RAKERNAS 2021 Dibuka Jokowi, Ketum Hipmi: Saatnya Jadi Bangsa Produktif Jokowi di Rakernas Hipmi 2021: Investasi-Hilirisasi Industri Jadi Kunci Pengamat: Hati-Hati Manuver Politik KLB Demokrat, RK! Duh, Jembatan Perhotelan Sepanjang Ahmad Yani Banjarmasin Dituding Langgar IMB Top! Jamu Gendong Ibu Nining asal Kintap Tembus Pasar Eropa

Kawal PPKM Skala Mikro, Polda Kaltim Siapkan 500 Personel

- Apahabar.com Kamis, 11 Februari 2021 - 13:50 WIB

Kawal PPKM Skala Mikro, Polda Kaltim Siapkan 500 Personel

Apel kesiapan personel bhabinkamtibmas untuk diperbantukan dalam penerapan PPKM skala Mikro di Kaltim khususnya di Balikpapan. Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Sebanyak 500 an lebih personel polisi siap mengawal kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro.

Ratusan personel tersebut terdiri dari Bhabinkamtibmas dan tenaga kesehatan dari Biddokes yang akan ditempatkan di masing-masing RT atau RW.

Ratusan personel tersebut menjalani apel kesiapan di lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN) di Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan, Kamis (11/2/2021).

Kapolda Kaltim, Irjen Pol Herry Rudolf Nahak mengatakan pihaknya telah menyiapkan personel tersebut dengan pembekalan tugas tambahan mendukung penanganan Covid-19 di tingkat RT.

Nantinya mereka akan bergabung juga di Satgas Covid-19 tingkat RT bersama Babinsa dan unsur lainnya.

“Hari ini kita melakukan apel kesiapan bagi vaksinator dari Polri dan Bhabinkamtibmas yang diperbantukan sebagai tracer. Ini dimaksud untuk mendukung tenaga vaksinator dari pemerintah yang sudah disiapkan Dinas Kesehatan, kemudian yang tracer disiapkan untuk program PPKM Mikro, itu menuju RT dan RW yang menjadi basis penguatan,” kata Herry kepada apahabar.com usai kegiatan.

Herry mengatakan para bhabinkamtibmas ini harus bisa membantu penanganan mulai dari tracing hingga sosialisasi dan penindakan.

“Kalau nanti di sana ditemukan ada yang positif maka satgas atau posko yang ada di RT RW itulah yang akan bertugas. Salah satu kekuatan di situ ada Bhabinkantibmas, ada Babinsa juga lalu bersama-sama melakukan tracing ke masyarakat. Tracer ini perlu supaya kita melokalisir penyebaran,” papar Herry.

Ada pun 500 personel ini menjalani training terlebih dahulu untuk memahami bagaimana situasi Covid-19 dan proses penanganan pasien sesuai prosedur yang baik dan benar.

“Kekuatan kita itu ada 500 lebih yang akan dikerahkan termasuk tenaga kesehatan dari Polri. Tentu mereka di training dulu, tapi sebetulnya mereka adalah tenaga kesehatan yang biasa melakukan penyuntikan. Tinggal mereka di training dulu tentang bagaimana vaksinasi Covid-19 ini dengan protokolnya,” ungkapnya.

Disaat yang bersamaan di Polres wilayah lainnya di Kaltim juga melaksanakan apel yang sama untuk kesiapan di daerahnya masing-masing.

Sejauh ini untuk kota Balikpapan disebut-sebut sudah siap melakukan penerapan PPKM skala Mikro.

“Yang di sini ini, itu cuma punya Balikpapan aja, yang lainnya juga bersamaan melakukan apel di Polresnya masing-masing,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Pagi Tadi, Korban Diterkam Buaya di Buluminung Ditemukan
apahabar.com

Kaltim

Bongkahan Hitam di Pantai Balikpapan Dipastikan Batu Bara
Santri Terpapar Covid-19

Kaltim

Puluhan Santri Terpapar Covid-19, 2 Rumah Tahfidz di Balikpapan Ditutup
Balikpapan

Kaltim

Kasus Covid-19 Meledak, Wali Kota Balikpapan Perintahkan Lockdown
apahabar.com

Kaltim

Gubernur: Pengusaha Perbaiki Jalan dan Rumah Longsor di Sanga – sanga
apahabar.com

Kaltim

Tambah 210 Kasus, Total Positif Covid-19 di Kaltim 11.047 Orang
apahabar.com

Kaltim

Alasan Petugas Medis Penajam Gunakan Jas Hujan Hadapi Covid-19
apahabar.com

Kaltim

Masuknya NAM Air Pacu Pertumbuhan Penumpang APT Pranoto
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com