Pelambuan Membara, Belasan Rumah Terbakar Dini Hari Terciduk Warga, Begal Sapi Tanah Bumbu Lari Tunggang-langgang di Kotabaru Transkrip Rekaman Sengketa Pilgub Kalsel Beredar, Petinggi KPU Akui PPK Terima Duit Heboh Kades di Kelumpang Tersangka Pungli, Giliran Apdesi Kotabaru Buka Suara Mardani H Maming: Hipmi Optimis Pemimpin Muda Kalsel Mampu Bangkitkan Ekonomi Daerah

Kapal Meledak di Mahakam Samarinda, Begini Kronologinya

- Apahabar.com Jumat, 12 Februari 2021 - 00:40 WIB

Kapal Meledak di Mahakam Samarinda, Begini Kronologinya

Suasana pasca kapal yang meledak dan terbakar di Sungai Mahakam, Samarinda dipadamkan. Foto: Istimewa

apahabar.com, SAMARINDA – Warga Samarinda Kota mendadak dikejutkan dengan adanya suara ledakan dari Sungai Mahakam.

Ledakan tersebut diketahui berasal dari sebuah kapal di Galangan PT Barokah Perkasa, Kelurahan Pulau Atas, Kecamatan Sambutan, Samarinda, Kaltim, Kamis (11/2/2021) sekira pukul 14.50 Wita.

Dari informasi yang dihimpun apahabar.com, ledakan tersebut terjadi pada tangki depan dari kapal OB Gemilang Perkasa Energi (GPE).

Kronologinya, saat itu di dalam kapal terdapat 4 pekerja yang sedang melaksanakan pembuatan laporan bulanan inventaris kapal. Tak beberapa lama terdengar suara ledakan pertama yang membuat para pekerja itu panik.

“Saya langung menuju pintu keluar, lalu terdengar ledakan kedua dan saya langsung mencebur ke sungai bersama rekan lainnya untuk menyelamatkan diri,” kata Ilyas, salah seorang pekerja kapal.

Setelah itu terjadi ledakan disertai api. Api pun semakin membesar dan membakar kapal OB GPE itu. 4 pekerja yang di dalam kapal menceburkan diri ke sungai dan berhasil diselamatkan.

“Personel yang menceburkan diri ke sungai dua orang berhasil diselamatkan oleh Tug Boat Pesut Pendingin, dan dua lainnya sudah diketahui berada di luar kapal GPE. Jadi pukul 17.00 Wita empat personil itu diketahui keberadaannya dan selamat,” jelas Kasi Ops Basarnas Balikpapan, Octavianto.

Sementara itu, Ilyas menambahkan bahwa ia mengaku tidak mengetahui penyebab terjadinya ledakan yang membuat kapal terbakar.

Padahal, katanya, pagi hari sebelum kejadian dirinya memasang baut valve di mesin kapal dan kondisinya tidak terjadi masalah.

“Penyebabnya tidak diketahui, tetapi tadi pagi saya memasang baut valve mesin dan tidak terjadi masalah apapun,” tambah Ilyas.

Api baru bisa dipadamkan pada pukul 17.00 Wita oleh petugas pemadam kebakaran. Sementara itu dari kejadian ini terdapat kapal milik El Nusa Samudera 6 yang ikut terbakar.

Kapal Meledak

Suasana pasca kapal yang meledak dan terbakar di Sungai Mahakam, Samarinda dipadamkan. Foto: Istimewa

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Waspada Penyakit Pasca Banjir

Kaltim

Dua Pekan, 81 Pasien Covid-19 di Balikpapan Meninggal
apahabar.com

Kaltim

Tol Langit Diresmikan, Bupati: Masih Ada Blank Spot di Sepaku
Sangkulirang

Kaltim

Hilang di Sangkulirang, Mahasiswa Kedokteran Kaltim Ditemukan Meninggal Dunia
apahabar.com

Kaltim

KLHK Dorong Kaltim Miliki Laboratorium Lingkungan
sungai mahakam

Kaltim

Pemancing yang Melompat di Sungai Mahakam Ditemukan Meninggal Dunia
apahabar.com

Kaltim

Penajam Jadi Ibu Kota Negara, Pemkab Minta Terus Dilibatkan
apahabar.com

Kaltim

Di Kaltim, Jokowi Yakin Cerita Manis Terulang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com