Utak-atik RTRW Banjarmasin, Kantor Pemkot Diusulkan Pindah Kadesnya Dijebloskan ke Bui, Plh Bupati Kotabaru Buka Suara Breaking! Heboh Mobil Terbakar di Tapin, 1 Warga Jadi Korban Masih Ada 122 Ribu Rumah di Kalteng Tak Layak Huni Dituding Gelembungkan Suara, Komisioner KPU Banjar Belum Berniat Polisikan Saksi

Pascabanjir, Pj Gubernur Kalsel Tekan Komitmen dan Kerjasama Bangun Lingkungan

- Apahabar.com Selasa, 23 Februari 2021 - 16:45 WIB

Pascabanjir, Pj Gubernur Kalsel Tekan Komitmen dan Kerjasama Bangun Lingkungan

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA. Foto-humas for apahabar.com

apahabar.com, BANJARBARU – Kolaborasi, komitmen, dan persamaan persepsi dari semua pihak dalam membangun lingkungan menjadi strategi efektif dalam upaya pemulihan lingkungan pascabanjir.

“Ini merupakan upaya untuk mencegah terjadi banjir akibat dari aktivitas pertambangan maupun perkebunan,” ucap Pj Gubernur Kalsel, Safrizal, Selasa (23/2).

Ia mengatakan, membangun lingkungan butuh waktu, kolaborasi, dan kesamaan persepsi dari semua pihak, baik itu pemerintah, perusahaan, dan pihak lainnya.

“Keseimbangan antara eksploitasi dan konservasi sangat penting. Kita tak mungkin menghentikan aktivitas pertambangan maupun perkebunan, tetapi bagaimana kita bisa terus berupaya dan berkontribusi untuk lingkungan,” tambahnya.

Safrizal berharap dengan kehadiran Dirjen (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan langkah nyata mengatasi permasalahan lingkungan, dalam pencegahan banjir di masa yang akan datang.

Direktur Jenderal PPKL KLHK Karliansyah menyatakan, pentingnya kolaborasi dan komitmen bersama dalam upaya pemulihan lingkungan dari aktivitas pertambangan maupun perkebunan.

Katanya, dalam upaya pemulihan lingkungan pascabanjir ini, ada 113 program kegiatan jangka pendek yang akan dikerjakan selama 1 tahun, 43 program di jangka menengah, dan 14 program di jangka panjang yang akan dikerjakan setelah 5 tahun ke depan.

“Kita akan menetapkan bersama perusahaan pertambangan dan perkebunan di Kalsel untuk luasan lahan yang harus dibenahi atau diperbaiki di daerah masing-masing,” terang dia.

Terakhir ia mengharapkan komitmen dari perusahaan untuk memperbaiki atau membenahi lingkungan di daerah masing-masing, terutama reklamasi pascatambang.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

Hasil Visum Mayat dalam Mobil di Gambut, Polisi: Tak Ada Bekas Kekerasan pada Tubuh
apahabar.com

Kalsel

Malam Minggu, Siring Laut di Kotabaru Kembali Bernadi walau Pandemi
apahabar.com

Kalsel

Dispersip Kalsel Reboxing Ribuan Boks Arsip
apahabar.com

Kalsel

Pedagang Pasar Subuh Pindah, Tak Ada Biaya Lapak
apahabar.com

Kalsel

Cegah Penularan Covid-19 di Pantai, Dema UIN Antasari Banjarmasin Bagi-bagi Hand Sanitizer Gratis
apahabar.com

Kalsel

PSBB Banjarmasin Berlanjut, DPRD: Perbaiki Komunikasi
apahabar.com

Kalsel

Gara-Gara BPJS, Bisa-Bisa RSUD Ulin Bangkrut!

Kalsel

BMKG: Waspada Potensi Hujan dengan Intensitas Sedang hingga Lebat Disertai Petir
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com