Mardani H Maming: Hipmi Optimis Pemimpin Muda Kalsel Mampu Bangkitkan Ekonomi Daerah Ketua DPRD Banjar: 100 Hari Program Bupati Harus Penangan Pascabanjir DPP Demokrat Pecat Marzuki Alie dan 6 Kader, Simak Alasannya Duh, Positif Covid-19 Kapuas Bertambah Lagi 50 Kasus Tiga Gus Pimpin Jatim, Bak Angin Segar Bagi Kinerja ASN

Sebulan Jadi Relawan Banjir Kalsel, Mapala Unisi Punya Cerita

- Apahabar.com Kamis, 18 Februari 2021 - 20:13 WIB

Sebulan Jadi Relawan Banjir Kalsel, Mapala Unisi Punya Cerita

apahabar.com, BANJARMASIN – Mapala Unisi (Universitas Islam Indonesia) memiliki kesan tersendiri ketika menjadi relawan Banjir Kalsel. Kesan tersebut terungkap saat bersilaturahmi dengan PW Ikatan Keluarga Alumni (IKA-UII) di Posko UII Peduli Kalsel pada Kamis (18/2).

Dalam kesempatan itu, Koordinator Mapala Unisi Hayuno Sukmo mengatakan, kedatangan mereka di sini lantaran mendapatkan laporan bahwa Kalsel sangat memerlukan bantuan. Informasi tersebut didapatkan dari seniornya di Mapala Unisi yang menetap di Kalsel.

Dari situ, 9 mahasiswa langsung diberangkatkan menuju Bumi Lambung Mangkurat untuk mengevakuasi masyarakat terdampak banjir pada 17 Januari lalu.

“Sesampainya di sini kita ke Barito Kuala (Batola) sekitar 4 hari menyalurkan makanan dan obat-obatan,” katanya.

Setelah itu, ia menerangkan bahwa menuju ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang menjadi tujuan utama mereka.

Karena waktu tiba di Kalsel, mereka belum bisa menuju ke kaki pergunungan Meratus tersebut gegara jalur menuju ke HST sempat terputus.

“Kita ke HST untuk membantu membangun akses air bersih dan MCK yang sebelumnya rusak terlanda musibah,” kata mahasiswa semester 8 ini.

Ditambahkannya, kondisi evakuasi korban banjir di Kalsel menjadi kesan tersendiri baginya. Khususnya di HST yang dinilai mereka mempunyai nuansa alam yang asri.

“Terjaga alamnya tapi karena banjir menjadi hancur. Itu yang akan masyarakat perbaiki kembali,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPW IKA UII Kalsel Prof Dr Abdul Halim Barkatullah menyampaikan kedatangan 9 mahasiswa ini merupakan bantuan dan kontribusi yang sangat nyata bagi korban banjir. Khususnya bantuan yang disalurkan UII dan IKA.

“Walaupun masih banyak pekerjaan rumah di sana. Tapi kita memberikan manfaat kepada mereka, karena bencana tetap bencana tapi kebahagiaan terus berjalan,” ujarnya.

Dekan Fakultas Hukum ULM ini menerangkan awalnya bantuan yang dikumpulkan oleh UII dimulai dari komunikasi dengan Ketua DPP IKA UII dan Rektor.Informasi yang disampaikan adalah pemetaan wilayah banjir di Kalsel.

Dari sana, barulah diputuskan untuk mengirim 4 anggota Mapala Unisi berserta bantuan yang dihimpun dari UII dan DPP IKA.

“Barulah dikirim lagi 5 anggota dari UII Yogjakarta dengan peralatan dan bantuan. Jadi kami bisa memberikan kontribusi dan meninggalkan kenangan berupa membangun toilet dan air bersih,” pungkasnya.

Adapun DPW IKA UII Kalsel memberikan bingkisan dan perhargaan kepada Mapala Unisi yang telah membantu korban banjir selama kurang  lebih satu bulan.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pipa PDAM Bandarmasih Bocor Lagi, Ratusan Pelanggan Terdampak
apahabar.com

Kalsel

Kadis Pendidikan: SD yang Terendam Air, Hibah dari Masyarakat
apahabar.com

Kalsel

Ubah Pola Kerja Petani Banjar, Begini Cara Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Lakukan
apahabar.com

Kalsel

Mahasiswa ULM Galang Dana untuk Korban Tsunami
Kebakaran

Kalsel

Alhamdulillah, Bantuan ke Korban Kebakaran Hebat di Lunjuk HST Langsung Mengalir
apahabar.com

Kalsel

Cuncung Ajak 6 Pelajar SMKN 2 Simpang Empat Berangkat ke Senayan
apahabar.com

Kalsel

Buka HKSN 2019 di Kalsel, Wapres Bicara Intoleransi dan Ketimpangan Sosial
apahabar.com

Kalsel

53 Kendaraan Dinas Pemkot Banjarmasin Berusia 7 Tahun Dilelang, Penawar Wajib Bayar 50 persen
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com