Hasil MotoGP Portugal: Fabio Quartararo Sempurna, Marc Marquez Finis Ketujuh Bawaslu Perintahkan Copot Spanduk Denny-Difri di Martapura, Raziv: Error in Subject Duh, Pembayar Pajak Terbesar Kedua di Kalsel Curhat Jalan Rusak! Cari Lansia Diduga Tenggelam, Relawan Gabungan Tapin Dirikan Posko Usai Beri Makan Kucing, Kai Tj Diduga Tenggelam di Sungai Tapin

Siasati Pandemi, Adaro Kuatkan UMKM Tembus Pasar Digital

- Apahabar.com Kamis, 25 Februari 2021 - 21:41 WIB

Siasati Pandemi, Adaro Kuatkan UMKM Tembus Pasar Digital

UMKM Binaan PT Adaro Indonesia mengikuti pelatihan secara dalam jaringan. Foto - Istimewa

apahabar.com, TANJUNG – Pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir setahun, menghantam UMKM di sekitar wilayah operasional PT Adaro Indonesia.

Leni Marlina, CSR Department Head PT Adaro Indonesia menyebut, rata-rata UMKM di sekitar wilayah operasional Adaro mengalami penurunan omset hingga 50 persen.

“Dampak pandemi tidak hanya dari aspek kesehatan tapi juga dari aspek ekonomi. Salah satunya yang sangat merasakan dampak adalah UMKM di sekitar daerah operasional. Dari hasil survey tim kami, kelompok-kelompok UMKM ini mengalami kesulitan dalam memasarkan produk,” ungkapnya.

Berangkat dari kondisi tersebut, Adaro melalui departemen CSR menggagas program bertajuk AKU atau Adaro Kuatkan UMKM.

Sebanyak 180 UMKM dari 6 kabupaten (Tabalong, Balangan, HSU, Barito Kuala, Barito Timur, Barito Selatan) mengikuti serangkaian kegiatan pelatihan yang dilaksanakan sejak 19 Februari hingga 3 Maret 2021 melalui aplikasi Zoom.

Menurut Lalu Nofa Setiawan, ketua pelaksana AKU, kegiatan ini berfokus pada penguatan kapasitas UMKM dalam melakukan pemasaran produk secara online dan membantu para pelaku UMKM untuk bertahan di tengah hantaman badai pandemi.

“Kami ingin memberikan perspektif baru pada pelaku UMKM terkait pemasaran, bahwa kondisi pandemi justru menghadirkan peluang dalam menjual produk secara online,” katanya.

Dalam pelatihan ini, Adaro menghadirkan dua orang praktisi yang telah berpengalaman dalam dunia e-commerce, yaitu Jonathan Kho dan Sugeng Wibowo.

Jonathan Kho, atau yang lebih dikenal sebagai Om Botak, memberikan pemahaman terkait pentingnya melakukan migrasi digital sebagai strategi bertahan di masa pandemi, serta membimbing langkah-langkah teknis untuk membuat toko di marketplace.

Sementara Sugeng Wibowo memberikan kiat serta tips dan trik untuk peningkatan toko di marketplace sehingga menjadi lebih menarik bagi pengunjung dan para pelaku UMKM dapat banjir orderan.

Zulpianor Fiqri, pemilik produk AHS Sasirangan dari Balangan mengatakan, pelatihan ini membuatnya tertantang untuk mengeksiskan diri di pasar digital.

“Walau entah sudah sekian tahun pakai Shopee dan marketplace lainnya, namun hanya sekedar sebagai pembeli. Sekarang tertantang untuk menguasai sebagai penjual,” ujarnya.

Selain pelatihan kepada para pelaku UMKM, program AKU juga memfasilitasi penjualan produk-produk UMKM secara internal kepada karyawan Adaro melalui kegiatan flash sale yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2021.

Setelah rangkaian program ini, kata Leni Marlina, Adaro akan akan membuat aplikasi marketplace khusus untuk pemasaran produk-produk UMKM dengan nama Ada Lapak. Leni berharap, dengan ikhtiar ini, UMKM di sekitar wilayah operasional dapat bertahan di tengah pandemi.

“Dari program ini, kami juga berharap semoga para pelaku UMKM dapat memperluas jangkauan target pemasaran produk, tak hanya lokal dan regional, tapi juga nasional bahkan ekspor ke luar negeri,” pungkasnya. (*)

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Baru Menjabat, Kapolsek Bintang Ara Silaturahmi Dengan Unsur Forpimka dan Masyarakat
apahabar.com

Kalsel

Corona Makin Meluas, Wali Kota Ajak ASN Banjarmasin Peduli
apahabar.com

Kalsel

Tenang, Stok Daging Beku untuk Haul Sekumpul Ke-14 Dijamin Aman
apahabar.com

Kalsel

Terancam Sanksi, Pol PP Siap Bangun Tenda di Balai Kota Banjarmasin

Kalsel

Tak Ada Klaster Unjuk Rasa, Peserta Aksi Demonstrasi di Banjarmasin Negatif Tes Swab
Pemasok Sabu

Kalsel

Kembangkan Kasus, Polisi Tangkap Pemasok Sabu kepada 2 Remaja di Tabalong
pj gubernur kalsel

Kalsel

Musda Hipmi ke-15, Pj Gubernur Kalsel Ajak Pengusaha Rambah Sektor Pertanian
apahabar.com

Kalsel

Hari Ini Kalsel Berpotensi Hujan Sedang hingga Lebat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com