POPULER SEPEKAN: Banjir Hebat hingga Cekcok Berdarah Warnai Lebaran di Kalsel Update Banjir Satui Tanah Bumbu: Air Sudah Turun, Cuaca Kembali Mendung Tunggakan Gaji Tenaga Puskesmas, Anggota Dewan Dicuekin Kadinkes Banjarmasin Wali Kota Balikpapan Mulai Bersih-Bersih Rumdin, Meja Biliar hingga Ikan Koi Diangkut Fakta di Balik Pemuda Tewas Tergantung di Pulau Alalak, Dua Kali Coba Gantung Diri

Posko Kemanusiaan Lintas Iman Bantu Bahan Bangunan untuk Huntara Korban Banjir HST

- Apahabar.com Selasa, 23 Februari 2021 - 19:09 WIB

Posko Kemanusiaan Lintas Iman Bantu Bahan Bangunan untuk Huntara Korban Banjir HST

Bantuan bahan bangunan untuk Huntara di Hantakan dan Batu Benawa HST, Selasa (23/2). Foto-apahabar.com/Lazuardi.

apahabar.com, BARABAI – Posko Kemanusiaan Lintas Iman dari Keuskupan Banjarmasin, Caritas Keuskupan dan Gusdurian menyalurkan bantuan bahan bangunan untuk korban bencana banjir di Hulu Sungai Tengah (HST).

Bahan bangunan ditujukan untuk pembuatan hunian sementara atau Huntara. Khususnya bagi warga yang rumahnya rusak berat atau hilang akibat banjir di wilayah Kecamatan Hantakan dan Batu Benawa, HST.

Bantuan itu secara simbolis diterima Camat Hantakan, Kartadipura didampingi jajaran dari Dinas Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten HST di halaman Kantor Camat Hantakan, Selasa (23/2/2021).

Pastur C Cosmas MSF dari Keuskupan Banjarmasin menyampaikan, pihaknya bersama beberapa organinsasi lintas iman membantu sebanyak 12 unit Huntara.

“Bahan bangunan Huntara yang kami antar hari ini untuk warga Desa Hantakan dan Desa Baru-Waki. Kami juga mengirimkan para petugas medis yang akan melayani masyarakat di Desa Batu Tunggal,” kata Pastor Cosmas.

Rumah Huntara khusus untuk Desa Hantakan akan dibangun per unit. Tidak komunal seperti di Desa Baru Waki dan Alat.

“Diperkirakan Rp15 juta per unit dan yang kami antar hari ini yaitu bahan bangunan untuk tujuh unit Huntara dulu,” kata Cosmas.

Keuskupan, kata Pastor tetap berkomitmen membantu Pemkab HST. Salah satunya pembangunan Huntara sebelum pemerintah membangunkan rumah untuk warga.

“Mudah-mudahan dengan bantuan yang sederhana ini dapat membantu dan mengurangi beban warga yang terdampak banjir,” harap Pastor.

Kepala Dinas Perkim HST, HM Pajaruddin menambahkan, khusus di Desa Hantakan, ada 14 buah rumah yang rusak parah.

Hari ini dibantu oleh Caritas Keuskupan sebanyak 10 unit Huntara dan 2 unitnya untuk di Desa Baru.

“Mudah-mudahan kekurangannya nanti dibantu lagi dari Posko lintas Iman ini maupun organisasi lainnya yang peduli terhadap masyarakat yang rumahnya rusak parah akibat banjir,” kata Pajaruddin.

Pemkab, kata dia mengucapkan terimakasih kepada seluruh organisasi maupun perusahaan khususnya Posko Lintas Iman yang telah membantu masyarakat terdampak banjir.

“Saat ini sudah ada sebanyak enam unit Huntara yang dibangun. Tiga unit dari Pemkab dan dari komunitas atau organisasi sebanyak tiga unit, tapi yang komunal. Sebagian ada yang sudah selesai dan sebagian lagi sudah 70 persen yaitu di Desa Baru, Batu Tunggal dan Alat,” terang Pajaruddin.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Dikejar Intel Kodim, Garong Kabel di Taman Kamboja Ngacir ke WC
apahabar.com

Kalsel

May Day; Anak Punk Suarakan ‘Buruh Bukan Budak’ Diusir Polisi
apahabar.com

Kalsel

Massa Kepung PN Banjarmasin, Tuntut Terdakwa Dihukum Mati!
apahabar.com

Kalsel

Bawaslu Kalsel: Tiga Daerah Berpotensi Gelar Pemungutan Suara Ulang
apahabar.com

Kalsel

Membuat Perubahan Kecil Lewat Pengabdian Menengok Meratus
Denny

Kalsel

Pamer Buku Strategi Menang Sengketa Pemilu, Denny Beber Alasan Bawa Bakul Purun ke MK!
apahabar.com

Kalsel

Kisruh Jemaah Travellindo, Tetap Berangkat tapi….
apahabar.com

Kalsel

Pemprov Kalsel Optimis Apeksi Mampu Mendorong Percepatan Pembangunan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com