Sabar Ya! Pemulihan Listrik Kalsel-Teng Imbas Pemadaman Dilakukan Bertahap IWD 2021: Mahasiswi Kalsel Jadi Objek Kekerasan Seksual Berbasis Siber Listrik di Kalsel-Teng Mendadak Padam, PLN Beber Biang Keroknya IWD 2021: Seruan Tolak Kekerasan Seksual di Banjarmasin Bergaung!  Innalillahi, Pejabat Senior Pemkab Kotabaru Tutup Usia

Jakarta Berpotensi Banjir dalam Beberapa Hari ke Depan

- Apahabar.com Minggu, 7 Februari 2021 - 19:03 WIB

Jakarta Berpotensi Banjir dalam Beberapa Hari ke Depan

Ilustrasi. Foto-pixabay

apahabar.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut terjadi penurunan tanah di 40 persen wilayah di DKI Jakarta. Kondisi tersebut membuat wailayah ibu kota berpotensi banjir dalam beberapa hari ke depan.

“Genangan juga mudah terjadi di Jakarta, karena 40 persen wilayahnya memang sudah lebih rendah karena fenomena penurunan tanah.

Terlebih banjir akan lebih meluas apabila terjadi rob pasang naik air laut, sebagaimana terjadi di Semarang,” tutur Kepala Sub Koordinator Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Siswanto secara tertulis, seperti dilansir CNN Indonesia, Minggu (7/2).

Ia menjelaskan potensi banjir didukung oleh kemungkinan terjadinya hujan ekstrem di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) atau di bagian hulu seperti di Puncak, Bogor.

Jika kondisi itu terjadi dan air hujan membuat debit air meningkat melebihi kapasitas sungai, maka menurutnya banjir sangat mungkin menggenangi wilayah Jakarta.

Sementara kemungkinan banjir meluas akibat air laut yang sedang pasang berkaca pada banjir Semarang, yang berdasarkan pernyataan Siswanto, meluas karena pasang air laut mencapai 1,4 meter.

“Tapi yang menarik dari data historis adalah, untuk kasus Jabodetabek, hujan ekstrem justru berkurang peluangnya pada saat La Nina aktif,” lanjut dia.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengungkap Bendungan Katulampa, yang merupakan lokasi pemantauan aliran air dari Bogor ke DKI Jakarta, telah ditetapkan pada status Siaga III atau waspada.

Jakarta diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat dalam beberapa hari terakhir.

Mengutip informasi dari akun Twitter @BPBDJakarta, ketinggian permukaan air di sana mencapai 90 centimeter per pukul 14.15 WIB. Ini sudah surut dari pantauan pukul 06.00 WIB yang mencatat permukaan air hingga 130 centimeter.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Bukan Kisah Sinetron, ‘Jenazah yang Tertukar’ Bikin Heboh Tuban
apahabar.com

Nasional

Golkar Klaim Keunggulan Jokowi di Kalsel 60 Persen, Airlangga Hartarto: Sahbirin Dua Periode
apahabar.com

Nasional

Hari ini, Pasien Sembuh Covid-19 di Indonesia Bertambah
apahabar.com

Nasional

Sidang Musyawarah Majelis Syura di Bandung, Habib Aboe Bakar Jabat Sekjen DPP PKS
apahabar.com

Nasional

Sosok PA Putri Parawisata Asal Kaltim yang Terjerat Prostitusi Online
apahabar.com

Nasional

Ibu Kota Pindah, Sastrawan: Kalimantan Jangan Seperti Amerika
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi: ASEAN Harus Tumbuh Jadi Kekuatan Besar Ekonomi Digital
apahabar.com

Nasional

Tertimpa Longsoran Tanah, Pendaki Gunung Sumbing Tewas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com