Utak-atik RTRW Banjarmasin, Kantor Pemkot Diusulkan Pindah Kadesnya Dijebloskan ke Bui, Plh Bupati Kotabaru Buka Suara Breaking! Heboh Mobil Terbakar di Tapin, 1 Warga Jadi Korban Masih Ada 122 Ribu Rumah di Kalteng Tak Layak Huni Dituding Gelembungkan Suara, Komisioner KPU Banjar Belum Berniat Polisikan Saksi

Bupati Resmikan Gedung Pengelola Kebun Raya Balangan

- Apahabar.com Senin, 8 Februari 2021 - 16:40 WIB

Bupati Resmikan Gedung Pengelola Kebun Raya Balangan

Bupati Balangan, H Ansharuddin meresmikan Gedung Pengelola Kebun Raya Balangan. Foto-Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Bupati Balangan, H Ansharuddin meresmikan Gedung Pengelola Kebun Raya Balangan, di Jalan Garuda Maharam Desa Gunung Pandau kecamatan Paringin, Senin (8/2).

Hadir dalam kegiatan itu selain Bupati Balangan H Ansharuddin juga dihadiri Penjabat Sekdakab Akhriani, Kepala Balitbangda Balangan Aidinor, Kepala PUPR Balangan Tuhalus dan sejumlah Kepala OPD serta tamu undangan lainnya.

Bupati H Ansharuddin mengatakan bahwasanya Kebun Raya Balangan ini telah kami gagas sejak tahun 2018. Adapun Kebun Raya Balangan ini berada di pinggiran jalan dekat dengan perumahan dinas pejabat Pemkab Balangan dengan luas sekitar 7,1 hektar dan di dalamnya juga ada hutan kota atau ruang terbuka hijau (RTH) yang wajib hukumnya dipertahankan.

“Kebun raya ini nantinya bisa memberikan manfaat bagi keberlangsungan fungsi konservasi, pendidikan, penelitian dan meningkatkan objek wisata,” katanya.

Sedangkan pembangunan gedung ini dimaksud sebagai Kantor Pengelolaan, Perpustakaan, Herbarium, Bank Biji, dan Laboratorium.

“Jadi kepada pengelola Kebun Raya Balangan untuk bisa menjaga dan memelihara gedung yang sangat megah ini, baik itu kebersihannya dan keamanannya terkait asset yang ada dalam gedung ini,” pesan Bupati.

Keberadaan Kebun Raya Balangan yang dinalai penting ini pun diharapkan Bupati bisa berkembang secara baik. Terutama manfaatnya yang berperan sebagai edukasi bagi masyarakat dan pelajar. Juga menjadi tempat penelitian, wisata dan konservasi.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Balangan, Ir Tuhalus menyampaikan, pembangunan gedung pengelola Kebun Raya Balangan ini mengikuti master plan yang telah dibuat beberapa tahun lalu. Hal itu terutama dalam hal luasannya.

“Luasan gedung menyesuaikan master plan dan dibangun tingkat dua. Rencananya akan ada lima fungsi terhadap gedung tersebut,” ujarnya.

Lima fungsi yang dimaksud yakni sebagai Kantor Pengelolaan, Perpustakaan, Herbarium, Bank Biji, dan Laboratorium.

“Keberadaan gedung ini tak lepas dari konsep arsitektur eksterior kearifan lokal di Balangan. Di mana bangunan dibuat seolah khas banjar dan dihiasi sejumlah ornamen khas,” jelasnya.

Kepala Balitbangda Balangan, Aidinoor mengungkapkan, pembangunan Kebun Raya lebih menekankan pada pelaksanaan lima fungsi kebun raya, yaitu konservasi, penelitian, pendidikan, wisata dan jasa lingkungan dan inisiasi pembangunan Kebun Raya Daerah.

Dengan program tersebut, disamping menambah luasan RTH, juga memberikan manfaat bagi keberlangsungan fungsi ekologis dan sebagai tempat rekreasi/ wisata bagi masyarakat.

“Kebun Raya juga diharapkan bisa menjadi daerah tampungan air dan menahan air di daratan selama mungkin saat musim hujan,” imbuhnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Balangan

Peningkatan Kapasitas diharapkan Dongkrak Kemampuan Kepala Desa
apahabar.com

Pemkab Balangan

Bupati Balangan Serahkan Bantuan Rumah Program BSPS
Ketua DPRD Balangan

Pemkab Balangan

Ketua DPRD Balangan Ajak Masyarakat Ciptakan Pilkada Damai dan Kondusif
Balangan

Pemkab Balangan

Hari Pertama Bupati Balangan Lepas dari Cuti, Pantau Kesiapan TPS
apahabar.com

Pemkab Balangan

Rafid Rabbani Sabet Mendali Perunggu di Kejurnas Divif 2 Kostrad Open III
apahabar.com

Pemkab Balangan

6.689 Warga Balangan Kembali Terima Bantuan Sosial Tunai
apahabar.com

Pemkab Balangan

Tinggalkan Balangan, AKBP Moh Zamroni Sampaikan Salam Perpisahan
apahabar.com

Pemkab Balangan

Pemkab Balangan Terima Penghargaan Kapabilitas APIP Level 3
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com