Agya Vs Scoopy di Stagen Kotabaru, Gadis 17 Tahun Patah Kaki Hari Ini, 22 Warga Kotabaru Positif Covid-19 Polisi Ungkap Kronologis Kecelakaan Maut di Cempaka yang Tewaskan 1 Pengendara Ratusan Gram Sabu Gagal Edar di Kukar, Polda Kaltim Ringkus 1 Pelaku Mulai Besok, Wisata Dadakan di Liang Anggang Ditutup!

Prakiraan Cuaca Sepekan ke Depan, BMKG: Waspada Banjir!

- Apahabar.com Sabtu, 20 Februari 2021 - 17:30 WIB

Prakiraan Cuaca Sepekan ke Depan, BMKG: Waspada Banjir!

Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto-Istimewa

apahabar.com, BOGOR – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melihat prakiraan cuaca sepekan ke depan. Warga diimbau untuk waspada banjir.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut sebagian besar wilayah Indonesia termasuk Jabodetabek masih dalam puncak musim penghujan. Kondisi ini diperkirakan sampai awal Maret 2021.

“Saat ini sebagian besar Indonesia termasuk Jabodetabek masih berada dalam periode puncak musim hujan. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi pada periode ini yang diprakirakan berlangsung sampai akhir Februari atau sampai awal Maret,” kata Dwikorita, kutip Okezone, Sabtu (20/2).

Ia menambahkan, untuk periode sepekan ke depan wilayah Jabodetabek pada umumnya akan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Dirincinya, hari ini masih berpotensi diguyur hujan intensitas lebat.

“Hari ini prediksi kami ada peningkatan curah hujan jadi warna hijau sekarang jadi kuning. itu terjadi peningkatan hujan dapat berkembang menjadi lebat. Hampir di wilayah Jabodetabek,” jelasnya.

Kemudian, esok hari diprakirakan intensitas hujan menurun menjadi ringan. Namun, kembali harus diwaspadai pada tanggal 23-34 Februari 2021 karena berpotensi hujan lebat kembali meningkat.

“Warna besok jadi hijau muda. Ini intensitasnya menjadi rendah. Hari ini huja terlepas kemudian besok Insya Allah jadi hijau sangat muda atau ringan atau rendah itu tanggal 21 besok. Tanggal 22 masih ringan, tanggal 23 menjadi kuning bahkan coklat kemerahan. Nah ini yang diwaspadai ini hampir merata di seluruh jabodetabek. Kesimpulannya hari ini kita masih harus waspada kemudian waspada berikutnya tanggal 23 dan 24. Itu yang perlu kami tekankan. Itu kondisi Jabotabek,” ungkap Dwikorita.

Sedangkan, untuk secara keseluruhan wilayah Indonesia masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat. Sedikitnya ada 28 provinsi dari Aceh sampai Papua yang diprediksi masih diguyur hujan.

“BMKG memprediksi masih terjadi hujan intensitas lebat bahkan disertai kilat dan angin kencang hampir merata di seluruh Indonesia dari Aceh sampai Papua. Ada 28 provinsi. Namun di dalam di satu provinsi (intensitas hujan) tidak selalu merata,” tutupnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.co

Nasional

Garang, F-16 TNI AU Baru Mampu Boyong Rudal Jarak Jauh
apahabar.com

Nasional

Update 24 Mei: Pasien Covid-19 Indonesia Tambah 526 
apahabar.com

Nasional

Rice Cooker Bisa Sterilkan Kembali Masker Sekali Pakai, Begini Caranya
apahabar.com

Nasional

Tahun Baru, Jangan Main Kembang Api di Area Sarfas Pertamina!
apahabar.com

Nasional

Heboh, Beredar Soal UN Matematika di Jejaringan Line
apahabar.com

Nasional

Ibu Kota Pindah, Teluk Balikpapan Kian Terancam

Nasional

Program Vaksinasi Dihantui Varian Baru Covid-19

Nasional

Viral Kakek 71 Tahun Nikahi Gadis Berusia 17-an
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com