Kamar Pesantren di Lapas Kotabaru Dirazia, Petugas Temukan Barang Terlarang Polresta Banjarmasin Janji Usut Tuntas Kasus Kematian Wildan Skandal Pungli di Tegalrejo Kotabaru Sudah Berlangsung Lama! Duh, Usai Divaksin Covid-19 Sejumlah Wartawan Pingsan Dituding Gelembungkan Suara, Komisioner KPU Banjar Belum Berniat Polisikan Saksi

Kematian Herman ‘Coreng’ Predikat Balikpapan Kota Peduli HAM

- Apahabar.com Senin, 15 Februari 2021 - 18:28 WIB

Kematian Herman ‘Coreng’ Predikat Balikpapan Kota Peduli HAM

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Ade Yaya S memberikan keterangan pers terkait 6 anggota Polresta Balikpapan yang menjadi terlapor terkait kematian Herman. Foto-dok/apahabar.com

apahabar.com, BALIKPAPAN – Menyandang predikat Kota Peduli HAM, Kota Balikpapan punya catatan besar terkait kematian Herman, tahanan Mapolresta Balikpapan.

Diketahui, tahanan tersebut meninggal usai dijemput dalam keadaan sehat di kediamannya di Balikpapan Utara.

Dari hasil pemeriksaan Bidpropam Polda Kaltim yang diawasi langsung oleh Mabes Polri, ada enam anggota Mapolresta Balikpapan yang ditetapkan sebagai tersangka, satu di antaranya dikenakan hukuman pidana.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyayangkan adanya kejadian itu. Tentu saja kejadian ini akan menjadi catatan sebagai kota yang mendapat predikat Peduli HAM.

“Tentu semua orang menyayangkan kenapa bisa terjadi, tapi itulah kejadian di lapangan. Saya kira itu sudah menjadi perhatian pimpinan aparat juga,” kata Rizal ditemui di Pemkot Balikpapan Senin (15/2).

Meski begitu Rizal menjelaskan soal penghargaan yang didapat saat itu belum masuk penilaian Kemenkumham, melainkan tahun 2019 lalu. Meski demikian kejadian ini tetap menjadi perhatian serius pihaknya.

“Entar dulu, peristiwa yang disorot itu kan sebelum penilaian. Jadi jangan dibandingkan itu,” jelasnya.

Rizal mengatakan kejadian seperti ini memang tidak diduga-duga. Sebab pelanggaran HAM bukanlah sebuah unsur kesengajaan. Sehingga pihaknya bersama kepolisian tentu akan menjadikan catatan sebagai bahan evaluasi ke depannya.

“Nanti menjadi perhatian kita bersama, kadang-kadang pelanggaran HAM ini kan bukan disengaja tapi ya terjadi, nanti menjadi bagian dari evaluasi kita,” sebutnya.

Ditanya apakah akan melakukan koordinasi dengan kepolisian terkait kejadian ini guna mencegah kejadian serupa terulang? Rizal mengatakan hal ini sudah menjadi atensi dari kepolisian. Apalagi saat ini juga masih dalam proses pemeriksaan.

“Pihak kepolisian sendiri juga tidak ingin kejadian seperti itu. Kita tidak tahu cerita di lapangan bagaimana terjadinya, ya biarlah itu mereka melakukan pemeriksaan dan sebagainya,” tuturnya.

Rizal mengapresiasi pihak kepolisian yang langsung bertindak cepat terhadap anggotanya yang melanggar. Bahkan kejadian ini langsung mendapatkan perhatian serius bagi Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Kan kita nggak tahu kadang-kadang di lapangan kita nggak tahu bagaimana beratnya tugas kepolisian sehingga hal yang diluar dugaan bisa terjadi. Tapi kan pihak kepolisian sudah sangat reaktif. Mabes Polri memberikan pengumuman secara khusus, jadi kita tunggulah dari Mabes Polri. Kan Kapolri langsung memberikan perhatian dan penjelasannya itu sudah luar biasa. Jadi kita hormati apa yang sudah ditangani,” pungkasnya.

 

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Tim Medis Nyatakan Wagub Kaltim Sembuh dari Covid-19
apahabar.com

Kaltim

Kunjungan Wisman ke Kaltim Capai 2.963 Orang
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Segera Rekrut Puluhan Pendamping Desa
apahabar.com

Kaltim

Pantai Paling Disukai di Penajam, Polisi Tingkatkan Pengawasan
apahabar.com

Kaltim

Gubernur Tak Bergeming, Aliansi Peduli Karst Serukan Tolak Pabrik Semen Jilid II
apahabar.com

Kaltim

Berkat Pertamina, Bakal Ada Kampung Inggris di Penajam
apahabar.com

Kaltim

AJI Sesalkan Pengusiran Jurnalis Saat Persidangan di PN Balikpapan
apahabar.com

Kaltim

Resmi, Syarifuddin HR Jadi Pilihan Urang Banjar di Ibu Kota RI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com