Teriakkan Kelangkaan Elpiji 3 Kg, Mahasiswa Banjarmasin Serbu Pertamina Puluhan Pangkalan Elpiji di Kalsel-Teng Diputus Pertamina! Simak Alasannya Sempat Mangkir, Aziz Akhirnya Penuhi Panggilan KPU Kalsel Gejolak Pengadaan Mobil Dinas Baru, Pimpinan DPRD Banjarmasin Angkat Bicara Awal Usul Buka Investasi Miras di 4 Provinsi, Berikut Penjelasan Bahlil

Nol Hotspot, Pemprov Kalsel Siaga Dini Pencegahan Karhutla

- Apahabar.com Senin, 22 Februari 2021 - 16:51 WIB

Nol Hotspot, Pemprov Kalsel Siaga Dini Pencegahan Karhutla

Rapat virtual koordinasi penanganan karhutla antara pemprov Kalsel bersama Presiden Jokowi di gedung idham chalid Banjarbaru. Foto-Musnita Sari

apahabar.com, BANJARBARU – Sampai saat ini, belum terpantau titik api (hotspot) di wilayah Kalimantan Selatan. Kendati demikian, pemerintahan provinsi melakukan upaya pencegahan dalam penanganan kebakaran lahan dan hutan secara dini.

“Sementara sekarang belum krusial, tidak ada titik api atau hotspot di Kalsel nol,” ungkap Pj Gubernur Kalsel, Safrizal usai rapat koordinasi penanganan karhutla bersama Presiden RI secara virtual di Gedung Idham Chalid Banjarbaru, Senin (22/2) sore.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim panas di Kalsel akan terjadi sekitar Juli dan puncaknya pada Agustus hingga September. Untuk itu, Presiden Joko Widodo menginstruksikan pemerintah daerah untuk tetap waspada dan meningkatkan infrastruktur pengendali karhutla.

“Kita masih cukup punya waktu bersama-sama merencanakan upaya antisipasi pencegahan. Sebagaimana instruksi Presiden tadi, kebakaran yang besar harus mulai dipadamkan sejak kecil,” ujarnya

Arahan tersebut, akan dia teruskan untuk disosialisasikan ke tingkat terkecil di desa-desa yang memiliki wilayah rawan terjadi karhutla. Pemerintah, sambungnya, juga akan bersinergi dengan seluruh instansi terkait dalam melakukan penanganan hingga penegakan pelanggaran.

“Dibantu Kapolda, Danrem, Kajati, semuanya akan kita lakukan pencegahan sesuai dengan instruksi yang diberikan presiden,” sambungnya

Begitu pula, jika kondisi darurat terjadi. Pihak keamanan tidak akan segan menindak tegas bentuk pelanggaran yang dilakukan, baik pihak masyarakat atau perusahaan yang melakukan kegiatan membuka hutan dengan cara dibakar.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menekankan beberapa hal dalam penanganan karhutla di Indonesia. Yakni, prioritas upaya pencegahan, monitoring dan pengawasan sampai di tingkat bawah, mencari solusi permanen terkait penanganan karhutla, penataan ekosistem lahan gambut, melakukan pemadaham secara dini agar api tidak membesar, serta tindak tegas pada pelanggaran kegiatan yang menimbulkan karhutla, baik pada masyarakat maupun perusahaan.

Karhutla

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemprov Kalsel

Berolahraga dengan Gembira, Pemprov Kalsel Gelar Lomba Futsal
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Banyak Jabatan Kosong, Pemprov Kalsel Tunggu Persetujuan Kemendagri
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Jelang PSBB Banjarmasin, Dinsos Kalsel Wacanakan Pembagian Makan Sahur dan Buka Puasa
Mujiyat

Pemprov Kalsel

Resmi Jabat Kepala BPBD Kalsel, Mujiyat Fokus Penanganan Pascabanjir
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Kejar Target, Bapelkes Banjarbaru Curi Start Swab Masif
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Entaskan Kemiskinan, Pemprov Kalsel Bedah Rumah Buruh Bengkel
Banjir

Pemprov Kalsel

90 Ribu Rumah Terdampak Banjir, Pemprov Kalsel Percepat Inventarisasi
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Pemprov Kalsel Ajak Pelaku Usaha Susun Paket Tour Kreatif
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com