku Usaha Kuliner

- Apahabar.com Selasa, 16 Februari 2021 - 12:28 WIB

BPSDMP Kominfo Banjarmasin dan Gojek Luncurkan Pelatihan Digital Bagi Pelaku Usaha Kuliner

Zoom Meeting pembukaan pelatihan UMKM oleh Gojek dan BPSDMP Kominfo Banjarmasin

apahabar.com, BANJARBARU – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Banjarmasin meluncurkan pelatihan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bidang kuliner. Bersama Gojek Banjarmasin, sebanyak 40 pelaku UMKM akan dibekali pengetahuan penjualan secara digital.

“Sasaran setelah pelatihan ini adalah mereka akan diarahkan terdaftar di aplikasi Go-Food. Sehingga memudahkan orderan dan meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan media digital melalui aplikasi yang disiapkan Gojek,” ungkap Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin Abdul Rahman Harahap dalam pertemuan virtual bersama apahabar.com, Selasa (16/2) pagi.

Peningkatan kemampuan ini meliputi bagaimana menampilkan kemasan produk, melakukan pemasaran dan penjualan produk, hingga sistem pembayaran yang dilakukan secara digital. Sehingga, secara konvensional maupun digital mereka akan mendapatkan hasil yang lebih signifikan.

“Ini menjadi penyangga atau penyokong bisnis yang ada. Transformation digital life sudah berlangsung dan ini fenomena sosial yang kita hadapi,” lanjutnya

Di era digital, pelaku UMKM dituntut untuk mampu beradaptasi dengan adanya perubahan pola penjualan dari offline dan online. Dengan target market yang lebih besar, pemasaran akan lebih luas dilakukan.

“Persoalannya hanya ada pada kemauan. Kesempatan ini kita berikan pendampingan dengan memanggil tutor di bidang ahlinya,” imbuh Rahman

Mulawarman selaku Head of Regional Corporate Affairs Gojek for East Indonesia, menyebut kegiatan ini merupakan rangkaian solusi digital bagi UMKM untuk dapat menjalankan usaha di tengah pandemi Covid-19. Diharapkan, pelaku UMKM dapat memperluas daerah pemasaran di wilayah Kalsel.

“Kami berharap pelatihan ini dapat meningkatkan wawasan dan usaha mereka. Bagaimana menerapkan pembayaran secara online dan mendapat insight (wawasan) baru untuk pemasaran UMKM lokal untuk Go-Online,” kata Mulawarman menambahkan.

Untuk kesinambungan, pendampingan pelatihan juga akan diberikan secara digital setelah kegiatan ini berakhir. Sehingga, peserta masih dapat bertukar pikiran untuk mengembangkan usaha mereka.

“UMKM akan langsung tersistem dalam Gojek setelah pelatihan ini. Kita harap ada output, mereka terbiasa melakukan penjualan secara online dan meningkatkan penjualan,” tambahnya

Sebagai informasi, kegiatan pelatihan akan berlangsung dua hari di PLUT Dinas Koperasi dan UMKM Banjarbaru. Masing-masing diikuti 20 peserta agar dapat menerapkan protokol kesehatan.

Rangkaian pelatihan terdiri dari proses pembelajaran dengan metode ceramah oleh instruktur, registrasi di aplikasi Gojek, verifikasi data dan aktivasi secara langsung, dan dilanjutkan dengan pendampingan kepada setiap peserta.

Pelatihan ini juga didukung oleh Badan Litbang SDM Kemkominfo dan Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Banjarbaru. Ke depan, BPSDMP Kominfo Banjarmasin juga akan melibatkan pihak bank untuk membantu dalam hal modal usaha atau pembayaran bagi pelaku UMKM.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Dorong Banjarmasin Jadi Kota Inklusi, Kelurahan Pelambuan Jadi Contoh Awal
apahabar.com

Kalsel

Tips Jadi Penulis Ala Dewi Lestari, Mesti Perbanyak Jam Terbang
Ibnu Sina

Kalsel

4 Tahun Kepemimpinan Ibnu Sina, Begini Tanggapan Warga Alalak Utara Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Ciptakan Pemilukada Aman dan Damai, KAMMI Banjarmasin Punya Trik
apahabar.com

Kalsel

Puluhan Personel Ditpolair Polda Kalsel Jalani Pemeriksaan Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Bawaslu Batola Menyoroti Pemilih Berkelanjutan
apahabar.com

Kalsel

Kado HUT Kemerdekaan, 139 Warga Rutan Marabahan Dapat Remisi
apahabar.com

Kalsel

Kapolda Kalsel Pantau Tes Rikkes Tahap I Casis Brimob dan Polair
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com