Bantah Ijazah Rahmad Masud Palsu, Rektor Untri Siap Lapor Balik Satu Warga Kalsel Tertular Corona B117, Pj Safrizal Imbau Perketat Prokes Varian Baru Corona B117 Sudah Masuk Kalsel, Banjarmasin Belum Ada Temuan Resmi, Kejari Tanbu Tetapkan Tersangka Kasus Pengadaan Kursi Peserta KLB Demokrat Dijanjikan Rp 100 Juta, Ternyata Hanya Terima Rp 5 Juta

Ratusan Desa di Kapuas Bersiap Laksanakan Pilkades

- Apahabar.com Kamis, 4 Februari 2021 - 21:21 WIB

Ratusan Desa di Kapuas Bersiap Laksanakan Pilkades

Kepala Dinas Pemberdayaan Maayarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Yan Marto. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 155 desa di Kabupaten Kapuas, Kalteng, direncanakan berlangsung pada Juni 2021 mendatang. Lantas, sejauh apa pesiapannya?

Kepala Dinas Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas Yan Marto mengatakan, persiapan pertama pihaknya sudah menyampaikan ke DPRD Kapuas untuk revisi Perda tentang pelaksanaan Pilkades.

“Termasuk peraturan bupati (Perbup)-nya juga kita sampaikan ke dewan untuk disinkronisasikan dan juga nanti mungkin ada Perbup baru tentang Pilkades dalam masa pandemi Covid-19,” katanya di Kuala Kapuas, Kamis (4/2).

Kemudian terkait anggaran. Dijelaskan Yan Marto, bahwa pihaknya telah menganggarkan dana untuk kebutuhan pelaksanaan Pilkades itu nantinya yang bersumber dari APBD Kapuas.

“Tetapi dalam masa pandemi Covid-19, berdasarkan Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 tentang Pilkades bahwa untuk pelaksanaan Pilkades bisa dari anggaran desa, tapi untuk biaya penerapan protokol kesehatannya saja,” ujarnya.

Adapun persiapan lainnya, lanjut Yan Marto, Dinas PMD Kapuas nantinya akan membentuk tim panitia pelaksanaan Pilkades dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa.

“Berdasarkan Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 itu kita harus melibatkan forkopimda untuk tim panitia pelaksanaan Pilkades,” terang Yan Marto.

Ditambahkan mantan Camat Mantangai ini, yang paling penting adalah melaksanakan sosialisasi Pilkades baik kepada panitia pelaksana maupun kepada seluruh bakal calon Kades.

“Karena melalui sosialisasi itu kita akan bimbing dan kita arahkan bagaimana menjadi peserta calon kades yang baik, termasuk bagaimana menyelesaikan perselisihan dan lainnya,” pungkas Yan Marto.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Ketua DPRD Kalteng Ngaku Belum Paham Keseluruhan UU Cipta Kerja
apahabar.com

Kalteng

Mentan Kembali Kunjungi Lokasi Penanaman Padi Perdana Food Estate di Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Dinilai Berbahaya, Akses Jembatan Gantung Mandomai Kapuas Ditutup
Ben-Ujang

Kalteng

Gugat ke MK, Ben-Ujang: Bukan Tidak Legawa
Mayat Pria

Kalteng

Heboh! Mayat Pria Mengapung di Talekung Punai Kapuas
apahabar.com

Kalteng

2 Pelaku Pembakaran Lahan di Kobar Diamankan Polisi
apahabar.com

Kalteng

Ini yang Dilakukan Sugianto-Habib Selama Pimpin Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Danrem: Pemesan Bajakah dari Luar Kalteng Ada yang Capai 1 Ton
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com