Dituding Gelembungkan Suara, Komisioner KPU Banjar Belum Berniat Polisikan Saksi Polisi Buru Perempuan Pelaku Prostitusi Online via MiChat di Balikpapan Alasan Mengapa Ananda-Mushaffa Sulit Menang di MK Bertambah 26, Positif Covid-19 Kotabaru Jadi 1.285 Orang Pastikan Berfungsi Baik, Propam Polres Tala Periksa Puluhan Senpi Anggota

Kecelakaan Tambang di Tanbu, Kapolda Kalsel: Akan Ada Tersangka Baru

- Apahabar.com Sabtu, 6 Februari 2021 - 15:06 WIB

Kecelakaan Tambang di Tanbu, Kapolda Kalsel: Akan Ada Tersangka Baru

Tim gabungan saat mengevakuasi korban longsor di tambang batu bara milik PT CAS. Foto-apahabar.com/Syahriadi

apahabar.com, BANJARMASIN – Kecelakaan maut yang menimpa 10 dari 22 pekerja tambang milik PT CAS (Cahaya Alam Sejahtera) di Kabupaten Tanah Bumbu mendapat perhatian serius dari Polda Kalsel.

Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto, menegaskan pihaknya akan menangani kasus ini hingga tuntas. Saat ini sudah ada 3 orang dari PT CAS yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Kemungkinan akan ada tersangka baru. Namun kita tunggu hasil proses selanjutnya,” ujar jenderal bintang dua ini, Sabtu (6/2).

Rikwanto bilang Polda tak pandang bulu dalam penegakan hukum di kasus ini. Dari hasil pemeriksaan, kecelakaan maut murni disebabkan oleh kelalaian dan sejumlah pelanggaran yang dilakukan PT CAS.

“Akibat meninggalnya mereka yang menambang di situ, tentunya PT CAS, siapapun oknumnya akan kita periksa,” tutur Rikwanto.

“Setelah kita perksa kemarin, kita temukan pelanggaran yang mereka lakukan. Dan tiga orang kita tetapkan sebagai tersangka, dan langsung kita tahan,” lanjutnya.

Kasus-kasus semacam ini, ujar Rikwanto, tak bisa dianggap enteng. Sebab jika tak disikapi dengan tegas dikhawatirkan bakal kembali terjadi di kemudian hari.

“Sudah ada korban, sudah ada kesalahan, sudah kelalaian, sudah melanggar undang – undang sudah membuat ekosistem terganggu. Ini tentunya harus kita sikapi. Kalau tak kita sikapi tegas hari ini bisa jadi ditempat lain juga terjadi hal yang sama,” bebernya.

Lantas pasal apa saja yang sudah disangkakan dalam kasus kecelakaan di galian dengan metode penambangan open pit miliki PT CAS tersebut? 

“Pasalnya satu, karena kelalaian karena menyebabkan meninggal dunia. Pasal lain undang-undang pertambangan, banyak pasalnya,” bebernya.

Sementara itu, Direktur Reskrimsus Polda Kalsel, Kombes Pol Sapta Maulana saat dikonfirmasi, masih belum mau membeberkan siapa saja 3 orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka tersebut serta apa saja peranan mereka.

“Nanti rencana Senin kita rilis saja. Kita koordinasikan dengan Kabid Humas,” ujarnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Halo Warga Banjarmasin, Duta Mall Bakal Gelar Expo Otomotif
apahabar.com

Kalsel

Gegara Pembeli Nyalakan Rokok, Kios Penjual Bensin di Kelayan A Terbakar
apahabar.com

Kalsel

Kapolda Kalsel Kunjungi Polres Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

IPKM Meningkat, Dinkes Kalsel Akan Sinergi dengan BKKBN
Dinkes

Kalsel

Dinkes Tabalong Segera Rampungkan Pembebasan Lahan RS di Kelua
apahabar.com

Kalsel

Hamil Muda, Mama Lita ‘MasterChef’ Meriahkan HUT RI di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Pilgub Kalsel, Golkar Enggan Paman Birin Lawan Kotak Kosong
Siang Ini Berpeluang Hujan Ringan

Kalsel

Siang Ini Berpeluang Hujan Ringan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com