Tolak KLB, Simak Sikap Demokrat Kalteng Almarhum Kombes Sapta Dikenal Sebagai Pribadi yang Sederhana Mantap! Polsek Tapin Utara Bekuk Kurir Sabu 9,14 Kg asal Kalbar Ratusan Anggota Polisi di Tabalong Jalani Vaksinasi Covid-19 Update Covid-19 Kotabaru: Positif 9, Sembuh 3

Malam Ini, Distribusi Air Bersih Kawasan Sungai Andai Disetop Beberapa Jam

- Apahabar.com Selasa, 23 Februari 2021 - 20:14 WIB

Malam Ini, Distribusi Air Bersih Kawasan Sungai Andai Disetop Beberapa Jam

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – PDAM Bandarmasih akan melaksanakan tindakan lanjutan untuk peningkatan supply dan tekanan air bersih di wilayah Komplek Purnama Permai, Sungai Andai. Ini menindaklanjuti keluhan warga RT 38 mengenai macetnya pendistribusian air.

Dengan begitu, perusahaan air minum ini segera melaksanakan pemasangan pipa dan interkoneksi diameter 325 mm x 250 mm di Jalan Sungai Andai depan Panti Asuhan Nor Hidayah blok 15.

Pemasangan akan dilaksanakan pada Selasa malam (23/02) ini. Dimulai dengan penghentian aliran air pada pukul 10.00 Wita hingga Pukul 03.00 dini hari.

Supervisor Rehabilitasi Jaringan Pipa, Syaufil Azhar menjelaskan pekerjaan ini sudah dijadwalkan sejak satu bulan yang lalu. Namun, pihaknya menghadapi kendala dalam pengadaan bahan dan aksesoris yang diperlukan, karena kondisi pandemi serta musibah banjir. Sehingga, PDAM Bandarmasih fokus dalam pengamanan instalasi-instalasi pengolahan air serta intake air baku yang terdampak.

Bahan terakhir yang dibutuhkan untuk menjamin ketahanan sambungan pipa, beberapa hari yang lalu baru saja bisa diadakan.

“Sehingga malam ini baru bisa kita eksekusi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, program jangka menengah ini diharapkan bisa membagi tekanan dengan berdasar jaringan yang sudah ada. Tindakan ini juga dipersiapkan untuk program jangka panjang untuk pengembangan nantinya, misal ada penambahan jaringan pipa baru, maka yang dipasang ini masih dapat difungsikan untuk membantu jaringannya.

“Jadi yang akan dikerjakan ini termasuk program jangka menengah dan juga dipersiapkan untuk jangka panjangnya nanti,” ujarnya.

Untuk alur pengerjaan akan dimulai dengan persiapan, yakni penggalian dan mempersiapkan pipa yang akan dipasang.

Setelah selesai maka akan dilakukan penghentian aliran air dan pelepasan aksesoris lama, lalu dilanjutkan dengan pemasangan aksesoris yang baru.

Untuk lama pengerjaan, menurut Syaufil apabila seluruh persiapan lancar dikerjakan, untuk pemasangan pipa 315 mm x 250 mm biasanya memakan waktu hingga dua jam apabila tidak ada kendala di lapangan. Misalnya hujan, karena menyulitkan pengeringan galian.

Pekerjaan lapangannya juga dipilih dilakukan pada malam hari untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas karena lokasi berada di wilayah padat, sehingga diharapkan aktivitas penduduk sudah berkurang saat pengerjaan.

“Insya Allah saat subuh air sudah mengalir lagi sehingga masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa,” imbuh Supervisor Humas, Nur Wakhid yang juga turut mendampingi.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

bakeuda

Banjarmasin

Bakeuda Banjarmasin Genjot Sektor PBB Penuhi Target
apahabar.com

Banjarmasin

Wajib Masker di Banjarmasin, Bandel Didenda Ratusan Ribu
pengelola feri

Banjarmasin

Polemik Pengelola Feri Alalak dan Wabup Batola, Supir Jadi Korban
Peradi Banjarmasin

Banjarmasin

Libas 2 Pesaingnya, Edi Sucipto Terpilih Jadi Ketua DPC Peradi Banjarmasin
solar

Banjarmasin

Warga Amanda Permai Banjarmasin Keluhkan Tumpahan Solar dari HBI, Bau Menyengat!
Ibnu Sina

Banjarmasin

Pengganti Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina Masih Tanda Tanya
Vaksinasi Covid-19

Banjarmasin

Capaian Vaksinasi Covid-19 di Banjarmasin Baru 20 Persen
Curanmor

Banjarmasin

Ups, Pelaku Curanmor di Banjarmasin Tak Berkutik Diamankan Warga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com