Kondisi Seseorang Ditunda atau Gagal Vaksinasi Covid-19, Simak Penyebabnya SENGKETA Pilgub Kalsel, Eks Hakim MK: Paslon Suara Terbanyak Kedua Bisa Menang Temui AHY, Mantan Panglima GAM Muzakir Manaf Beri Dukungan Moril untuk Demokrat AJI Biro Banjarmasin Resmi Berdiri, Kasus Kekerasan Pers Jadi AtensiĀ  2 Petani Tapin Terjerat Sabu 9 Kg, Polda Kalsel: Jaringan Besar

Masuk Tahap Kajian, Kalsel Ancang-Ancang Bangun Kereta Bandara

- Apahabar.com Senin, 15 Februari 2021 - 21:10 WIB

Masuk Tahap Kajian, Kalsel Ancang-Ancang Bangun Kereta Bandara

Ilustrasi kereta bandara. Foto: Okezone.com

apahabar.com, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) semakin optimis atas wacana pembangunan kereta bandara.

Akhir Februari nanti, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kalsel, tengah bersiap melakukan kajian terhadap proyek berskala Internasional ini.

“Ada enam wilayah yang masuk dalam pencanangan pada program itu,” ungkap Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan Balitbangda Kalsel, Kemas A Rudi Indrajaya, Senin (15/2).

Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan Balitbangda Kalsel, Kemas A Rudi Indrajaya. Foto: Istimewa

Daerah tersebut yakni Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tanah Laut, Barito Kuala dan Tapin. Sementara, titik jurusan per wilayah akan difokuskan pada Banjarbaru atau daerah yang melingkupi kawasan di sekitar Bandara Syamsuddin Noor.

“Mungkin diprediksikan dari Kabupaten Tapin ke Bandara Syamsudin Noor, begitu pula sebaliknya. Ini kegiatan kajian yang akan dilaksanakan untuk tahun ini,” sebutnya.

Dalam kajian ini, Pemprov Kalsel juga akan melibatkan beberapa sektor lain seperti Universitas Lambung Mangkurat, Dinas Perhubungan hingga Kementerian Perhubungan RI.

“Bersinergi dengan melibatkan akademisi dan peneliti, serta pemerintah pusat juga,” lanjutnya.

Direncanakan, kajian ini akan memakan waktu hingga akhir tahun nanti. Dari estimasi waktu tersebut, diharapkan mendapat hasil untuk segera direalisasikan pengerjaannya.

Proses kajian sendiri terbagi menjadi penelitian di lapangan, penyusunan tim pengkaji, workshop, serta seminar proposal.

Diwartakan sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalsel, Nurul Fajar Desira, optimis proyek berskala internasional ini dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Kalsel. Jalur kereta api juga dapat mengantisipasi tingkat kemacetan menuju bandara.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemprov Kalsel

Aksi Peduli Lingkungan, DLH Kalsel Turun Ke Jalan Bagikan Peralatan Kebersihan

Pemprov Kalsel

Keren! Pelajar Kandangan Kembali Dipilih Jadi Paskibraka Nasional
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Disdik Kalsel Kembangkan Metode Belajar Jarak Jauh

Pemprov Kalsel

Kemendag Peduli Salurkan Ribuan Paket Sembako untuk Banjir Kalsel
apahabar.com

Habar

Gratis! Paman Birin Bakal Bagikan Seribu Tumbler di Haul Sekumpul ke 15
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Jelang HUT RI, Calon Paskibraka Diseleksi Ketat
Karhutla

Pemprov Kalsel

Nol Hotspot, Pemprov Kalsel Siaga Dini Pencegahan Karhutla
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Lepas 26 Pasien Sembuh di Banjarbaru, Paman Birin: Tingkatkan Keimanan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com