Hilang di Sangkulirang, Mahasiswa Kedokteran Kaltim Ditemukan Meninggal Dunia Pandemi, Rp8 M Insentif Ribuan Guru Ngaji-Marbot di Banjarmasin Disiapkan Utak-atik RTRW Banjarmasin, Kantor Pemkot Diusulkan Pindah Kadesnya Dijebloskan ke Bui, Plh Bupati Kotabaru Buka Suara Breaking! Heboh Mobil Terbakar di Tapin, 1 Warga Jadi Korban

BREAKING! Satgas Covid-19 Rilis Imbauan Haul Guru Sekumpul di Banjarmasin

- Apahabar.com Rabu, 17 Februari 2021 - 09:58 WIB

BREAKING! Satgas Covid-19 Rilis Imbauan Haul Guru Sekumpul di Banjarmasin

ILUSTRASI: Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, haul akbar ke-16 Syekh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul resmi ditiadakan oleh pihak keluarga lantaran pandemi Covid-19. Foto: Dok.apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, haul akbar ke-16 Syekh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul resmi ditiadakan oleh pihak keluarga lantaran pandemi Covid-19.

Haul Abah Guru Sekumpul ke-16 jatuh tepat hari ini Rabu 17 Februari 2021 atau 5 Rajab 1442 hijriah.

Meski suasana Musala Ar-Raudhah di Sekumpul, Kabupaten Banjar tampak lengang, sejumlah warga terpantau tetap menggelar Haul Abah Guru Sekumpul ke-16 di lingkungan masing-masing.

Di sejumlah lokasi di Banjarmasin Utara, dilaporkan ada beberapa yang meminta izin keramaian menggelar haul, setidaknya sejak Selasa malam (16/2).

“Ada tiga yang lain masih berproses,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Banjarmasin, Machli Riyadi kepada apahabar.com.

Nah, dalam proses pengajuan izin tersebut, Satgas Covid-19 Banjarmasin tidak sembarangan mengeluarkannya.

Utamanya, Satgas Covid-19 Banjarmasin hanya membatasi maksimal 100 orang dalam satu kegiatan. Itu juga harus disesuaikan dengan kapasitas ruangan maksimal 40 persen.

“Kami membatasi jumlah orangnya, tapi tidak melebihi 100 orang,” tegas kepala dinas kesehatan Banjarmasin itu.

Lebih jauh, masyarakat diminta untuk tetap mengutamakan protokol kesehatan selama pergelaran Haul Guru Sekumpul ke-16.

Mulai dari jaga jarak fisik, rutin mencuci tangan, dan tetap mengenakan masker selama ritual keagamaan tersebut berlangsung.

“Karena penyebaran Covid-19 di Banjarmasin terus meningkat. Ini tanggung jawab bersama untuk mengendalikan Covid-19. Atas kerja samanya terima kasih,” pungkasnya.

Meminjam laporan Dinkes, sampai kemarin warga di Banjarmasin terjangkit Covid-19 mencapai 530 kasus. Terbanyak di Pemurus Dalam, Banjarmasin Selatan.

Senada, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Selatan meminta masyarakat untuk mematuhi imbauan protokol kesehatan Covid-19.

“Lakukan prokes seperti salat Jumat, pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak,” ujar Sekretaris Umum MUI Kalsel, H Nasrullah kepada apahabar.com, dihubungi terpisah.

Akhir November 2020 kemarin, pengurus musala Ar-Raudhah telah mengeluarkan pengumuman resmi tentang peniadaan Haul ke-16 Guru Sekumpul.

“Karena adanya pandemi ini, pihak keluarga, ahli waris, sudah berdiskusi dan juga sudah mencoba bertukar pendapat dengan para petugas dan pemerintahan untuk mendapat keputusan yang terbaik untuk semua. Perwakilan dari pihak keluarga sudah hadir ke acara rapat yang diadakan pada hari Selasa, 17 November 2020 bersama pemerintah Provinsi Kalsel dan Pemkab Banjar serta pihak-pihak yang terkait. Dan akhirnya sepakat bahwa acara Haul ke-16 yang seperti biasa ditiadakan,” bunyi pemberitahuan dan imbauan dari musala tersebut.

Serupa, tentang ziarah di kubah juga masih belum akan dibuka sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

“Dimohon untuk tidak datang dan melakukan pengumpulan massa karena kubah masih ditutup. Dan dimohon untuk menunggu dan bersabar sampai ada info resmi selanjutnya. Demikian yang dapat kami sampaikan,” ujar surat imbauan bernomor A10/AR-SKP/III/2020 tertanda Muhammad Amin Badali, dan Ahmad Hafi Badali itu.

Suasana Terkini Sekumpul, Jelang Haul Abah Guru

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Inul Vizta dan Happy Puppy Berikan Promo Pemilu 2019

Kalsel

Warga Gelatik Banjarmasin Kena Gendam, Modus Pinjam Uang
apahabar.com

Kalsel

Angker, Jalan Trans Kalsel-Kaltim Desa Kembang Kuning Tabalong Ternyata Pernah Makan Korban Jiwa
Bisnis

Kalsel

Gebrakan Awal Tahun, Polisi Kembali Bongkar Bisnis Miras di Eks Lokalisasi Pembatuan
apahabar.com

Kalsel

Berkapasitas Lebih Besar, Bandara Internasional Syamsudin Noor Perlu Sokongan PDAM Intan Banjar
apahabar.com

Kalsel

BREAKING NEWS..!! Korban Ketiga Longsor di Pumpung Akhirnya Dievakuasi
apahabar.com

Kalsel

Uji Nasionalisme, Polisi di Banjarmasin Kibarkan Bendera di Tengah Jalan
apahabar.com

Kalsel

Marabahan Digegerkan Kabar Warga Positif Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com