Mardani H Maming: Hipmi Optimis Pemimpin Muda Kalsel Mampu Bangkitkan Ekonomi Daerah Ketua DPRD Banjar: 100 Hari Program Bupati Harus Penangan Pascabanjir DPP Demokrat Pecat Marzuki Alie dan 6 Kader, Simak Alasannya Duh, Positif Covid-19 Kapuas Bertambah Lagi 50 Kasus Tiga Gus Pimpin Jatim, Bak Angin Segar Bagi Kinerja ASN

Lahirkan Generasi Islami, Bupati Ansharuddin Letakkan Batu Pertama Pembangunan SDIT

- Apahabar.com Kamis, 11 Februari 2021 - 18:31 WIB

Lahirkan Generasi Islami, Bupati Ansharuddin Letakkan Batu Pertama Pembangunan SDIT

Bupati Balangan, H Ansharuddin melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT), yang berlokasi di belakang Masjid Al-Akbar Balangan, Kamis (11/2). Foto: Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Bupati Balangan, H Ansharuddin melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT), yang berlokasi di belakang Masjid Al-Akbar Balangan, Kamis (11/2).

Ansharuddin mengatakan, pembangunan gedung SDIT 2 lantai tersebut langsung didanai oleh PT Adaro Indonesia.

“Baru saja telah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kabupaten Balangan yang dana pembangunannya dari PT Adaro Indonesia,” ujarnya.

Bupati Ansharuddin menyampaikan SDIT diartikan sebagai sekolah yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi satu jalinan kurikulum.

Menurutnya, Sekolah Islam Terpadu pada hakekatnya adalah sekolah yang mengimplementasikan konsep pendidikan Islam berlandaskan Alquran dan Sunah.

Istilah ‘Terpadu’ dimaksudkan sebagai penguat (taukid) dari Islam itu sendiri. “Maksudnya adalah Islam yang utuh menyeluruh, Integral, bukan parsial,” ujarnya.

“Hal ini menjadi semangat utama dalam gerak dakwah di bidang pendidikan dengan pendekatan ini, semua mata pelajaran dan semua kegiatan sekolah tidak lepas dari bingkai ajaran dan pesan nilai Islam,” imbuhnya

Ia menambahkan, usai pembangun gedung SDIT 2 lantai, nantinya akan bekerja sama dengan pendidikan Pesantren Jaro yang berada di Kabupaten Tabalong.

“Nantinya kita akan bekerjasama dengan pesantren yang berada di Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong. Mereka nantinya akan mengirimkan siswa kelas enamnya untuk belajar dan memberikan motivasi di Pendidikan Islami Terpadu yang ada di Kabupaten Balangan,” pungkasnya.

Sementara itu, Government Relation Dep Head PT Adaro Indonesia, Rinaldo Kurniawan menyampaikan, yang akan dibangun nantinya ada tiga kompleks dan terdiri dari tiga tahap untuk tahap pertama satu kompleks pembangunan.

“Nantinya tahap pertama ini ada pembangunan ruang kelas dan kelengkapannya, ruang lab komputer, perpustakaan, aula dan fasilitas pendukung lainnya. Untuk dana tahap pertama ini sekitar 3 miliar sekian,” tuturnya.

Menurut Rinaldo, untuk target pembangunan SDIT tersebut selama 6 bulan pembangunan fisiknya dan masa perawatan selama 3 bulan. Jadi selama 9 bulan baru bisa digunakan.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Balangan

Cegah Penyalahgunaan Anggaran, Inspektorat Balangan Gelar Rakor
apahabar.com

Pemkab Balangan

Ansharuddin Pastikan Perayaan Natal di Balangan Aman
apahabar.com

Pemkab Balangan

Jelang Tutup Tahun, Bupati Balangan Minta Pegawainya Genjot Proyek Pembangunan
apahabar.com

Pemkab Balangan

Lindungi Tanah Masyarakat, BPN Balangan Berikan Penyuluhan PTSL
apahabar.com

Pemkab Balangan

Dinas LH Balangan Sosialisasikan Program Kampung Iklim
apahabar.com

Pemkab Balangan

Pemkab Balangan Peringati Hari Ibu
apahabar.com

Pemkab Balangan

Kantor Pos Paringin Bagikan BST Tahap 4 dan 5
apahabar.com

Pemkab Balangan

Harganas ke-27, Bupati Balangan Ajak Masyarakat Tingkatkan Kualitas Keluarga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com