Hoaks D’Paragon Banjarmasin Tak Ber-IMB, Manajemen Siapkan Langkah Hukum Agya Vs Scoopy di Stagen Kotabaru, Gadis 17 Tahun Patah Kaki Hari Ini, 22 Warga Kotabaru Positif Covid-19 Polisi Ungkap Kronologis Kecelakaan Maut di Cempaka yang Tewaskan 1 Pengendara Ratusan Gram Sabu Gagal Edar di Kukar, Polda Kaltim Ringkus 1 Pelaku

Gubernur Sahbirin Dianugerahi Pena Emas dari PWI Pusat

- Apahabar.com Selasa, 9 Februari 2021 - 17:22 WIB

Gubernur Sahbirin Dianugerahi Pena Emas dari PWI Pusat

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dianugerahi Pena Emas PWI. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Pada Selasa 9 Februari 2021 di Jakarta, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mendapatkan anugerah Pena Emas beserta plakat dari Ketua PWI Pusat Atal S Depari.

Pemberian penghargaan itu bertepatan dengan puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang dihadiri secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo.

Raihan penghargaan Pena Emas membuktikan kemampuan kepala daerah yang akrab disapa Paman Birin membangun sinergitas dengan insan pers, khususnya di Kalsel. Ini bukan kali pertama Paman Birin dapat penghargaan pers, karena pada 2019 silam menerima Golden Award dari SIWO PWI Pusat.

Paman Birin dinilai berperan besar di balik kesuksesan Kalsel menggelar even nasional HPN 2020 silam. “Saya salut dengan perhatian Paman Birin terhadap dunia pers, beliau adalah penyelamat even nasional HPN,” kata Ketua PWI Pusat Atal S Depari, saat di Gedung PWI Kalsel di Banjarmasin tahun lalu.

Dikatakan, salah satu peran Gubernur Kalsel adalah kesediaan menggelar HPN 2020.

Padahal HPN 2020 sebelumnya akan digelar di Sumatera Utara, namun dilatari beberapa pertimbangan kondisi yang tidak memungkinkan membuat Sumatera Utara mengundurkan diri sebagai tempat penyelenggaraan HPN 2020.

Langkah yang diambil PWI Pusat mengkomunikasikan ke Kalsel dengan berbagai pertimbangan khusus.

Bersama PWI Kalsel, Pemprov Kalsel dan koordinasi yang baik dengan Gubernur Kalsel, akhirnya HPN 2020 dihelat di Kalsel meski dengan waktu persiapan yang begitu singkat.

Perhelatan puncak HPN 2020 di Kalsel dinilai sukses. Ini dapat dilihat dari apresiasi yang diberikan presiden RI Jokowi, dan tingkat kehadiran banyak menteri hingga duta besar.

Kesuksesan HPN 2020 tentunya berdampak pada perekonomian Kalsel secara tak langsung.

Sebagai gubernur Kalsel selama lima tahun, Paman Birin juga menjalin hubungan harmonis dengan kalangan media dan memberikan informasi pembangunan secara terbuka.

Paman Birin secara aklamasi diputuskan menerima Anugerah Pena Mas oleh Forum PWI Pusat, Kamis (4/1) sore secara daring dari Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Para tokoh pers nasional antara lain terdiri dari 8 anggota Dewan Kehormatan PWI, dipimpin Ketua PWI Atal S Depari Atal Depari juga mengumumkan Paman Birin mendapatkan Anugerah Pena Emas dengan nilai yang sangat memuaskan.

Penilaian dilakukan setelah Dewan Kehormatan PWI mendengarkan orasi Paman Birin berjudul Sinergi Pemerintah dan Pers secara daring.

Dalam paparannya, Paman Birin mengungkapkan upaya membangun sinergi dengan pers dalam rangka mendukung pembangunan di Kalsel.

Bagi Paman Birin, keberadaan pers sebagai mitra strategi dan solusi bagi upaya pemerintah daerah mewujudkan visi misi pembangunan.

Peran pers sebagai fungsi kontrol dalam kehidupan bernegara dan penyambung komunikasi rakyat dan pemerintah.

“Dalam hal pembangunan, kehadiran pers begitu penting dalam menyebarluaskan program-program pemerintah kepada masyarakat.

Sementara terkait kontrol sosial, pers adalah penyambung lidah masyarakat, untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah. Baik berupa saran maupun kritik,” paparnya.

Atas anugerah Pena Emas, Paman Birin mendedikasikan kepada masyarakat dan dunia pers Kalsel.

Ia juga bangga karena sebelumnya beberapa tokoh Kalsel juga menerima Pena Emas. “Jadi ini luar biasa sekali ya, Kalsel memiliki tokoh-tokoh yang berperan besar dalam kemajuan pers baik di daerah maupun nasional,” kata Paman Birin.

Anugerah Pena Emas juga bukti bahwa terjalin sinergitas yang baik pemerintah provinsi Kalsel dengan pers atau media.

“Hari ini kita buktikan bahwa sinergi pemerintah daerah dan media sudah terjalin dengan baik, dimana pers menyampaikan informasi akurat dan bersifat membangun dan memberikan pemahaman yang benar kepada publik,” katanya.

Mudah-Mudahan dengan adanya sinergi yang baik dengan pers ini dapat memberikan dampak yang baik bagi pembangunan di banua selanjutnya.

“Kita ucapkan terima kasih kepada para tokoh pers nasional, PWI Pusat, PWI Kalsel, seluruh pekerja media,” pungkasnya. (Adv)

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

SMKN 2

Kalsel

SMKN 2 Simpang Empat Tanbu Rapid Test Antigen Siswa Program ADEM Repatriasi
apahabar.com

Kalsel

Penyalahgunaan Narkoba di Banjarbaru Meningkat, Berikut Datanya
apahabar.com

Kalsel

Mahasiswa China asal Kalsel di Banjarbaru Negatif Corona
penghambur duit

Kalsel

Siapa Sosok Viral Penghambur Duit di Depan Langgar Mandingin HST, Ini Penjelasan Pemilik Video
Money Politics

Kalsel

Antisipasi Money Politics, Bawaslu Pantau Masa Tenang Pilgub Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Kampanye Gerakan Massa Dibatasi, Kapolres Banjarbaru: Jika Melanggar Ditindak
apahabar.com

Kalsel

PDI Perjuangan Tanah Laut Serahkan APD untuk Tenaga Medis
apahabar.com

Kalsel

Pemkab Tapin Gelar Salat Istisqa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com