POPULER KALSEL SEPEKAN: Panasnya Sidang MK, Penangkapan Pedofil Tapin, hingga Kisruh Elpiji Langka Update Covid-19 Kotabaru: Positif 4, Sembuh 11 Orang Pelambuan Membara, Belasan Rumah Terbakar Dini Hari Kebakaran Pelambuan, BPBD Banjarmasin Taksir Kerugian Rp1,2 Miliar Kandang Ternak di Kintap Tala Terbakar, Ribuan Ekor Ayam Terpanggang

Sah! Zainal-Yansen Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara

- Apahabar.com Senin, 15 Februari 2021 - 11:45 WIB

Sah! Zainal-Yansen Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara

Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP persiapan menjelang pelantikan. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara periode 2021-2024, Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP resmi dilantik Presiden Jokowi, Senin (15/2/2021).

Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP mengenakan baju dinas gubernur warna putih dengan masker kain putih ketika mengucapkan sumpah jabatan dengan dibimbing oleh Presiden Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” kata Zainal dan Yansen mengucapkan sumpah jabatan di Istana Negara Jakarta seperti dilansir Antara, Senin.

“Memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” lanjut keduanya.

Sebelumnya, Zainal dan Yansen terlebih dahulu menerima surat Keputusan Presiden Nomor 19/P Tahun 2020 tanggal 9 Februari 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara Masa Jabatan Tahun 2021—2024.

Dari Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Zainal Arifin Paliwang, Yansen TP serta pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Steven OE Kandouw melakukan kirab sederhana bersama menuju Istana Negara bersama dengan paspampres dengan tetap menjaga jarak satu sama lain.

Pelantikan itu dihadiri oleh undangan terbatas sekitar 20 orang termasuk Mendagri Tito Karnavian, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung serta pejabat terkait lainnya.

Setelah mengucapkan janji jabatan, Zainal dan Yansen melakukan foto bersama dan menerima ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan tetap menjaga jarak dan memakai masker.

Hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Kalimantan Utara pada 18 Desember 2020 menyatakan Zainal Arifin Paliwang–Yansen TP sebagai pasangan calon nomor urut 3 unggul dalam pilkada Kaltara 2020 dan meraih 145.778 suara.

Keduanya unggul atas pasangan nomor dua, Irianto Lambrie – Irwan Sabri yang meraih 109.968 suara dan nomor urut satu, Udin Hiangio – Undunsyah yang memperoleh 62.143 suara.

Tingkat partisipasi pada Pilkada 2020 mencapai 75 persen.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltara

Mengenal 3 Tradisi Kaltara, Warisan Budaya Tak Benda Nasional
apahabar.com

Kaltara

Lewat Destana, Kaltara Siap Antisipasi Bencana
apahabar.com

Kaltara

Klaim 95,85 Persen Lulusan SMK di Kaltara Terserap Dunia Kerja
apahabar.com

Kaltara

Overload, Dua Jembatan Timbang di Jalan Trans Kalimantan Diusulkan
apahabar.com

Kaltara

Dalam Waktu Dekat, Ratusan Transmigran Tiba di Kaltara
apahabar.com

Kaltara

Realisasi Investasi Asing di Kaltara, Gubernur: Utamakan TK Lokal
apahabar.com

Kaltara

Belasan Perusahaan di Kaltara Butuh Ratusan Tenaga Kerja
apahabar.com

Kaltara

Hari Libur, Disdukcapil Kaltara Tetap Buka Layanan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com