Kapolres Angkat Bicara, Kapolsek Bungkam Soal Penembakan Maut Martapura Dugaan Skimming Bank Kalsel, Bank Sentral Angkat Bicara Pemerintah Canangkan Subtitusi Komoditas Impor Beralih ke Produk Dalam Negeri Kementerian Investasi Kantongi 700 Pengaduan Keberatan IUP yang Dicabut   Jawa Barat dan Sumatera Selatan Kurangi Impor Melalui Barter Komoditas UMKM
agustus

Himpuh Berharap Pelaksanaan Ibadah Haji 2021 Terselenggara

- Apahabar.com     Minggu, 21 Februari 2021 - 07:40 WITA

Himpuh Berharap Pelaksanaan Ibadah Haji 2021 Terselenggara

Himpuh berharap pelaksanaan ibadah haji 2021 terselenggara (Ilustrasi). Foto-Istimewa

apahabar.com, BANDUNG – Mengingat vaksinasi Covid-19 telah dilakukan di seluruh dunia, Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus (Himpuh) berharap penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 diselenggarakan.

Berdasarkan informasi awal yang diterima, skema penyelenggaraan haji akan diatur sebanyak 50 persen, 30 persen atau terbatas.

“Harapan kami ke depan haji tetap ada dan meminta dukungan kepada pemerintah Indonesia untuk bisa mendapatkan kepastian yang lebih rinci supaya kami bisa mempersiapkan,” ujar Ketua Umum Himpuh, Budi Darmawan saat berada di acara Himpuh Sapa Anggota di Kantor PT Dago Wisata Internasional, Sabtu (20/2).

Mengutip Irham.id, Minggu (21/2),  calon jemaah haji tahun 2021 akan diberangkatkan antara 30 hingga 50 persen dari total kuota haji yang ada. Namun, Himpuh masih menanti keputusan akhir terkait penyelenggaraan haji.

Terlebih saat ini, Pemerintah Arab Saudi kembali menutup keberangkatan ibadah umrah pada 3 Februari lalu akibat kondisi pandemi Covid-19 yang mengalami peningkatan. Ia berharap kondisi tersebut tidak akan mempengaruhi terhadap penyelenggaraan haji ke depan.

“Hal-hal tersebut ada haji ke depan semua tergantung pemerintah menanggulangi penyebaran Covid-19,” katanya.

Jumlah kuota haji khusus kurang lebih sebanyak 17 ribu lebih dari total kuota yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia.

Budi mengatakan, penutupan ibadah umrah terjadi karena penularan Covid-19 yang meningkat. Oleh karena itu, ia berharap calon jemaah umrah dan masyarakat pada umumnya untuk menerapkan protokol kesehatan agar tidak terpapar Covid-19.

“Mudah-mudahan pemerintah Saudi bisa membuka dan informasi awal Maret mudah-mudahan dapat dilakukan,” katanya.

Sekretaris Jenderal Himpuh, Muhammad Firman Taufik mengatakan penyelenggaraan haji tahun 2021 diperkirakan akan memakai tiga skema yaitu calon jemaah haji yang berangkat sebesar 50 persen, 30 persen atau terbatas. Namun, pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut.

“Kemungkinan tahun ini ada tiga skema, berangkat 50 persen kuota, 30 persen kuota dan tahun lalu dilaksanakan terbatas apakah pada penyelenggaraan terbatas Indonesia dikasih jatah atau tidak, bisa iya bisa tidak. Menunggu informasi lebih lanjut dari Arab Saudi,” katanya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Demokrat Banjarmasin Sayangkan Langkah Calegnya Menggugat ke MK
Bulog

Tak Berkategori

Bulog Barabai Salurkan 175 Ton Beras untuk KPM di HST
apahabar.com

Tak Berkategori

Lebih Afdal Zakat Fitrah dengan Beras atau Uang? Simak Penjelasan MUI Kalsel
Uang Kript

Tak Berkategori

Dalam 11 Bulan Pertama, Uang Kripto Catat Rekor Arus Masuk
apahabar.com

Tak Berkategori

Hingga Selasa, 71 Pasien Covid-19 Dirawat di RS Darurat Wisma Atlet
apahabar.com

Tak Berkategori

Pasca Pencoblosan, Banua Kondusif
apahabar.com

Tak Berkategori

Etnomusikolog Asal California Terpukau dengan Keindahan Pegunungan Meratus
Penyaluran Air Bersih

Tak Berkategori

Siap-Siap! Besok Penyaluran Air Bersih Dihentikan, Simak Wilayah Terdampak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com