Buntut Aksi Koboi Bripka CS, Kapolda Kalsel: Tak Ada Anggota ke THM! Hilang di Sangkulirang, Mahasiswa Kedokteran Kaltim Ditemukan Meninggal Dunia Pandemi, Rp8 M Insentif Ribuan Guru Ngaji-Marbot di Banjarmasin Disiapkan Utak-atik RTRW Banjarmasin, Kantor Pemkot Diusulkan Pindah Kadesnya Dijebloskan ke Bui, Plh Bupati Kotabaru Buka Suara

Covid-19 Melonjak, Kaltim Siap Terapkan Lockdown Weekend

- Apahabar.com Kamis, 4 Februari 2021 - 17:55 WIB

Covid-19 Melonjak, Kaltim Siap Terapkan Lockdown Weekend

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bersama unsur Forkopimda mengumumkan rencana penerapan lockdown weekend dihadapan awak media. Foto-apahabar.com/Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Makin melonjaknya kasus Covid-19, Pemprov Kaltim
mengambil sejumlah kebijakan. Salah satunya dengan menyiapkan penerapan lockdown weekend, alias penghentian segala kegiatan masyarakat pada hari Sabtu dan Minggu.

Hal ini dibeberkan Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi saat press rilis di halaman Pemkot pada Kamis (4/2/2021).

Ia mengatakan telah melakukan rapat koordinasi dengan Gubernur Kaltim Isran Noor, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto terkait kebijakan penanganan Covid-19 di Kaltim.

Dari sejumlah kebijakan disepakati bersama untuk melakukan penghentian aktivitas masyarakat pada hari Sabtu-Minggu (weekend).

“Saya ingin sampaikan kepada masyarakat karena kita habis mengikuti (rapat) tadi Gubernur pimpin langsung bersama Wakil Gubernur, Ketua DPR Kaltim, Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim, yang hampir pasti sudah disepakati adalah pelaksanaan Lockdown Weekend. Bapak Panglima menyebutnya Kaltim Steril, Kapolda menyebutnya Kaltim Senyap, Gubernur menyebutnya Kaltim berdiam diri, nanti kita tunggu keputusannya. Tapi yang perlu diantisipasi masyarakat kemungkinan Sabtu Minggu ini akan dilakukan kegiatan penghentian seluruh kegiatan masyarakat kecuali hal tertentu,” papar Rizal.

Rencananya sore ini instruksi tersebut akan keluar dan akan disampaikan kepada masyarakat. Sehingga Pemkot Balikpapan meminta masyarakat agar tidak kaget dan segera bersiap diri.

“Mungkin sore ini sudah keluar instruksi Gubernur tentang pelaksanaan dirumah saja seperti yang dilaksanakan di beberapa daerah seperti di Jawa Tengah. Saya mohon diperhatikan untuk warga kota Balikpapan, bersiap-siap karena ada gerakan di rumah saja atau Kaltim Senyap atau Kaltim Steril pada Sabtu dan Minggu,” katanya.

Rizal meminta masyarakat mendukung kebijakan tersebut lantaran penularan Covid-19 di Kaltim sudah semakin mengkhawatirkan. Apalagi kota Balikpapan menjadi penyumbang kasus tertinggi dan menjadi urutan pertama dengan jumlah kasus sebanyak 41.924 per tanggal 3 Februari 2021.

“Saya mohon ini betul-betul didukung karena tadi Pak Gubernur menyampaikan keadaan Kaltim sangat darurat terutama kota Balikpapan yang menyumbang angka kasus terbesar. Saya kira ini yang perlu diperhatikan oleh masyarakat kalau nanti Sabtu Minggu ada gerakan tadi,” tuturnya.

Bahkan kegiatan yang sebelumnya sudah dilonggarkan kini diperketat kembali. Termasuk kegiatan yang sudah terlanjur mendapatkan izin, rencananya akan dilakukan pengetatan lagi.

“Saya mohon segera dipersiapkan antisipasi, karena pasti banyak hal yang mau tidak mau harus di setop. Misalnya ada kegiatan yang sudah diizinkan atau yang sudah dilonggarkan akan dilakukan lagi pengetatan Sabtu-Minggu. Ini situasinya harus betul-betul mendapatkan perhatian serius dari kita semua terutama masyarakat,” terangnya.

Ditanya sanksi apa yang diterapkan apabila masyarakat melakukan pelanggaran, Rizal mengatakan aparat TNI-Polri dan Satpol PP sudah dipersiapkan untuk melakukan penindakan di lapangan.

“Saya sudah minta Satpol PP untuk inventarisir kegiatan apa saja yang dihentikan selama Sabtu-Minggu. Kalau ada yang melanggar, nanti TNI-Polri yang akan melakukan penindakan di lapangan,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Kaltim Lirik Potensi Limbah Sawit
apahabar.com

Kaltim

Tol Balsam Jalan Terus, Maloy Siap Diresmikan Jokowi
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Desak Proyek Pipanisasi Gas Diprioritaskan
Kaltim

Kaltim

Kasus Kematian Herman, Kapolda Kaltim Akhirnya Angkat Bicara
apahabar.com

Kaltim

19 Paslon Peserta Pilkada Kaltim 2020, Simak Daftarnya
apahabar.com

Kaltim

Jalan Rusak Bak Kubangan di Sepaku Penajam Segera Diperbaiki

Kaltim

Pemkot Balikpapan Kirim Bantuan Korban Banjir Kalsel, Tiga Wilayah Jadi Target
sungai mahakam

Kaltim

Pemancing yang Melompat di Sungai Mahakam Ditemukan Meninggal Dunia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com