Hasil MotoGP Portugal: Fabio Quartararo Sempurna, Marc Marquez Finis Ketujuh Bawaslu Perintahkan Copot Spanduk Denny-Difri di Martapura, Raziv: Error in Subject Duh, Pembayar Pajak Terbesar Kedua di Kalsel Curhat Jalan Rusak! Cari Lansia Diduga Tenggelam, Relawan Gabungan Tapin Dirikan Posko Usai Beri Makan Kucing, Kai Tj Diduga Tenggelam di Sungai Tapin

Kabupaten Banjar Lanjutkan PPKM Mikro ke Tahap Dua

- Apahabar.com Kamis, 25 Februari 2021 - 12:00 WIB

Kabupaten Banjar Lanjutkan PPKM Mikro ke Tahap Dua

Pemkab Banjar bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah menggelar Rapat Pelaksanaan PPKM berbasis mikro tahap II, di Aula Baiman Bappedalitbang Martapura, Rabu (24/2). Foto-istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar kembali melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro tahap II di wilayah Kabupaten Banjar.

Sebelumnya, penerapan PPKM berbasis mikro dilaksanakan di Kecamatan Martapura, yakni di Kelurahan Sekumpul, Kelurahan Sungai Paring ,dan Desa Sungai Sipai, sejak 9 hingga 22 Februari 2021.

Adapun PPKM mikro tahap II ini dilaksanakan di Sungai Paring dan Sungai Sipai, Kecamatan Martapura.

Untuk itu, Pemkab Banjar menggelar rapat bersama Forkopimda, yang dipimpin Pelaksana Harian (Plh) Bupati Banjar, H Mokhamad Hilman, di Aula Baiman Bappedalitbang Martapura, Rabu (24/2).

Plh Bupati Banjar menjelaskan, PPKM mikro tahap II ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo dan Instruksi Mendagri nomor 4 tahun 2021 tentang PPKM berbasis mikro dan mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

“Prinsip PPKM Mikro ini sebenarnya adalah pembatasan, bukan pelarangan. Pembatasannya ini dibuat berskala, kemudian dengan berjalannya waktu penanganannya semakin berskala kecil dan semakin tersasar, dengan mempertimbangkan kriteria zonasi pengendalian wilayah hingga tingkat RT,” kata Hilman.

Hilman melanjutkan pelaksanaan PPKM mikro juga melarang kerumunan lebih dari tiga orang, membatasi keluar masuk wilayah RT maksimal hingga pukul 20.00 malam, serta meniadakan kegiatan sosial masyarakat di lingkungan RT yang menimbulkan kerumunan dan berpotensi menimbulkan penularan Covid-19.

“Dalam penerapannya, PPKM mikro juga membatasi kapasitas kegiatan kantor, rumah makan, dan tempat ibadah hingga 50 persen, serta menjalankan protokol kesehatan, kegiatan sekolah dilakukan secara online, wilayah desa atau kelurahan mendirikan posko yang terdiri dari beberapa unsur masyarakat,” paparnya.

Sementara itu Wakapolres Banjar, Kompol M Fihim menyampaikan secara teknis pembentukan posko di tingkat desa atau kelurahan dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa atau kelurahan.

“Seperti sarana dan sumberdaya manusia yang ada di desa tersebut seperti kepala desa, BPD, dan melibatkan puskesmas setempat,” katanya.

Mengenai teknis pembentukan posko PPKM mikro tahap II, dijelaskan Kasat Binmas Polres Banjar AKP Amelia Afifi bahwa role model yang digunakan adalah posko Sungai Paring dan Posko Sungai Sipai.

“Karena penyebaran Covid-19 yang masih tinggi di dua daerah tersebut. Adapun penyiapan sarana dan prasarana posko dapat memanfaatkan potensi yang ada di desa atau kelurahan tersebut dan harus melibatkan peran aktif dari masyarakatnya,” pungkas Amelia Afifi.

Turut hadir, Plh Bupati Banjar HM Hilman, Dandim 1006 Martapura Letkol Inf Imam Muchtarom, Wakapolres Banjar Kompol M Fihim, Kepala Bappedalitbang Banjar Galuh Tantri Narindra, Kepala Dinas Kesehatan dr Diauddin dan instansi terkait lainnya.

Reporter: Hendra Lianor
Editor:

 

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kabupaten Banjar

Guest House Sultan Sulaiman Martapura Jadi Rumah Karantina Pasien Covid-19
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Sekda Banjar HM Hilman Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cum Laude
apahabar.com

Kabupaten Banjar

TMMD Selesai, Bupati Banjar Apresiasi Satgas Buka Jalan di Bi`ih
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Ajak Kerjasama, Dubes India Bertandang ke Martapura
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Selama Pandemi, Aplikasi LAPOR Banyak Terima Aduan Ini
Sabu

Kabupaten Banjar

Bawa Sabu, Polisi Tangkap Pria di Belakang Kantor DPRD Banjar

Kabupaten Banjar

Penangkapan Sabu 2,5 KG Bermula di Astambul, Kapolres Banjar Beber Kronologisnya
apahabar.com

Kabupaten Banjar

4 Program Prioritas Kabupaten Banjar 2021, Isu Ekonomi Mendominasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com