Tolak KLB, Simak Sikap Demokrat Kalteng Almarhum Kombes Sapta Dikenal Sebagai Pribadi yang Sederhana Mantap! Polsek Tapin Utara Bekuk Kurir Sabu 9,14 Kg asal Kalbar Ratusan Anggota Polisi di Tabalong Jalani Vaksinasi Covid-19 Update Covid-19 Kotabaru: Positif 9, Sembuh 3

Kapuas Bersiap Jelang Vaksinasi Tahap 2 Bagi Pelayanan Publik

- Apahabar.com Rabu, 17 Februari 2021 - 23:29 WIB

Kapuas Bersiap Jelang Vaksinasi Tahap 2 Bagi Pelayanan Publik

Kajari Kabupaten Kapuas Arif Raharjo saat disuntik vaksin Covid-19. Foto-apahabar.com/Irfan

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalteng, saat ini tengah bersiap untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap dua.

Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Apendi mengatakan vaksinasi tahap dua diberikan kepada pelayanan publik.

“Pelayanan publik itu seperti guru, TNI, Polri, ASN, tokoh agama, pedagang dan lainnya,” katanya kepada apahabar.com usai kegiatan vaksinasi dosis ke dua bagi pejabat Kapuas, Rabu (17/2).

Jelang pelaksanaan vaksinasi tahap dua, pendataan terhadap para pelayan publik pun dilakukan Dinkes Kapuas bekerja sama dengan organisasi perangkat daerah.

“Data sasaran penerima vaksin kami kirimkan ke Pusdatin Kemenkes dimana untuk jumlah sasaran pelayan publik penerima vaksin nantinya akan ditetapkan oleh Kemenkes,” terang Apendi.

Lantas, kapan vaksinasi tahap dua dilaksanakan ?

“Pelaksanaan vaksinasi tahap dua ini nanti mengikuti petunjuk teknis dari Kemenkes dan disesuaikan dengan ketersediaan vaksin,” ujar Apendi.

Kepala Dinas Kesehatan Kapuas ini pun mengungkapkan bahwa pihaknya juga saat ini berupaya melakukan langkah-langkah penyesuaian sehubungan adanya surat edaran dari Dirjen P2P Kemenkes.

“Selain berupaya melakukan langkah-langkah penyesuaian, kami juga melakukan penghitungan secara cermat untuk stok vaksin yang ada,” tuturnya.

Adapun surat edaran Dirjen P2P Kemenkes tersebut terkait adanya perubahan/penambahan indikasi sasaran vaksinasi sesuai rekomendasi Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).

Perubahan tersebut di antaranya, lansia diatas 60 tahun dapat divaksin dengan jarak 28 hari, mengacu pada format skrining khusus lansia.

Kemudian hipertensi dapat divaksinasi kecuali tensi 180/100. Diabetes dapat divaksinasi sepanjang tidak ada komplikasi akut, penyintas kanker dapat diberikan vaksin.

“Penyintas Covid-19 juga dapat diberikan vaksin setelah 3 bulan dan termasuk ibu menyusui juga dapat diberikan vaksin,” pungkas Apendi.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

189 Rumah Terbakar di Palangka Raya
apahabar.com

Kalteng

Rekor, Barito Utara Sumbang Pasien Covid-19 Terbanyak di Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Fraksi Nasdem DPRD Kapuas Tolak RAPBD-P 2020
apahabar.com

Kalteng

Dinkes Kalteng: Pengelola RS Diberi Kesempatan Sanggah Penurunan Kelas
apahabar.com

Kalteng

Ratusan Warga Hadiri Baayun Maulid di Kapuas Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Sebelum Wafat, Pasien Corona di Kalteng Sempat Sembuh
Kurir Sabu

Kalteng

Diduga Jadi Kurir Sabu, Pria Paruh Baya di Kapuas Ditangkap Polisi
apahabar.com

Kalteng

Siswa Tak Mampu di Kapuas Terima Perlengkapan Sekolah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com