Kamar Pesantren di Lapas Kotabaru Dirazia, Petugas Temukan Barang Terlarang Polresta Banjarmasin Janji Usut Tuntas Kasus Kematian Wildan Skandal Pungli di Tegalrejo Kotabaru Sudah Berlangsung Lama! Duh, Usai Divaksin Covid-19 Sejumlah Wartawan Pingsan Dituding Gelembungkan Suara, Komisioner KPU Banjar Belum Berniat Polisikan Saksi

Kasus Pedofilia, Dewan Kalsel Acungi Jempol Kinerja Polres Tapin

- Apahabar.com Minggu, 21 Februari 2021 - 23:45 WIB

Kasus Pedofilia, Dewan Kalsel Acungi Jempol Kinerja Polres Tapin

Anggota Komisi IV DPRD Kalsel Wahyudi Rahman fraksi PDI Perjuangan. Foto-Istimewa

apahabar.com, RANTAU – DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) angkat bicara terkait dugaan kasus pedofilia di Kabupaten Tapin yang ramai jadi perbincangan warganet, Minggu (21/2/2021).

Anggota Komisi IV DPRD Kalsel, Wahyudi Rahman, mengaku bersyukur atas kinerja cepat dari aparat kepolisian untuk menulusuri kasus yang ramai di media sosial tersebut.

“Alhamdullilah, Polres Tapin bertindak cepat dalam menulusuri akun terduga pedofilia dengan menshare beberapa foto yang mengandung fornografi itu,” ujarnya.

Ia menjelaskan, regulasi yang merupakan turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perppu Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2OO2 tentang perlindungan anak tersebut, ditandatangani dan ditetapkan Jokowi pada 7 Desember 2020.

“Apalagi saat ini ada pasal Pasal 1 ayat 2 aturan ini menyebutkan, kebiri adalah pemberian zat kimia melalui penyuntikan atau metode lain kepada pelaku,” ujar Wahyudi kepada Apahabar.com, Minggu malam.

Namun demikian, katanya, kebiri hanya dapat diberikan kepada pelaku yang pernah dipidana karena melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa anak melakukan persetubuhan dengannya atau orang lain.

Ia menambahkan, bahwa nanti piahaknya akan mempertanyakan dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kalsel.

“Kebetulan mitra saya di komisi IV sejauh mana sudah dalam melaksanakan program pengawasan tentang perlindungan anak yang bersinergi di Dinas PPPA kabupaten/kota di Kalsel,” tutup politisi PDIP itu.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Seleksi PAG TA 2020, Polda Kalsel Gelar Pengambilan Sumpah Panitia dan Peserta
apahabar.com

Kalsel

Sampai Juli, BMKG Perkirakan Kalimantan Selatan Aman dari Karhutla
Covid-19 Kotabaru

Kalsel

Bertambah 26, Positif Covid-19 Kotabaru Jadi 1.285 Orang
SPBU

Kalsel

Kasus Mobilio Terbakar di SPBU Sungai Rangas Jalan di Tempat

Borneo

South Borneo Art Festival: Menikmati Seni Budaya sekaligus Keindahan Alam

Kalsel

Sidang Perdana Korupsi Pasar Ulin, Dua Terdakwa Bungkam
apahabar.com

Kalsel

Cegah Karhutla, Kapolsek Anjir Pasar Cek ‘Titik Api’
Longsor Tambang

Kalsel

Pencarian H+6, Satu Korban Longsor Tambang di Tanah Bumbu Masih Terjebak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com