Teriakkan Kelangkaan Elpiji 3 Kg, Mahasiswa Banjarmasin Serbu Pertamina Puluhan Pangkalan Elpiji di Kalsel-Teng Diputus Pertamina! Simak Alasannya Sempat Mangkir, Aziz Akhirnya Penuhi Panggilan KPU Kalsel Gejolak Pengadaan Mobil Dinas Baru, Pimpinan DPRD Banjarmasin Angkat Bicara Awal Usul Buka Investasi Miras di 4 Provinsi, Berikut Penjelasan Bahlil

Budidaya Semangka di Desa Lagun Kapuas Cukup Menjanjikan

- Apahabar.com Rabu, 10 Februari 2021 - 20:45 WIB

Budidaya Semangka di Desa Lagun Kapuas Cukup Menjanjikan

Perkebunan buah semangka di Desa Saka Lagun Kabupaten Kapuas, Kalteng. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas Kalteng, miliki potensi sebagai sentra lokasi pertanian budidaya buah semangka.

Perkebunan semangka di desa ini tersebar di beberapa tempat dan lokasi perkebunan seperti di RT 7 dan RT 8 Desa Saka Lagun.

“Perkebunan budidaya semangka di desa kami memang sangat menjanjikan,” kata Kepala Desa Seka Lagun, Kecamatan Pulau Petak, Julkipli, di Kuala Kapuas, Rabu (10/2).

Menurut Julkipli di desa memang terdapat lahan tadah hujan dan setiap tahun mengembangkan budidaya tanaman buah semangka, yang saat ini sedang panen berada di RT 7.

“Untuk sekali panen, bisa menghasilkan hampir 5 ton semangka dengan berat buah paling besar yaitu 8 sampai 12 kilogram,” ujarnya.

Sedangkan untuk pemasaran, lanjut Julkipli, hasil panen buah semangka petani Desa Saka Lagun dikirim atau dijual ke wilayah Kabupaten Kapuas, Palangka Raya serta Banjarmasin.

Nah, pada tahun 2021 ini, Julkipli mengungkapkan bahwa di desanya akan ada pengembangan perkebunan semangka dari Pemkab Kapuas melalui Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas.

“Warga tentu sangat antusias sekali, karena dengan adanya dukungan pemerintah daerah diharapkan dapat meningkatkan hasil ataupun produksi perkebunan semangka, sehingga membuat warga semakin lebih giat lagi,” pungkas Julkipli.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Penuhi Permintaan Masyarakat, Pekerjaan Fisik TMMD di Pangkut Bertambah
apahabar.com

Kalteng

Bupati Kapuas Dukung Program Aspal Campur Karet
apahabar.com

Kalteng

PLN Palangka Raya Ajak Masyarakat Gunakan Aplikasi PLN Mobile
apahabar.com

Kalteng

Gegara Tunggakan Air, PDAM Palangka Raya Bisa Tekor Belasan Miliar
apahabar.com

Kalteng

Jelang Pilkada, Polres Kapuas Gelar Latpraops Mantap Praja Telabang
apahabar.com

Kalteng

Pasca Hadiri Ijtima Gowa, Polisi: Wajib Isolasi Diri
apahabar.com

Kalteng

Kotawaringin Timur Terimbas Jika Kalteng Ibu Kota Negara

Kalteng

Kasus Covid-19 Melonjak, Kapuas Segera Lakukan Penyemprotan Secara Masif
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com