Mardani H Maming: Hipmi Optimis Pemimpin Muda Kalsel Mampu Bangkitkan Ekonomi Daerah Ketua DPRD Banjar: 100 Hari Program Bupati Harus Penangan Pascabanjir DPP Demokrat Pecat Marzuki Alie dan 6 Kader, Simak Alasannya Duh, Positif Covid-19 Kapuas Bertambah Lagi 50 Kasus Tiga Gus Pimpin Jatim, Bak Angin Segar Bagi Kinerja ASN

Duh, Puluhan Napi Korupsi di Lapas Sukamiskin Positif Covid-19

- Apahabar.com Senin, 8 Februari 2021 - 12:47 WIB

Duh, Puluhan Napi Korupsi di Lapas Sukamiskin Positif Covid-19

Kepala Lapas Sukamiskin, Asep Sutandar. Foto-Antara/Bagus Ahmad Rizaldi

apahabar.com, BANDUNG – Kepala Lapas Sukamiskin, Asep Sutandar membenarkan ada 51 narapidana kasus korupsi yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal itu menurut Sutandar diketahui berdasarkan tes usap yang dilakukan pada pekan lalu.

“Totalnya 51 untuk warga binaan [positif Covid-19], dan tiga untuk petugas, seluruhnya tipikor [tindak pidana korupsi],” kata Asep di Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat, seperti dilansir Antara, Senin (8/2).

Menurut Asep, mereka telah dilakukan isolasi mandiri di sel tahanannya masing-masing. Karena, kata Asep, satu sel untuk 1 tahanan bagi terpidana korupsi.

“Untuk itu kami tetap memperlakukan mereka [para narapidana] untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik di dalam,” katanya.

Menurut dia, adanya puluhan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Lapas Sukamiskin itu bukan karena adanya penularan dari narapidana yang baru dimasukkan.

Karena, kata dia, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk eksekusi narapidana ke Lapas Sukamiskin di masa pandemi Covid-19, mulai dari menunjukkan hasil tes usap dan perlu dilakukan isolasi mandiri terlebih dahulu selama 14 hari.

Namun, ia sendiri belum bisa memastikan penularan Covid-19 di tahanan koruptor itu berasal dari mana. Karena, menurutnya, pelacakan tidak mudah untuk dilakukan.

“Kami tidak bisa menyampaikan dari mananya, harus tracing akurat,” kata Asep.

Selain itu, ia pun memastikan para narapidana yang terkonfirmasi Covid-19 itu tidak keluar dari Lapas Sukamiskin. Sebagian besar narapidana yang positif itu pun, menurutnya, tidak merasakan gejala apapun.

“Tapi kami juga melakukan pelayanan kepada yang diisolasi, kami dengan satgas di sini memberikan obat-obatan dan makanan,” kata dia.

Sebelumnya pada Kamis (4/1), Lapas Sukamiskin bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Jawa Barat menggelar tes usap Covid-19 kepada ratusan narapidana.

Pelaksanaan tes usap itu merupakan tindak lanjut dari adanya enam narapidana yang terlebih dahulu dinyatakan positif Covid-19.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Hari Raya Idul Fitri 1440 H Jatuh 5 Juni 2019
apahabar.com

Nasional

Berkah Haul Guru Sekumpul, Pertalite pun Digratiskan
apahabar.com

Nasional

Semua Pasien Covid-19 di Kamboja Berhasil Sembuh

Nasional

Jokowi Minta Soal Vaksin Covid-19 Jangan Tergesa-gesa
apahabar.com

Nasional

Pilkada Serentak 2020, ASN Diperingatkan Tak Terima Suap
Reshuffle 6 Menteri

Nasional

Sah! Presiden Jokowi Reshuffle 6 Menteri di Kabinet Indonesia Maju
apahabar.com

Nasional

Kontak Senjata dengan Polisi, Pimpinan Kelompok Kriminal Ini Tewas
Ustaz Maher

Nasional

Cuitan Kematian Ustaz Maher, Perlukah Novel Diperiksa? IPW Bilang Begini…
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com