RAKERNAS 2021 Dibuka Jokowi, Ketum Hipmi: Saatnya Jadi Bangsa Produktif Jokowi di Rakernas Hipmi 2021: Investasi-Hilirisasi Industri Jadi Kunci Pengamat: Hati-Hati Manuver Politik KLB Demokrat, RK! Duh, Jembatan Perhotelan Sepanjang Ahmad Yani Banjarmasin Dituding Langgar IMB Top! Jamu Gendong Ibu Nining asal Kintap Tembus Pasar Eropa

Pascabanjir, Dewan Kalsel Kontrol Dua Kabupaten

- Apahabar.com Sabtu, 13 Februari 2021 - 20:18 WIB

Pascabanjir, Dewan Kalsel Kontrol Dua Kabupaten

Rombongan Komisi I DPRD Kalsel mengunjungi Kabupaten Barito Kuala dan Tanah Laut. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pascabanjir yang melanda Kalimantan Selatan, anggota dewan mulai berpencar untuk mendengarkan kebutuhan masyarakat.

Seperti yang dilakukan rombongan komisi I DPRD Kalsel, mereka mengunjungi dua kabupaten terdampak banjir, yakni Barito Kuala dan Tanah Laut pada 10-11 Februari lalu.

“Penanganan pascabanjir ini, kelihatannya tidak bisa hanya satu kabupaten saja yang menangani juga harus melibatkan provinsi dan Balai Jalan, karena banyak sarana dan prasarana dari Balai Jalan yang banyak mempengaruhi kemacetan-kemacetan dan pergerakan roda perekonomian ini,” kata Ketua Komisi I Hj Rachmah Norlias, Sabtu (13/1).

Norlias mengatakan, hari pertama kunjungan dilaksanakan dengan melakukan dialog langsung bersama pihak dari Kecamatan Alalak, di mana dari hasil diskusi terdapat beberapa permasalahan di antaranya sarana dan prasarana jalan yang cukup rusak. Hal itu secara langsung berpengaruh terhadap roda perekonomian masyarakat.

Selain itu, juga ada beberapa permintaan masyarakat petani agar dibantu diberikan bibit karena dampak banjir yang juga telah mengganggu lahan pertanian.

Sementara itu, pada kunjungan kerja ke Kecamatan Bati-bati Kabupaten Tanah Laut, Sekretaris Komisi I H Suripno Sumas mengapresiasi penanganan banjir yang telah dilaksanakan dengan baik oleh Kabupaten Tanah Laut.

Selanjutnya, berdasarkan program pemerintah pusat terkait bantuan atas rumah yang rusak, dirinya berharap agar dapat secepatnya menginventarisir data untuk diserahkan ke BPBD Provinsi Kalsel.

“Kita berharap untuk segera menginventarisasi kerusakan rumah yang ada di daerah Kabupaten Tanah Laut ini untuk segera nanti diberikan ganti rugi dan nilai ganti ruginya akan dikategorikan menjadi tiga, rusak berat, rusak sedang, dan rusak ringan. Selambat-lambatnya besok (Jumat) data sudah terkirim ke tingkat pusat, sehingga pasca bencana dari Badan Penanggulangan Nasional segera untuk merealisasi dan mencairkannya,” jelasnya.

Pada dua kesempatan tersebut, Komisi I bersama BPBD Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan juga menyerahkan bantuan paket sembako yang diterima oleh perwakilan dari 2 kecamatan tersebut.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

DPRD Kalsel

Reses di Tala, Anggota DPRD Kalsel Imam Kanapi Genjot Ekonomi Daerah
Pabrik Pupuk Dolomit Bakal Berdiri di Kabupaten Batola

DPRD Kalsel

Pabrik Pupuk Dolomit Bakal Berdiri di Kabupaten Batola
apahabar.com

DPRD Kalsel

Dewan Kalsel Ingin Tiru Pengelolaan Hutan di Yogyakarta
DPRD

DPRD Kalsel

Masuk Telinga Dewan Kalsel, Stok Es Pelabuhan Perikanan Batulicin Kurang
apahabar.com

DPRD Kalsel

Anggota DPRD Kalsel Wajib Rapid Test Antigen Sebelum Paripurna
apahabar.com

DPRD Kalsel

Menggali Ilmu ke DPRD Jawa Tengah
apahabar.com

DPRD Kalsel

Dewan: Seharusnya Perusahaan Tambang Kalsel Bantu Ventilator

DPRD Kalsel

Drainase Provinsi di Tanbu Tak Berfungsi, DPRD Kalsel Cari Solusi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com