Peredaran Rokok Ilegal Tinggi, KAKI Kalsel Geruduk Kantor Ditjen Bea Cukai Status Siaga Banjir di Balangan Berlaku hingga 12 Desember Waspada Banjir Rob, BPBD Tanah Bumbu Ingatkan Warga Pesisir Laut Puncak Harjad ke-56 Tabalong, Momentum Melanjutkan Estafet Pembangunan Lebih Maju Tergantung Status, Banjarmasin Punya Rp 500 Juta Siap Dirikan Dapur Umum-Logistik

Politisi Perempuan Kalsel Sosialisasikan Perda PMD

- Apahabar.com     Minggu, 28 Februari 2021 - 16:32 WITA

Politisi Perempuan Kalsel Sosialisasikan Perda PMD

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan Hj Mariana saat reses di Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tala. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Wakil Ketua DPRD Kalsel melaksanakan sosialisasi Perda Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Bajuin, Tanah Laut.

Politisi perempuan DPRD Kalsel ini mengungkapkan salah satu cara pemerintah untuk menekan angka kemiskinan adalah lewat Perda PMD.

Meminjam Data Badan Statistik (BPS) Kalsel September 2020, jumlah penduduk miskin di daerah ini 206,92 ribu orang, dengan tingkat kemiskinan sebesar 4,83 persen.

Dari data itu, Kalsel pula menjadi daerah dengan tingkat kemiskinan terendah di Kalimantan.

“Saya yakin angka kemiskinan di Kalsel makin berkurang, ditambah pemahaman mereka tentang Perda Pemberdayaan Masyarakat,” kata politisi perempuan Partai Gerindra Kalsel ini saat sosialisasi Perda di Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, Sabtu (27/2) siang.

Wanita yang kerap disapa Hj Ana ini menjelaskan dalam regulasi Perda itu diatur kebijakan strategis pemberdayaan masyarakat meliputi penguatan otonomi.

Artinya masyarakat memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat.

Selain itu, pemerintah daerah pun mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pemerintah desa atau adat.

Dengan wawasan itu, masyarakat dapat lebih berkembang dan pastinya akan menekan angka tidak mampu dan miskin didaerah jika program itu betul-betul dijalankan dan dikawal.

Hj Ana juga memaparkan penting untuk saling berkontribusi, dalam rangka mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan.

“Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat desa juga bisa aktif berkontribusi dan berdaya saing agar dapat menambah cepat akselerasi pembangunan,” ucap srikandi DPRD Provinsi Kalsel ini.

Dalam kegiatan sosialisasi dan penyebarluasan perda ini, hadir juga Bupati Tala H Sukamta. Bupati turut menjadi narasumber sebagai bukti kesiapan pemerintah untuk bersinergi bersama-sama masyarakat membangun daerah.

 

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Reses

DPRD Kalsel

Warga Desa Kambat Batola Keluhkan Air Bersih

DPRD Kalsel

Satui Tanbu Dihantui Banjir, Dewan Kalsel Bakal Siapkan Sekema Mitigasi

DPRD Kalsel

Drainase Provinsi di Tanbu Tak Berfungsi, DPRD Kalsel Cari Solusi
apahabar.com

DPRD Kalsel

Alasan Pemprov Kalsel Didesak Bereskan Perkara Aset
DPRD

DPRD Kalsel

Duh! Rumah Banjar Sepi, Dewan Kalsel Laksanakan Kunjungan Serentak
apahabar.com

DPRD Kalsel

Lewat Reses, Yani Helmi Atensi Desa Tak Dialiri Listrik
bapok

DPRD Kalsel

Dewan Kalsel Desak Jalur Distribusi Bapok di Wilayah Banjir Diamankan
APBD 2022

DPRD Kalsel

Waket DPRD Kalsel Usul Pesantren Kebagian APBD 2022
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com