Program Ramadan YN’S Center Berlanjut, Panitia Undang Peserta Tadarus dari Kabupaten Banjar Kabar Duka, Politisi Senior PKB Kalteng HM Asera Tutup Usia Keren! Al-Mazaya Islamic School Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi Covid-19 POPULER SEPEKAN: Polisi Tewas Tenggelam di Sungai Martapura, hingga 2 Kasus Kriminalitas di Hulu Sungai Wakil Ketua DPRD HST Kecelakaan di Angkinang, Mobil Ringsek Parah!

Diduga Korupsi, Mantan Ketua dan Bendahara KONI Tabalong Ditahan

- Apahabar.com Kamis, 25 Februari 2021 - 17:22 WIB

Diduga Korupsi, Mantan Ketua dan Bendahara KONI Tabalong Ditahan

Mantan Ketua Koni Tabalong, HA (baju putih) saat masuk ke area ruang tahanan di Rutan Tanjung. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin

apahabar.com, TANJUNG – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tabalong didampingi jaksa Kejati Kalsel, Harwanto dan Adi Rifani menerima pelimpahan tersangka berikut berkas perkara Tahap II dari Tipikor Polda Kalsel, Kamis (25/2).

Dua tersangka korupsi dana hibah KONI Tabalong dari APBD Kabupaten Tabalong tahun anggaran 2017 berinisial HA merupakan Ketua KONI saat itu dan IR sebagai bendaharanya.

Keduanya diduga melakukan korupsi dalam kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalsel tahun 2017 di Tabalong. Sebab dana Rp10 miliar lebih tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Kepala Kejari Tabalong, Syamsidar Monoarfa melalui Kasi Pidana Khusus Jhonson Evendi Tambunan didampingi Kasi Intel Hendriansyah mengatakan, keduanya diduga melakukan kegiatan fiktif dan markup anggaran dana hibah KONI tahun 2017.

Berdasarkan perhitungan BPKP dari anggaran Rp10,1 miliar yang tak bisa dipertanggungjawabkan.

“Anggaran yang tidak bisa dipertanggungjawabkan ini menimbulkan kerugian negara sebesar Rp2,7 miliar. Ini yang akan kami buktikan dipersidangan nanti, ” jelasnya.

Ujar Jhonson lagi, setelah dilakukan pemeriksaan berkas dari penyidik dinyatakan lengkap, sehingga kedua tersangka ditahan. Kedua ditahan selama 20 hari ke depan.

“Setelah dilakukan pengecekan kesehatan termasuk rapid antigen dan dinyatakan sehat, keduanya kami tahan dititipkan di Rutan Kelas IIB Tanjung, ” ungkap Jhonson.

Dalam proses Tahap II hingga penahanan, kedua tersangka dana hibah KONI Tabalong didampingi pengacara masing-masing. Untuk pengacara tersangka, IW, Edwar Helmi dan kawan-kawan.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Operasi Zebra di Tanbu: Polisi Tilang dan Sita Ratusan Kendaraan
Kasdim

Kalsel

Covid-19 Kotabaru Capai 804 Kasus, Kasdim: Warga Harus Makin Disiplin Prokes
apahabar.com

Kalsel

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kalsel Dilantik
Sambangi PMI, KNPI Banjarmasin: Corona Tak Menular Melalui Darah

Kalsel

Sambangi PMI, KNPI Banjarmasin: Corona Tak Menular Melalui Darah
apahabar.com

Kalsel

Tujuh Pendonor Kalsel Diberi Cincin Emas, Simak Manfaatnya bagi Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Sosok HL, Pembunuh Sadis di Kelumpang Kotabaru Tombak Tetangga Sendiri hingga Tewas
apahabar.com

Kalsel

Pertimbangan GTPP Covid-19 Izinkan Bioskop XXI Banjarmasin Beroperasi
apahabar.com

Kalsel

Dipandang Sosok Menginspirasi, Organisasi dan Komunitas Pemuda di Banjarmasin Dukung Duet Hj Ananda-Mushaffa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com