Kepergok Mesum, Dua Sejoli di Tapin Langsung Dinikahkan di Depan Warga Habib Banua Sedih Jokowi Legalkan Produksi Miras, Sentil Para Pembisik Presiden Kronologis Penangkapan Penusuk Wildan, Mahasiswa Tanbu yang Tewas Dikeroyok BRAVO! Para Penusuk Wildan Mahasiswa ULM asal Tanbu Diringkus Polisi Transkrip PPK Banjar Terima Rp10 Juta Beredar, Bawaslu Turun Tangan

Dugaan APBD Tanbu 2021 Diubah, Ketua LSM PETA: Layak Diusut

- Apahabar.com Jumat, 19 Februari 2021 - 15:07 WIB

Dugaan APBD Tanbu 2021 Diubah, Ketua LSM PETA: Layak Diusut

Ilustrasi APBD. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Kisruh dugaan diubahnya data APBD Tanah Bumbu 2021 yang santer diberitakan sejumlah media juga menjadi perhatian berbagai kalangan.

Salah satunya aktivis sekaligus advokat di Tanah Bumbu, Agus Rismalian Noor.

Terkait hal tersebut, Agus menyayangkan bilamana dugaan berubahnya data APBD itu benar terbukti diubah tanpa sepengetahuan dewan.

Menurut Permendagri Nomor 21 Tahun 2011, APBD adalah rencana keuangan tahunan pemerintah daerah yang dibahas dan disetujui bersama oleh Pemkab dan DPRD serta ditetapkan dengan peraturan daerah.

“Bila DPRD tidak tahu data APBD berubah, sedangkan pembahasan dan persetujuan harus diketahui DPRD, maka jelas ada proses tindakan mengkhianati rakyat dalam hal ini dan harus diusut tuntas, apalagi APBD adalah instrument kebijakan yang utama dalam menentukan besar pendapatan dan pengeluaran,” urai Agus, Jumat (19/2).

Agus yang juga merupakan Ketua LSM PETA (Pembela Tanah Air) Kalsel ini juga menyampaikan ada unsur pidana yang masuk bila berubahnya data APBD Tanah Bumbu itu terbukti.

“Merubah data APBD yang sudah diparipurnakan tanpa sepengetahuan DPRD itu bisa masuk ke ranah pidana, karena dengan tindakan tersebut ada pihak dirugikan,” ujar Agus.

Lebih jauh advokat muda itu juga menyampaikan dalam perkara dugaan berubahnya data APBD yang sudah diparipurnakan tanpa sepengetahuan DPRD Tanah Bumbu kuat diduga ada peran beberapa pihak, serta sudah layak dan patut bagi institusi yang berwenang untuk menelisik perkara itu.

“Saya meyakini ada peran sejumlah pihak yang menyebabkan dugaan berubahnya APBD Tanah Bumbu itu. Dan sangat layak dan patut instansi berwenang untuk mengusut perkara ini,” tandasnya.

 

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

Update Sebaran Covid-19 Tanbu, Pasien Sembuh dan Positif Bertambah
Kembang api

Kalsel

Pesta Kembang Api Malam Tahun Baru di Tanbu, Siap-Siap Disanksi
apahabar.com

Tanah Bumbu

Update Covid-19 Tanbu: 2 Orang Asal Simpang Empat dan Sungai Loban Sembuh
Covid-19

Kalsel

Update Covid-19 Tanbu: Tambah 2 Pasien Sembuh, Positif 12 Orang
apahabar.com

Tanah Bumbu

Buku Perdananya Dibedah di Kantor Dispersip Tanbu, Nayla AR Sempat Dikira Wanita Cantik
covid-19 tanbu

Tanah Bumbu

Bertambah 19 Orang, Covid-19 di Tanbu Tembus 1.717 Kasus

Tanah Bumbu

BAZNAS Tanah Bumbu dan Yayasan ABI Gelar Khitan Massal Gratis
apahabar.com

Tanah Bumbu

Banjir di Satui Stagnan, Camat Ungkapkan Kondisi Terkini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com