Tolak KLB, Simak Sikap Demokrat Kalteng Almarhum Kombes Sapta Dikenal Sebagai Pribadi yang Sederhana Mantap! Polsek Tapin Utara Bekuk Kurir Sabu 9,14 Kg asal Kalbar Ratusan Anggota Polisi di Tabalong Jalani Vaksinasi Covid-19 Update Covid-19 Kotabaru: Positif 9, Sembuh 3

Persiapan Penyambutan RI-1 di HST Ambyar, Hotel hingga Peralatan Tak Jadi Dipakai

- Apahabar.com Rabu, 17 Februari 2021 - 21:08 WIB

Persiapan Penyambutan RI-1 di HST Ambyar, Hotel hingga Peralatan Tak Jadi Dipakai

Presiden Joko Widodo. (Biro Pers Kepresidenan/Laily Rachev)

apahabar.com, BARABAI – Presiden Joko Widodo dipastikan batal mengunjungi Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Padahal, sebelumnya rencana kedatangan Presiden ke HST sudah sangat matang. Protokol istana juga sudah menyetujui sejumlah titik yang akan dikunjungi Presiden Jokowi.

Pemkab HST pun sudah super sibuk menyiapkan kedatangan RI-1. Sejak jauh-jauh hari, pemerintah daerah dibantu pemerintah provinsi serta TNI-Polri sudah bersiap menyambut kedatangan Presiden Jokowi.

“Sejak 12 Februari tadi kami mengikuti rapat koordinasi (Rakor) dengan provinsi. Kemudian persiaapan selama 5 hari,” kata Kabag Prokom HST, Aidi Rozain, Rabu (17/2).

Sejumlah kepala SKPD HST pun diminta berbenah, mulai dari melakukan pembersihan tanaman di lokasi, penyedian transportasi seperti mobil maupun penginapan, hingga pengamanan ketat presiden.

Dari Pemprov Kalsel menyiapkan dua mobil, sementara Pemkab HST ada tiga mobil: satu Land Cruiser dua Pajero dan dua mobil Hiace.

Sedangkan mobil Presiden langsung didatangkan dari Jakarta. Hotel untuk tempat menginap Jokowi telah dipesan Kesekretariatan Presiden.

Pemkab HST juga sudah menyiapkan proposal untuk diserahkan ke Presiden. Proposal itu berisi tentang pembangunan Bendungan Pancar Hanau yang menjadi salah satu program penanganan banjir HST.

Tak sampai di situ, Pemkab HST sudah menyiapkan penyambutan di Posko Utama Stadion Murakata Barabai seperti penyediaan mimbar, tenda hingga videotron.

Rencananya, di Stadion Murakata itu, bupati akan menyampaikan paparan tentang kondisi dan penanganan pascabanjir.

“Di posko sudah ditiadakan semua peralatan penyambutan sejak tadi malam (Selasa 16 Februari). Jadi setelah landing, beliau (RI-1) ini mau langsung ke tempat (lokasi pascabanjir di Hantakan dan Batu Benawa-red) yang sudah ditetapkan menggunakan mobil,” kata sumber terpercaya apahabar.com, Rabu (17/2).

Pada, Rabu, 17 Februari, Forkopimda dari Kalsel, Danlanud Syamsuddin Noor termasuk Pangdam VI Mulawarman datang menggunkan 2 Helikopter Super Puma ke HST. Mereka mengecek landing di Stadion Murakata.

Sementara pihak Pemkab terus melakukan geladi terkait rencana kedatangan RI-1. Anggota TNI dan Polri disiagakan di jalan yang bakal dilewati Jokowi, yakni dari pusat kota HST, Barabai menuju Desa Baru-Waki Kecamatan Batu Benawa dan Desa Alat Hantakan.

Sejumlah spanduk penyambutan RI-1 juga terpajang di beberapa titik lokasi.

Bahkan sejumlah pejabat dan orang yang bakal dekat Presiden talah di-swab antigen. Khususnya bagi orang-orang di ring-1.

Saat itu rencana kedatangan Jokowi ke HST sudah dipastikan pada pukul 13.00 esok hari.

Sayangnya, rencana itu gagal total. Presiden dikabarkan hanya akan mengunjungi Tapin untuk peresmian bendungan.

Sejumlah sarana dan prasarana pun batal digunakan, termasuk 9 kamar hotel di HST yang telah dipesan Kesekretariatan Presiden.

“Iya kita baru terima informasinya. Sudah A-1 (batal ke HST-red),” kata Aidi, Rabu (17/2) sore.

Lantas, apa alasan RI-1 batal ke HST?

“Dari istana, arahannya lantaran cuaca dari BMKG yang tidak memungkinkan RI-1 untuk ke HST,” kata Aidi.

Jokowi dijadwalkan mengunjungi HST pada pukul 13.00. Sayangnya, setelah tengah hari, BMKG menilai cuaca akan mengganggu perjalanan Presiden ke HST.

“Lebih dari jam itu (pukul 13.00)¬† sesuai BMKG, cuaca tidak memungkinkan ke HST, demi keamanan RI-1. Kalau menggunakan jalur darat tidak tembus dengan waktu yang telah direncanakan,” tutup Aidi.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Isu Reshuffle, Mardani H Maming Direkomendasi Masuk Kabinet Jokowi
apahabar.com

Nasional

‘Berambangan’ dengan Istri, Malah Nenek Sendiri Diperkosa
Joko Widodo

Nasional

Ini Harapan Jokowi di Tahun Baru Imlek
apahabar.com

Nasional

Desertir TNI, Begal Sapi Tumbang Diterjang Timah Panas Sulit Dilumpuhkan
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: Pasien Sembuh Bertambah 4.555 Jadi 267.856

Nasional

Gunung Sinabung Karo Kembali Erupsi Disertai Guguran Awan Panas 2.500 Meter
apahabar.com

Nasional

Kemenpan-RB Buka Penerimaan CPNS dan PPPK Tahun Depan
apahabar.com

Nasional

Kontak Senjata dengan Polisi, Pimpinan Kelompok Kriminal Ini Tewas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com