Puluhan Pangkalan Elpiji di Kalsel-Teng Diputus Pertamina! Simak Alasannya Ketika Presiden Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing Hoaks D’Paragon Banjarmasin Tak Ber-IMB, Manajemen Siapkan Langkah Hukum Agya Vs Scoopy di Stagen Kotabaru, Gadis 17 Tahun Patah Kaki Hari Ini, 22 Warga Kotabaru Positif Covid-19

Hujan Es Hebohkan Warga Minahasa Sulut, BMKG Beberkan Alasannya

- Apahabar.com Minggu, 14 Februari 2021 - 22:51 WIB

Hujan Es Hebohkan Warga Minahasa Sulut, BMKG Beberkan Alasannya

Hujan es terjadi di Minahasa, Sulawesi Utara. Foto-Istimewa

apahabar.com, MANADO – Hujan es terjadi di Minahasa, Sulawesi Utara, Minggu (14/02) siang. Hujan yang tak biasa itu sempat menghebohkan warga Desa Touliang, Kecamatan Kakas.

Mengutip Detik, Fenomena hujan es itu direkam dan diunggah oleh akun Facebook milik Yanny-Janny Rawung. Dia menuliskan fenomena itu terjadi pukul 14.00 WIB siang tadi.

“Fenomena alam, hujan es di Touliang Kakas. Jam 14.00, sebelum ibadah PKB Jemaat GMIM Karunia Touliang,” tulis Yanny di akun Facebook-nya, Minggu (14/02).

Dihubungi terpisah, Koordinator Operasional Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Arther Molle mengatakan hujan es itu terjadi karena cuaca ekstrim. Awan Cumulonimbus yang terjadi dapat membentuk butiran-butiran es.

“Untuk cuaca ekstrim tersebut dapat menyebabkan terjadi hujan es yang diakibatkan oleh kondisi atmosfer yang jenuh dan awan Cumulonimbus yang telah mencapai inti kondensasi membentuk butiran-butiran es (kristal es) dalam awan,” kata Ben, Minggu (14/02).

Ben mengatakan, butiran-butiran es itu jatuh dan tidak bisa dihalangi oleh atmosfer. Butiran es jatuh ke permukaan bumi dengan ukuran yang bervariasi.

“Menurut pantauan kami, untuk wilayah Kakas memang terbentuk Awan Cumulonimbus yang sangat signifikan dengan suhu puncak awan yang sangat dingin,” ujarnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Nasional

Syekh Ali Jaber Diserang Orang Tak Dikenal Saat Isi Kajian di Lampung, Pelaku Dibekuk
apahabar.com

Nasional

Trending Twitter Gilang dan Bungkus, Fetish Kain Jarik Berkedok Riset
apahabar.com

Nasional

Usai Pemilu, Investor Pilih “Wait and See”
apahabar.com

Nasional

Tiba di Jeddah, Presiden Jokowi Kenakan Ihram
apahabar.com

Nasional

Pelindo III Catat 47 Ribu Pemudik Lewat Tanjung Perak
apahabar.com

Nasional

Menaker: Subsidi Gaji di Bawah Rp 5 Juta Diluncurkan Besok
apahabar.com

Nasional

Menhub Kunjungi Korban KRL Anjlok
Utang RI

Nasional

Awal Tahun, Utang RI Tembus Rp 6.233 T
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com