POPULER KALSEL SEPEKAN: Panasnya Sidang MK, Penangkapan Pedofil Tapin, hingga Kisruh Elpiji Langka Update Covid-19 Kotabaru: Positif 4, Sembuh 11 Orang Pelambuan Membara, Belasan Rumah Terbakar Dini Hari Kebakaran Pelambuan, BPBD Banjarmasin Taksir Kerugian Rp1,2 Miliar Kandang Ternak di Kintap Tala Terbakar, Ribuan Ekor Ayam Terpanggang

Diprediksi Jadi Ikon Banjarbaru, Pasar Bauntung Akan Terapkan Transaksi Elektronik

- Apahabar.com Selasa, 16 Februari 2021 - 14:56 WIB

Diprediksi Jadi Ikon Banjarbaru, Pasar Bauntung Akan Terapkan Transaksi Elektronik

Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan saat melakukan soft opening Pasar Bauntung baru. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Pasar Bauntung Banjarbaru diprediksi akan menjadi ikon baru Kota Idaman. Pasar ini memiliki konsep yang terinfluence dari pasar modern BSD City Tangerang.

“Alhamdulillah, hari ini kita soft opening Pasar Bauntung di tempat yang representatif dan sangat layak. Ini perpindahan dari tempat lama ke tempat baru yang lebih baik.
Pasar ini juga bisa menjadi destinasi, menjadi ikon baru,” ujar Wali Kota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan, Selasa (16/2/2021).

Setelah soft opening digelar, Pasar Bauntung sudah diisi ratusan pedagang yang difasilitasi secara gratis oleh pemerintah.

“Kami tegaskan di sini tidak ada uang tebus. Jadi gratis. Statusnya penyewa fasilitas ini untuk pedagang yang dulunya berjualan di Pasar Bauntung yang lama. Yang ada biaya retribusi. Ini pun sudah di perdakan. Ada yang Rp3 ribu sehari,” katanya.

Agar tidak memberatkan pedagang, Pemkot Banjarbaru telah mengusulkan agar pembayaran retribusi dilakukan per hari.

“Kami juga kemarin mengusulkan jika bisa bayar harian, biar tidak terasa. Kita ini sambil jalan. Kami harapkan ini jadi warisan yang berpuluh-puluh tahun akan datang ini menjadi tempat pembentukan karakter masyarakat jadi belajar bersih kita di pasar ini kita buang image pasar itu kotor,” terangnya.

Karena mengusung konsep modern, rencananya transaksinya akan dilakukan secara elektronik.

“Di sana (BSD) bahkan pedagang sayur itu berjualan pakai gesek EDC. Itu juga bagian dari kita untuk menerapkan belanja non tunai. Biaya secara elektronik, karena belanja secara elektronik jumlahnya tepat. Di sini juga ada kegiatan tawar-menawar. Jadi tidak ada ada penetapan harga secara sepihak,” lanjutnya.

Dia meminta masyarakat melihat perpindahan pasar ini sebagai momentum untuk melakukan perubahan perilaku.

“Di tempat yang baru harus disiplin menjaga kebersihan keamanan ketertiban dan kenyamanan. Pasar ini diresmikan pada saat kita sedang gencar-gencarnya menyosialisasikan protokol kesehatan. Jadi kami minta kepada para pedagang untuk melaksanakan protokol kesehatan. Istilahnya di sini adaptasi kebiasaan baru,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah menambahkan dari 1072 pedagang yang direncanakan pindah, saat ini sudah terdaftar 238 pedagang di Pasar Bauntung baru.

“Jadi semua pedagang di tempat lama akan dipindahkan ke tempat baru. Hari ini ada 238. Insyaallah 1072 akan selesai,” jelas Said.

Selain itu, banyak pedagang yang peruntukannya tidak sesuai. Misalnya, ada yang mendaftar sebagai pedagang ikan, tapi realitanya malah berjualan baju.

“Tapi ini masalah yang insyaAllah akan kami selesaikan secepatnya. Ini ketat aturannya. Kalau melanggar ya kita tarik,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

27 Ribu KK di Banjarbaru Terima Bansos, Berikut Rinciannya
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Kampanye Food Loss and Waste, Ini Pesan Ririn Nadjmi untuk Ibu Rumah Tangga
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Berusia Satu Abad, TK Aisyiyah Bustanul Athfal Dukung Generasi Emas 2045
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Wawali Safari Jumat di Masjid Raudhatul Jannah 
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Bangun Ekonomi Kerakyatan, Pemkot Banjarbaru Gelontorkan Ratusan Milyar
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Bosan di Rumah? Ayo Kunjungi Miniatur Hutan Hujan Tropis di Banjarbaru
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

RSDI Banjarbaru Akan Jadi Rumah Sakit Rujukan Penanganan Covid-19
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

KEIN Kembangkan Ekonomi Industri di Banjarbaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com