Tragis, Petani Tabalong Tersambar Petir Sepulang Tanam Padi Ssttt.. Rampok Tanah Laut Lolos dari Penyekatan di Hutan Samboja Alasan H2D Kembali Tolak Hasil Rekapitulasi PSU di Banjarmasin Heboh Buronan Kalsel Kabur ke Hutan Samboja, Ternyata Rampok Tanah Laut Batal Tender Jalan di Batola, CV Ridho Menang Gugatan PTUN

Ketua Komnas Haji dan Umrah: Biaya Umrah Sulit Turun

- Apahabar.com Rabu, 17 Februari 2021 - 18:17 WIB

Ketua Komnas Haji dan Umrah: Biaya Umrah Sulit Turun

Ilustrasi umrah di masa pandemi Covid-19. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Selama Covid-19 masih mewabah, biaya umrah diperkirakan sulit mengalami penurunan.

Ketua Komnas Haji dan Umrah, Mustolih Siradj mengatakan, biaya umrah kemungkinan akan sulit turun kembali, jika Covid-19 masih mewabah. Hal ini akan terasa bagi para jemaah.

“Kalau masih ditutup sampai Ramadhan, pukulan ini akan terasa pada PPIU dan jemaah umrah,” kata dia seperti dilansir Irham.id, Rabu (17/2).

Terhitung pada Rabu (3/2) Arab Saudi kembali menutup akses masuk bagi 20 negara termasuk Indonesia, tanpa terkecuali jemaah Umrah. Sebelumnya umrah dibuka kembali pada 1 November 2020.

Mustolih menyebut, Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan masyarakat perlu terus diedukasi, karena aturan perihal ibadah umrah yang dapat terus mengalami perubahan selama pandemi Covid-19.

“Dulu peraturan umrah bisa berubah lima tahun sekali, hikmahnya PPIU dan jemaah perlu diedukasi bahwa peraturan ke depan akan dinamis. Misalnya Arab Saudi baru membuka, tutup lagi. Kemudian protokol kesehatan yang ketat di domestik dan negara tujuan,” kata Mustolih.

Dia mengungkapkan, umrah saat ini merupakan pengalaman baru bagi Kementerian Agama, PPIU, dan jamaah. Untuk itu dibutuhkan banyak adaptasi dalam hal-hal baru.

Sebelumnya, selama pengalaman dalam beberapa tahun terakhir, Mustolih mengatakan, dia bisa berjalan-jalan ke beberapa lokasi saat sedang umroh. Sedangkan saat ini, jemaah dibatasi, bahkan saat menjalankan umrah juga tidak bisa berlama-lama. Untuk itu, Indonesia harus dapat menyesuaikan diri dari peraturan Saudi.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

5 Hal yang Dianjurkan ketika Berpuasa 
apahabar.com

Habar

27 Penginapan Gratis di Haul Sekumpul, Cek Daftarnya di Sini
apahabar.com

Religi

Sirah Nabawi (1): Nasab dan Keluarga Rasulullah SAW
apahabar.com

Habar

Haul Guru Sekumpul Ke-14, Dinkes Banjar Beri Penyuluhan ke Juru Masak
apahabar.com

Religi

Kapal Datu Kelampayan Hampir Tenggelam, Ternyata Jin Ini Pelakunya
apahabar.com

Habar

Puluhan Ribu Jemaah Hadiri Haul Abah Anang ke-8
apahabar.com

Religi

Tausiah di Masjid Agung Al Karomah Martapura, UAS : Adab di Atas Ilmu, Penting
apahabar.com

Religi

Jemaah Mulai Padati Musholla Arraudah Menjelang Kedatangan Ustaz Somad
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com