AnandaMu Dihentikan, Kasus SARA Ustaz HA Berlanjut ke Polisi! Dinilai Cacat Hukum, Kuasa Hukum AF Pertanyakan SPDP dari Kejari Tanbu di Praperadilan Besok, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Mulai Terapkan Tes GeNose Rancangan Van Der Pijl Mulai Bias, Sejarawan Kalsel Ingatkan Lagi Sejarah Kota Banjarbaru Triwulan I, Bank Kalsel Laporkan Laba Rp 121 Miliar

Ritual Adat Warnai Proses Pembongkaran Jembatan Gantung Mandomai Kapuas

- Apahabar.com Rabu, 24 Februari 2021 - 19:34 WIB

Ritual Adat Warnai Proses Pembongkaran Jembatan Gantung Mandomai Kapuas

Ritual adat digelar dalam proses pembongkaran Jembatan Gantung Mandomai Kapuas Barat, Kalteng. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Ritual adat menjadi bagian dalam proses pembongkaran Jembatan Gantung Mandomai Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng.

Kegiatan ritual adat dayak yang dilaksanakan pada Rabu (24/2) dipimpin tokoh adat setempat, J A Udas yang juga selaku Ketua Bidang Hukum Adat Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Kapuas Barat.

Pelaksaan ritual adat yang berlangsung di sekitar lokasi jembatan tersebut disaksikan Sekretaris Camat Kapuas Barat Edy Sucipto dan juga Yanir, selaku koordinator pelaksana lapangan pembongkaran Jembatan Gantung Mandomai.

J A Udas mengatakan, dalam tata cara adat leluhur suku dayak ngaju bahwa apa saja yang dikerjakan atau dilaksanakan diharuskan melalui upacara adat.

“Nah, ritual adat yang kita laksanakan hari ini sendiri tujuan adalah untuk menjauhkan dari roh-roh jahat yang menganggu,” katanya.

Sehingga, lanjut Udas, baik pekerja atau pun siapa saja yang ikut serta dalam pembongkaran Jembatan Mandomai ini mendapatkan keselamatan.

“Jadi, intinya ritual adat ini untuk memberikan keselamatan bagi orang yang bekerja dalam pembongkaran jembatan ini sehingga pekerjaan dapat berjalan dengan lancar,” terang J A Udas.

Sebagaimana diketahui, pembongkaran Jembatan Gantung Mandomai dilakukan karena jembatan tersebut telah mengalami kerusakan cukup parah, sehingga rawan roboh.

Setelah dibongkar, rencananya jembatan tersebut akan dibangun kembali oleh Pemerintah Daerah Kapuas dengan desain yang sama, melengkung dan menggunakan kontruksi baja.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Seminggu ke Depan Kalteng Berpotensi Hujan
apahabar.com

Kalteng

Edarkan Obat THD, 2 Pemuda di Kapuas Kalteng Diciduk Polisi
apahabar.com

Kalteng

Nahkoda Polsek Banteng Berganti, Iptu Waris Dapat Promosi
Zumba

Kalteng

Gelar Zumba Party di Tengah Pandemi, Satpol PP Kapuas Surati Pengelola Citimall
apahabar.com

Kalteng

Pasien Covid-19 Meninggal di Muara Teweh Bertambah
apahabar.com

Kalteng

Tugboat Penarik Tongkang Terbalik di Sungai Barito, 1 ABK Hilang
apahabar.com

Kalteng

Wali Kota Palangka Raya Akui Kondisi Kesehatannya Stabil

Kalteng

Program Bedah Rumah di Selat Utara Kapuas Telah Terealisasi 95 Persen
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com